aksesoris-brio

Review My Fresh Honda Brio

#1

Akhirnya, ane sempatin buat review untuk Honda Brio CBU 2013. Honda Brio Hijau ini ane beli bulan agustus kemarin. Awalnya ane naksir Honda Brio Biru, namun karena stock Brio Biru MT sudah nggak ada, akhirnya pilihan jatuh ke warna hijau. Menurut ane Biru itu kalem dan elegan, tapi Hijau itu FUNKY!!! 04 Ternyata asyik juga yah pake Brio Hijau, unik.. Smile

   

Langsung aja yah, kita review dari segi eksterior. Warna hijaunya fresh banget, ngejreng, dan kalo boleh bangga sedikit, nggak jarak orang nyempatin untuk ngelirik Brio Hijau ini di jalan. Cool.PNG

Yang pertama membuat ane kepincut Honda Brio, yaitu desainnya yang racy, walaupun Brio ini ane pake untuk keperluan keluarga, ke kantor, ke pasar, tapi nggak apa-apa kan ingin tampilan racy Smile

   

Sporty grille khas Honda dipadukan dengan headlamp besar dengan background hitam membuat Brio racy banget kan?

   

Rear spoiler nya mantab kan? jarang-jarang loh beli mobil sudah ada rear spoiler nya?

   

   

Pintu belakang Honda Brio yang kaca semua desainnya mirip dengan Honda Civic Wonder, banyak yang meragukan kekuatan kaca belakang Honda Brio ini, tapi selama ini ane merasa nggak menemukan masalah atau ada tanda-tanda kaca nggak kuat.

Tapi memang ane kurang suka dengan desain bemper belakang Honda Brio yang melebar bulat di posisi bawah. Rencana sih ingin pasang body kit sehingga bagian buritan ini bisa lebih mengotak.

OK, sekarang buka kap dulu... Mesin Honda Brio ini cukup kompak, ane kurang familiar dengan layout mesinnya, awalnya intake manifold itu ane kira exhaust manifold..Blush, di Honda Brio CBU ini, intake manifold masih terbuat dari aluminium cast, berbeda dengan Satya dan Brio 1.2 yang terbuat dari plastik. Yang buat agak ilfil, adalah nggak adanya air scope, layaknya pada Brio AT. Angry

   

   

Nah, sekarang ke kabin penumpang yah..

Stir Honda Brio cukup menarik, walaupun nggak dililit dengan kulit.. Syukur deh, letak speedometer Brio ada di depan stir, jujur ane masih bingung dengan mobil yang speedometernya di tengah mobil 04. Oya speedometer Brio ini langsung berpendar saat kita membuka pintu.

   

   
Di tengah ada speedometer dengan MID (multi information display). MID ini berfungsi menunjukan odometer, tripmeter, dan rata-rata fuel consumption. Di kanan ada beberapa indikator yaitu, ECO, lampu jau, lampu senja, seat belt, SRS air bag, rem tangan, pintu, dan ABS. Yang ane suka dari Brio adalah adanya eco indicator, dengan hanya mempertahankan lampu hijau ini nyala, Brio ane bisa irit banget...04, oya, setelah ane perhatikan ECO indicator nyala (alias kita nyetir dengan irit) saat RPM di bawah 2.000 dan kecepatan di atas 15 km. Nah, di sisi kiri ada tachometer yang menunjukan putaran mesin.

Jok Honda Brio desainnya seperti jok racing kan? Sewaktu duduk, ane ngerasa badan mantab tenggelam di jok. Pernah ada yang bilang ke ane, head rest nya kok aneh ya? nggak bisa dipasang LCD tuh... hehehe, ane nggak ada rencana pasang LCD di situ.

   

Lanjut ke panel AC, ada Tombol A/C, tombol ini jangan lupa ditekan ya.. kalo nggak yang keluar dari kisi AC cuma semburan udara dari blower, dan pastikan sirkulasi udara yang dipilih adalah tertutup. AC Honda Brio cukup dingin, di hari yang super panas, ane cuma setting temperatur separuh lebih dikit saja.

   

Ke audio, ane masih pakai audio standar, soalnya ane bukan Soundphile, nggak bisa ngukur kualitas suara. Pokoknya sudah kedengaran nyaman di telinga, buat ane sudah cukup.. 04 CD player belum pernah dipakai, selama ini masih mengandalkan flashdisk untuk putar MP3.

   

Tuh, select knob nya finishingnya bagus kan? Awal melihat nih tuas perseneling : "ih, imut banget, ane peret remek nih.." tapi ternyata di tangan pas banget..

   

   

Honda Brio ini banyak tempat untuk menaruh botol air minum yah.. hehehe, yang terpakai cuma yang di belakang rem tangan, di depan malah untuk koin parkir. 04

   
Sayangnya spion Honda Brio nggak retract yah, jadinya kalo parkir, jadi kerjaan tambahan melipat spion.. 02. Power window sisi driver juga cuma otomatis waktu turun saja. Dan yang jadi kelemahan Brio, adalah pintu yang nggak otomatis mengunci saat mobil jalan, kalo lupa bisa bahaya nih, oleh sebab itu, saat bawa anak kecil, ada baiknya mengaktifkan fitur child safety lock yah?

   

Melipir ke bagasi. Banyak yang bilang bagasi Honda Brio itu sempit, tapi ane belum pernah bawa barang sampai penuh bagasi, jadi belum bisa bilang sempit atau nggak. Tapi jok belakang bisa dilipat jika ingin kapasitas bagasi lebih luas.

   

Tutup tank BBM ada talinya, ane suka nih, jadi nggak mungkin jatuh waktu isi bensin.

   

Ban Honda Brio standar itu cungkring, wajar aja kalo banyak rekan HBC yang menjadikan modifikasi velg + ban jadi menu wajib.

   

Handling Honda Brio

Stir Honda Brio sangat ringan sekali, mungkin karena Brio sudah menganut electronic power steering.. feedback kondisi kontur jalan juga nggak terlalu terasa di stir. Namun kelemahan EPS ini adalah biaya perawatan yang relatif mahal. Cek di sini bagaimana cara menjaga EPS tetap awet.

Performance Honda Brio

Untuk mesin 1300, ane rasa Brio cukup bertenaga. Putaran bawah enteng banget, tapi putaran menengahnya agak kurang nendang. Baru di putaran rpm atas nendang lagi.. 21bingung ya? tapi itu yang ane rasakan..

Untuk sehari-hari, ane tetap menerapkan ECO driving, shift perseneling di bawah 2.000 rpm, tapi kalo sudah di jalan bebas hambatan.. baru shift di 3.000 - 4.000 rpm.

Kekurangan Brio

Ane rasa kekurangan Brio yang paling mendasar, adalah ground clearance. 165 mm, ane rasa cukup pendek, terutama di Indonesia, dimana jalan-jalan dihiasi banyak lubang dan poldur. Pengalaman ane bemper depan sempat retak, untung masih bisa diperbaiki, DIY lagi..

Selanjutnya adalah karat di piringan cakram dan tie rod. Kalo karat di cakram mungkin sudah biasa ya, di mobil lain juga begitu. Tapi di tie rod ini yang masih bikin deg-degan.
Website
#2
mantap reviewnya om zik..
kapan2 klo pulkam ane ke metro lah, kopi darat kita huehueee...

gak sayang tuh joknya gak dikondomin.. ayo pasang sdh 04
#3
Hijaunya funky bener.... ane suka... heheheh
yg ane punya kan biru.. tapi AT hahahaaha
ane ngincer AT suapaya bisa dipake ortu juga.. maklum capek mereka klo mau pake manual hehe
suka gan reviewnya! informatif dan useful banget....!
#4
sarung joknya masih di perjalanan, baru dikirim om Adjie... selama ini dag dig dug aja terutama saat anak makan es krim atau coklat.. 02

(10-28-2013, 03:00 PM)jpcante2004 Wrote: Hijaunya funky bener.... ane suka... heheheh
yg ane punya kan biru.. tapi AT hahahaaha
ane ngincer AT suapaya bisa dipake ortu juga.. maklum capek mereka klo mau pake manual hehe
suka gan reviewnya! informatif dan useful banget....!

ortu juga di kalimantan? pulkam naik Brio om? 04
Website
#5
(10-28-2013, 03:01 PM)Zikri Irfandi Wrote: sarung joknya masih di perjalanan, baru dikirim om Adjie... selama ini dag dig dug aja terutama saat anak makan es krim atau coklat.. 02

(10-28-2013, 03:00 PM)jpcante2004 Wrote: Hijaunya funky bener.... ane suka... heheheh
yg ane punya kan biru.. tapi AT hahahaaha
ane ngincer AT suapaya bisa dipake ortu juga.. maklum capek mereka klo mau pake manual hehe
suka gan reviewnya! informatif dan useful banget....!

ortu juga di kalimantan? pulkam naik Brio om? 04

nggk om ortu di Tuban, ane di Tuban juga kerjanya. Tp stiap weekend ke Surabaya.. hehehe buat ketemu calon istri hehehe
#6
Tinggal kasih stiker putih kyk Brio sport bro..hehehe..'Suntik racun'
Website
#7
(10-28-2013, 03:14 PM)Yogo Priyayi ZS Wrote: Tinggal kasih stiker putih kyk Brio sport bro..hehehe..'Suntik racun'

iya gan ane juga pengen 3838 hehehe
#8
Pas tuh bro..warna putih..jgn warna lain stikernya..
Website
#9
(10-28-2013, 03:32 PM)Yogo Priyayi ZS Wrote: Pas tuh bro..warna putih..jgn warna lain stikernya..

mobil ane biru cocoknya cuman warna putih aje hehehe. ijo kyknya cocok juga kalo hitam deh? nggk kah?
#10
Nah itam pinggirannya strip putih atw putih pinggirannya strip item..mantap abis dah si Biru ama si Ijo..
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)