aksesoris-brio

Acuan Modifikasi Velg dan Ban Honda Brio

#1

Salah satu target utama modifikasi Honda Brio adalah penggantian velg dan ban. Velg aftermarket bisa membuat tampilan Honda Brio semakin sporty, unik. Selain itu modifikasi velg sangatlah mudah dan tidak perlu perawatan ekstra. Velg yang lebih ringan bisa meningkatkan performa dan efisiensi BBM, karena kerja mesin yang lebih ringan. Ban dengan tapak yang lebih lebar juga bisa memberikan handling yang lebih mantab dan stabil. Salah memilih velg, bisa menurunkan performa mobil, bahkan membahayakan kita dan pengguna jalan. Berikut sedikit panduan modifikasi velg dan ban untuk Honda Brio kita. Check it out!

Plus Sizing
Ada rule of thumb yang digunakan dalam modifikasi velg dan ban, namanya plus sizing. Aturan plus sizing ini, adalah hitungan agar total diameter velg+ban yang baru tidak berbeda jauh dari diameter velg+ban original.

   

Plus One
  • lebar tapak ban naik 10 mm
  • tebal ban turun 10%
  • jari-jari velg naik 1 inchi

Plus Two
  • lebar tapak ban naik 20 mm
  • tebal ban turun 20%
  • jari-jari velg naik 2 inchi

Ok, aturan plus sizing itu hanya sebagai acuan loh, bukan sesuatu yang baku, so silahkan berexperimen sekehendak hati.

Ukuran Ban
Membaca ukuran ban sangatlah mudah, contoh ukuran ban OEM Honda Brio adalah 175/65 R14 artinya, lebar tapak ban adalah 175 mm, tebal ban adalah 65% dari lebar tapak ban, dan jari-jari velg adalah 14 inchi.

   

Lebar Velg, Backspacing dan Offset

   

Biasanya ukuran velg adalah kombinasi angka jari-jari dan lebar velg, misal 14 x 5, artinya jari jari velg adalah 14 inchi dan lebar velg adalah 5 inchi. Agar ban dan velg bisa bekerja optimal, maka lebar velg antara 70% - 100% dari ukuran ban.

Standar lebar velg vs lebar ban

Ukuran Ban 175/75R14, lebar velg 5.0"
Ukuran Ban 195/75R15, lebar velg 5.5"
Ukuran Ban 215/75R15, lebar velg 6.0"
Ukuran Ban 235/75R15, lebar velg 6.5"
Ukuran Ban 225/75R15, lebar velg 6.0"
Ukuran Ban 225/70R15, lebar velg 6.5"
Ukuran Ban 225/65R16, lebar velg 6.5"
Ukuran Ban 225/60R15, lebar velg 6.5"
Ukuran Ban 225/55R15, lebar velg 7.0"
Ukuran Ban 225/50R15, lebar velg 7.0"
Ukuran Ban 225/45R17, lebar velg 7.5"
Ukuran Ban 225/40R18, lebar velg 8.0"

Sedangkan offset adalah jarak antara mounting velg (tempat baut velg) dengan garis tengah velg. Positive offset artinya mounting velg terletak di depan garis tengah velg, efeknya velg jenis ini akan membuat ban kita masuk lebih ke dalam fender.

Namun sebaliknya jika velg memiliki offset negatif artinya ban akan "nongol" keluar fender.

Satu lagi, backspacing adalah ruang yang tersisa antara ban dan suspensi mobil kita, nah saat memilih lebar velg/ban, cek dulu backspacing Honda Brio, jadi saat stir dibelok patah, ban tidak 'nggasruk' atau menyentuh sistem suspensi di dalam. Nah menurut suhu-suhu yang sudah sering mainan velg, berapa sih lebar ban maksimum untuk Honda Brio?

Pola Baut Velg
Biasanya pola baut velg dinyatakan dengan 4x100, artinya velg itu menggunakan 4 baut dan PCD (pitch circle diameter) adalah 100mm. PCD adalah jarak antar lubang baut pada velg melalui titik pusat velg.

   

   

Summary-nya acuan modifikasi velg dan ban seperti ini:

   

Berikut ini ane share beberapa referensi modifikasi velg Honda Brio, yang ane ambil dari berbagai sumber, mungkin salah satu Brio di bawah adalah punya rekans HBC.

Silahkan rekan HBC untuk post modifikasi velg dan ban di Brio kesayangan, nanti ane taruh di page one.. Thanks..

Brio Kang Asep


   
   
Honda Brio dengan velg 15" OEM Honda Jazz.


   
   
velg BBS CH 17x7 inch, ban Toyo 205/40R17.

   
   
velg 15x8" ET +25 ban 165/50/15.

Punya om Yogo.. ban accelera 195/45 R16.


Website
#2
mohon suhu-suhu, share modifikasi velg Honda Brio nya di marih yah? supaya bisa jadi rujukan pengalaman untuk rekan HBC yang lain. Thanks
Website
#3
di manual book tertera ukuran velg 14 x 5 J. "J" ini artinya apa ya?
Website
#4
(10-08-2013, 06:49 PM)Zikri Irfandi Wrote: di manual book tertera ukuran velg 14 x 5 J. "J" ini artinya apa ya?

Kode "J" menunjukkan bentuk dan ukuran bibir luar velg atau istilahnya tyre bead profile/ rims contour designation.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini.
#5
ke TKP om, btw velg standar brio kalo dijejali ban 185 masih enak nggak ya?

Terus, biasanya velg aftermarket kan cm 4 tuh, untuk velg cadangan gimana yah om? Beli yg kaleng? Rencana mau cari R15...
Website
#6
Velg standar Brio kan 14x5 pake ban 175/65R14. nah kalo mau pake ban tapak 185 dgn velg standar lebar 5" spt msh bisa cuma bentuk ban nya akan jd lebih bulat karena tapak ban makin lebar tp velg nya tetap.
Velg cadangan msh pake velg kaleng+ban standar kan secara total diameter roda gak beda jauh. Namanya cadangan ya cuma dipake sampe ketemu tukang tambal ban, kecuali lg apes ban pecah ya dipake sampe rumah, trus ganti deh pake velg+ban standar semua 10
#7
(10-16-2013, 02:17 PM)intakusayangku Wrote: Velg standar Brio kan 14x5 pake ban 175/65R14. nah kalo mau pake ban tapak 185 dgn velg standar lebar 5" spt msh bisa cuma bentuk ban nya akan jd lebih bulat karena tapak ban makin lebar tp velg nya tetap.
Velg cadangan msh pake velg kaleng+ban standar kan secara total diameter roda gak beda jauh. Namanya cadangan ya cuma dipake sampe ketemu tukang tambal ban, kecuali lg apes ban pecah ya dipake sampe rumah, trus ganti deh pake velg+ban standar semua 10

agak donat yah bannya..
hehehe, iya sih cuma dipake darurat, tapi nggak enak juga bawa Brio agak miring... secara bedanya 13.4 mm... 10

Btw, fuel consumptionnya beda ga om, sebelum dan sesudah ganti velg?
Website
#8
gak bisa bandingin FC nya, keluar dealer langsung masuk bengkel variasi ganti velg, baru dikirim ke rumah.
Kl skrg sih 13 km/lt tampilan di MID, kl dihitung manual tiap isi bensin ya sktr 12an lah.
#9
1:12 pasti muter2 kota ya? Kalo saya masih standar, kemarin smpt 1:20, tapi berangkat kerja pagi, nggak banyak ngerem, suhu udara masih dingin.. Smile smpt puter2 kota dg jarak pendek pendek, smpai 1:16.
Website
#10
punya gw belum di posting hikshiks..
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)