aksesoris-brio

Agar Electric Power Steering Lebih Awet?

#1

Electric Power Steering (EPS) salah satu kemajuan yg besar dalam dunia otomotif, karena EPS ini efisiensi mesin meningkat drastis, karena EPS tidak membebani mesin secara langsung. PS hidrolis menggunakan pompa yang di-couple dengan mesin menggunakan belt. Sedangkan EPS menggunakan motor listrik untuk motor listrik untuk membantu membelokkan roda. Selain itu mobil dengan EPS memiliki stir yang lebih ringan daripada PS hidrolis.

Namun dibalik kelebihannya EPS punya momok yang cukup menakutkan.. hehehe..

Tidak seperti PS hidrolis yang murah dalam perawatan, EPS kalo sudah rusak bakal menguras kantong. Kerusakan EPS membutuhkan penggantian unit, bukan perbaikan. Misal kerusakan motor listrik, ini harus diganti satu unit, tidak bisa diakalin dengan menggulung kembali spul dsb..

Tapi motor listrik EPS jarang rusak, yang sering rusak itu ya rack steer, ini juga karena EPS sering mengalami beban berat. Contohnya seringnya memutar stir dalam posisi diam, ini akan sangat membebani EPS. Atau velg + ban yang kelewat besar dan berat.

Menurut rekan HBC, pola berkendara apa yang bisa membuat umur EPS lebih lama?

Update:

gejala EPS bermasalah, saat melewati jalan jelek akan bunyi "tek-tek" dan stir bergetar keras.

umur EPS jika pemakaian normal itu bisa di atas 5 tahun atau 100.000 km. Tapi kalo pemakaiannya sembarangan bisa lebih cepat rusak, misal: sering menerjang lubang di kecepatan tinggi, ini yang sering kena rack steernya.yang kedua adalah menerjang banjir, yang kena motor listriknya karena terendam air.

Posisi roda saat parkir juga harus diluruskan kembali.. Sepertinya sepele ya? Tapi saat parkir dalam kondisi seperti ini, karet boot rack steer rawan robek, alhasil kotoran, air, karat bisa bersemayam di dalam as rack steer.

Terlalu sering dan lama memutar stir sampai mentok, jangan lagi deh mutar stir sampai bunyi "tak", karena saat posisi ini dan ditahan lama misal 5 menitan, suhu di rack pinion steer akan panas dan karet akan rawan robek.. Biasanya kita sering putar stir sampai mentok jika ingin putar arah.

ban kurang angin akan lebih berat diputar, sehingga beban EPS akan bertambah, sebaiknya cek tekanan angin ban berkala, setidaknya sebulan sekali..
Website
#2
Nice Info Gan, sekarang Ane lbh tau tentang EPS, dimana dulunya sering parkir dengan posisi ga bener, atau belok posisi ster poll kekanan atau kekiri< sep sep sep 36 36 36
#3
Ya, ane pernah ganti rack steer untuk Honda Jazz kena 12jtan tapi di cover asuransi si.

Anyway hindari akselerasi tinggi pada saat belok terutama pada saat U-Turn.
#4
mantap infonya mimin dah
Website
#5
wah.. Om chris sudah kembali beredar di dunia maya.. Ditunggu nih oleh2 dari bro wisnu..
Website
#6
(11-17-2013, 09:44 PM)ultrakyo Wrote: Ya, ane pernah ganti rack steer untuk Honda Jazz kena 12jtan tapi di cover asuransi si.

Anyway hindari akselerasi tinggi pada saat belok terutama pada saat U-Turn.

sip bro..nice infoBig Grin
Website
#7
@om chris, itu 12 juta rack steer aja? Rusak kenapa om?
Website
#8
Kurang tau juga om, pas sadar udah bunyi krek krek krek pada saat putar steer tapi secara fungsi jalan dengan baik.
#9
Wah klo mau U-TURN seringnya sample habis bis...
Malu Mobil kecil klo belok sample 2X 04
#10
(11-18-2013, 01:08 PM)adulloser Wrote: Wah klo mau U-TURN seringnya sample habis bis...
Malu Mobil kecil klo belok sample 2X 04

kalo ane, sebelum putar, agak ambil jalur kiri.. hehehe
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)