aksesoris-brio

Pajak Kendaraan Bermotor

#1

Mungkin teman² yang berada di Ibukota sudah banyak yang tau mengenai fasilitas online untuk mengecek pajak kendaraan bermotor kita yang disediakan oleh Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tapi saya juga melihat masih ada beberapa di antara teman² kita yang belum tahu dan bertanya "Kira² pajak kendaraan saya berapa yah nanti?"
Nah untuk itu saya ingin sedikit share mengenai cara mengetahui pajak kendaraan bermotor kita.

Jujur saja, fasilitas yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta ini, sangatlah membantu kita bila ingin mengetahui "Berapa sih pajak kendaraan bermotor yang akan saya bayar?"

Beberapa bulan yang lalu ketika saya akan membayar pajak, saya penasaran dengan jumlah yang akan saya bayar. Akhirnya saya mencoba untuk mengeceknya secara online.

Spoiler: Tampilan Cek Pajak Online
   

Nah dari situ saya tinggal memasukkan nopol kendaraan saya, dan akhirnya saya bisa mengetahui berapa pajak yang akan saya bayarkan

Spoiler: Informasi Jumlah Pajak Yang Harus Dibayarkan
   

Tapi jumlah di atas belum termasuk biaya administrasi (kurang dari 150 ribu). Jadi apabila ditambah dengan biaya administrasi, jumlah yang saya bayarkan ± 2jtaan.

Sebenarnya jika kita ingin mengetahui jumlah pajak kendaraan kita, bisa juga kita mengirimkan sms ke nomor 1717. Tapi ketika saya coba untuk mengirimkan sms, ternyata layanan tersebut untuk sementara tidak bisa di lakukan.

Spoiler: Layanan SMS 1717
   

Nah...fasilitas online tersebut hanya tersedia di DKI Jakarta, tapi apakah layanan tersebut juga tersedia di daerah lain? Karena menurut saya fasilitas ini memudahkan kita, daripada kita pergi ke samsat cuma untuk bertanya berapa jumlah pajak yang kita bayar.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi DKI Jakarta : PKB DKI Jakarta

Cek PKB Provinsi Jawa Timur :PKB Jatim
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#2
Biasanya langsung dtg ke samsat corner atw pake calo yg kebetulan temen..tanpa tau kena brp..paling liat pajak yg lama dan ditambahkan dgn admin bla bla bla..kdg bs lebih mahal..kdg bs lebih murah..
Website
#3
normalnya sih.. PKB itu turun setiap tahun loh.. Kalo di lampung tengah.. Ampun bener mau bayar pajak.. Datang jam 7 bisa baru selesai jam 11an..
Website
#4
(01-25-2014, 11:33 AM)Opa Yogo Wrote: Biasanya langsung dtg ke samsat corner atw pake calo yg kebetulan temen..tanpa tau kena brp..paling liat pajak yg lama dan ditambahkan dgn admin bla bla bla..kdg bs lebih mahal..kdg bs lebih murah..

Kalo bayar emang biasanya saya juga langsung ke samsat om. Kalo kita udah tahu pajak tahun lalu sih emang enak. Tapi bagi pemilik kendaraan baru pasti ada beberapa yang bertanya².


(01-25-2014, 11:37 AM)Zikri Irfandi Wrote: normalnya sih.. PKB itu turun setiap tahun loh.. Kalo di lampung tengah.. Ampun bener mau bayar pajak.. Datang jam 7 bisa baru selesai jam 11an..

Iya om tiap tahun...ya begitulah birokrasi kita. Masih sedikit ribet dan kurang efisien. Semoga ke depannya bisa lebih singkat lagi ya om? Yaa....maksimal 1 jam lah udah kelar.
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#5
Samsat Jateng ada cuma saya lupa linknya.. Dulu sering buka pas hunting mobil bekas.
#6
Oh ada juga yah Om @Kus1998. Apakah tampilan dan informasi yang muncul juga seperti gambar di atas om?
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website
#7
Ane mau nanya pengalaman Om om, apa bisa mobil yg akan kita beli baru kita jadikan mobil pertama dan mobil yg lama jadi mobil kedua, agar pajak progresifnya lebih murah? Huh
#8
sulsel belum ada fasilitas begitu,cm di samsatnya klo berkas lengkap sih 20menit slesai(sesuai prosedur)
#9
(01-25-2014, 03:16 PM)Fardhon Murdiyantoro Wrote: Ane mau nanya pengalaman Om om, apa bisa mobil yg akan kita beli baru kita jadikan mobil pertama dan mobil yg lama jadi mobil kedua, agar pajak progresifnya lebih murah? Huh

kalo kendaraan pertama motor, kedua mobil kena pajak progresif nggak om?
Website
#10
(01-25-2014, 03:16 PM)Fardhon Murdiyantoro Wrote: Ane mau nanya pengalaman Om om, apa bisa mobil yg akan kita beli baru kita jadikan mobil pertama dan mobil yg lama jadi mobil kedua, agar pajak progresifnya lebih murah? Huh

Hmmm...pajak kan berdasarkan nama dan alamat yah om. Jadi mungkin sedikit agak susah kalo diubah semacam gitu. Kecuali mungkin kendaraan lama balik nama ke salah satu keluarga kita yang alamatnya berbeda, maka gak akan kena pajak progresif. Tapi kalo diitung² kan gak jauh beda kan selisihnya. Belum direvisi kan masalah pajak progresif ini untuk wilayah DKI?

(01-25-2014, 03:41 PM)crazyjoe Wrote: sulsel belum ada fasilitas begitu,cm di samsatnya klo berkas lengkap sih 20menit slesai(sesuai prosedur)

Waahh....cukup cepat juga ya om?

(01-25-2014, 08:30 PM)Zikri Irfandi Wrote: kalo kendaraan pertama motor, kedua mobil kena pajak progresif nggak om?

Bukannya pajak progresif itu untuk tipe kendaraan yang sama ya om?
Wherever I Lay My Head Is Home
______________________________________________


Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)