Membuat brio anda lebih irit.

  • Agan2 disini tentunya mengalami fuel consumption yg berbeda beda, ada yg merasa brio ini irit, ada juga yg merasa boros... Yuk kita bahas..


    Kalau menurut ane, ada beberapa cara untuk membuat brio kita lebih irit, seperti:
    1. Usahakan dapat eco mode. Eco ini akan menyala dengan gaya menyupir kita yg tidak agresif. Pengalaman saya, hal ini di dapat di RPM sekitar 1500.
    2. Usahakan memanaskan mobil pagi hari tidak terlalu lama. Brio tidak mempunyai jarum analog untuk indikator panas mesin, jd kita kira2 aja... Kalau ane pribadi 5 menit cukup. Karena mobil nyala dalam keadaan berhenti akan lumayan menurunkan FC.
    3. Kalau dalam keadaan parkir misal menunggu anak sekolah, usahakan AC dan mesin dimatikan saja, buka kaca... Mobil berhenti dalam keadaan AC nyala sangat menurunkan FC, sebab itu kalau macet parah, FC brio bisa sampe 1:8.
    4. Pada jalan yg lumayan lancar, usahakan pake gigi 5, karena pada gigi 5 ini keadaan mobil sangat irit,
    5. Pindah gigi yg terlalu cepat, dalam keadaan RPM masih terlalu rendah jg bikin konsumsi mobil boros, karena berat tarikan mesinnya.


    Sekian tips dari ane, CMIIW

  • tambahan untuk poin 2.. tanda mesin sudah "panas" adalah jarum tachometer (rpm) yang sudah turun. Coba perhatikan, saat baru pertama hidup, pasti jarum rpm naik di angka 1200 - 1300 rpm.. ini diatur ECU tujuannya supaya mesin lebih cepat siap. Nah, kalo rpm sudah ke 1000 baru deh ane jalanin Brio nya.

  • Thank you Om Qobal78 for info.

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *


  • salam kenal om . . . nanti akan sy terapkan,ternyata spt itu caranya biar eco tetap menyala. thx


  • Thank you Om Qobal78 for info.


    Sipp om Chris... Tp ini ane kalo pake manual ya om...
    [hr]


    kalo tips untuk transmisi matic gimana om Iqbal?bhehehehe
    maascciihhh


    Nah kalo saya biasa pake manual, kalo matic belum pernah pake om ario, ane gk bisa bawa metik.. Hehe..
    [hr]


    tambahan untuk poin 2.. tanda mesin sudah "panas" adalah jarum tachometer (rpm) yang sudah turun. Coba perhatikan, saat baru pertama hidup, pasti jarum rpm naik di angka 1200 - 1300 rpm.. ini diatur ECU tujuannya supaya mesin lebih cepat siap. Nah, kalo rpm sudah ke 1000 baru deh ane jalanin Brio nya.


    Betul om zikriii... Kalo suara mesin udah agak halus dan RPM menurun kebawah 1000, salah satu tanda jg mobil udah anget... Siap ngacir gan...

  • Matic sih lebih gampang lg sebenarnya dpt eco mode :D
    Tinggal kaki aja tahan sabar jangan agresif bejek gas nya, jd stabil naik speednya. Kl jalanan lancar dijamin manteng nyala terus indicator eco nya. Saya sih ga terlalu peduliin indicator eco di mobil, krn gaya nyerir saya skrg memang kalem, sudah lewat masa2nya nyetir agresif
    jaman masih muda dulu hehehe

  • http://tips.autobild.co.id/rea…-Kiat-Hemat-BBM-Yang-Aman


    4. ENGINE BRAKING
    Pada mesin injeksi, cara ini akan menghentikan suplai bensin ke mesin untuk sementara. Soalnya komputer mendeteksi tak perlu bensin untuk memutar mesin – yang tergerak oleh putaran ban dan transmisi. Sementara kalau Anda melepas pedal gas dan me­netralkan transmisi, mesin masih butuh bbm untuk menjaganya tetap menyala.


    Ternyata menetralkan gigi saat di turunan malah membuat boros BBM yah, pernah baca di postingan mana gitu... Jadi kalo tekan kopling saat ingin mengerem (bukan berhenti loh) malah buat Brio boros yah?


  • Kebetulan nih.... Ada brosur tips hemat bahan bakar dari HONDA

  • Ga ada indicator suhunya sih ya Brio ini. Jadi harus dikira2. Lipi jg ga ada, tapi dia ada lampu led warna biru kl mesin masih dingin, jadi saya biasanya bawa jalan kl lampu biru suhu dinginnya mati.


    Dan kayanya masih banyak orang2 yg panasin mobil agak lama, mungkin masih mikir mesin mobil jaman dulu ya :21:*&