Honda Brio Supercharger
Silahkan simak tutorial singkat untuk mengenal new hondabrio.org.
-
-
-
kalo penjelasan dari wiki sih begini gan:
Quote
Supercharger (juga dikenal dengan blower), adalah sebuah kompresor gas digunakan untuk memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Sebuah supercharger ditenagai secara mekanik oleh tali- atau rantai-penarik dari crankshaft mesin.Supercharger mirip dengan turbocharger, tetapi turbocharger ditenagai oleh arus gas keluaran mesin yang mendorong turbin. Supercharger dapat menyerap sebanyak sepertiga tenaga crankshaft mesin dan dalam banyak aplikasi kurang efisien daripada turbocharger. Dalam aplikasi di mana tenaga besar lebih penting dari pertimbangan lain, seperti dragster top fuel dan kendaraan digunakan dalam kompetisi tractor pull, supercharger sangat umum
-
iya om arul, kalo dilihat ada pulley dan belt di atas alternator, itu pasti terhubung ke kruk as
-
kelebihan supercharger yaitu tidak ada gejala lag seperti halnya turbo lag pada turbocharger.
kelemahannya, supercharger membebani mesin karena ngambil tenaga dari putaran mobil juga. -
kelebihan supercharger yaitu tidak ada gejala lag seperti halnya turbo lag pada turbocharger.
kelemahannya, supercharger membebani mesin karena ngambil tenaga dari putaran mobil juga.signifikan ningkatin HP ya om amal?
-
signifikan ningkatin HP ya om amal?
betul, kan termasuk forced induction.
tapi ane belum pernah cobain mobil yg pake supercharger.
kalau turbocharger sih udah. jadi udah ngerasain turbo lag maupun turbo boost -
Gimana rasanya om pake mobil gituan? Bedanya jauh ya om?
-
betul, kan termasuk forced induction.
tapi ane belum pernah cobain mobil yg pake supercharger.
kalau turbocharger sih udah. jadi udah ngerasain turbo lag maupun turbo boostapa sih bedanya supercharger sm turbocharger om amal?kirain sama2 aja..
-
apa sih bedanya supercharger sm turbocharger om amal?kirain sama2 aja..
beda prinsip kerjanya, tapi dua dua nya termasuk forced induction yaitu untuk memampatkan udara ke mesin dengan tujuan tenaga mobil meningkat. blower supercharger diputer pake pulley, dan bagusnya supercharger, dari rpm bawah udah ngisi. kebetulan saya pernah pake mobil mercy yg pake supercharger (kl mercy bilangnya kompressor) dan masih punya audi a4 yang turbocharger. kalau tarikan enakan yang supercharger, karena dari awal udah ngisi tenaganya, dan bagusnya emang gak ada lag nya. cm dari faktor efisiensi emang jadi berkurang, karena kalau supercharger maksimal paling cuma bisa naikin 30% dari hp standar mobil, sementara 1 buah turbocharger bisa naikin sampai 50% dari hp standar mobilnya. Turbocharge keren nya ada bunyi "desing"annya, dan kalau mau keliatan agak "alay" bisa dipasang blow off yang lumayan bikin kaget2 pengendara motor hehe... karena mobilnya bisa kayak "kentut"... untuk highspeed enakan turbo memang, cuma yah ada kendala lag nya aja...karena turbin turbo butuh "spooling" dulu untuk niup lagi...
Untuk mobil jepang jarang yah yang pake supercharge, mungkin karena material ehehe atau durability nya beda dibanding mobil eropa. Lebih banyak mobil jepang pake turbo. Lagipula... untuk mesin honda lebih bagus N/A yah, yaitu naturally aspirated (non forged induction), apalagi udah ada teknologi VTEC nya yang menurut saya ngebantu banget (sedikit ada feel turbo boostnya) he he he...
Dari segi prestis mata seorang tuner, kalau anda bisa membuat mobil N/A sebaik mobil ber turbo ataupun mobil ber supercharge, udah pasti tuner tersebut kelas aka "dewa" :). N/A nggak berarti selalu dicupu2in yang bermesin turbo ataupun supercharge.
-
beda prinsip kerjanya, tapi dua dua nya termasuk forced induction yaitu untuk memampatkan udara ke mesin dengan tujuan tenaga mobil meningkat. blower supercharger diputer pake pulley, dan bagusnya supercharger, dari rpm bawah udah ngisi. kebetulan saya pernah pake mobil mercy yg pake supercharger (kl mercy bilangnya kompressor) dan masih punya audi a4 yang turbocharger. kalau tarikan enakan yang supercharger, karena dari awal udah ngisi tenaganya, dan bagusnya emang gak ada lag nya. cm dari faktor efisiensi emang jadi berkurang, karena kalau supercharger maksimal paling cuma bisa naikin 30% dari hp standar mobil, sementara 1 buah turbocharger bisa naikin sampai 50% dari hp standar mobilnya. Turbocharge keren nya ada bunyi "desing"annya, dan kalau mau keliatan agak "alay" bisa dipasang blow off yang lumayan bikin kaget2 pengendara motor hehe... karena mobilnya bisa kayak "kentut"... untuk highspeed enakan turbo memang, cuma yah ada kendala lag nya aja...karena turbin turbo butuh "spooling" dulu untuk niup lagi...Untuk mobil jepang jarang yah yang pake supercharge, mungkin karena material ehehe atau durability nya beda dibanding mobil eropa. Lebih banyak mobil jepang pake turbo. Lagipula... untuk mesin honda lebih bagus N/A yah, yaitu naturally aspirated (non forged induction), apalagi udah ada teknologi VTEC nya yang menurut saya ngebantu banget (sedikit ada feel turbo boostnya) he he he...
Dari segi prestis mata seorang tuner, kalau anda bisa membuat mobil N/A sebaik mobil ber turbo ataupun mobil ber supercharge, udah pasti tuner tersebut kelas aka "dewa" :). N/A nggak berarti selalu dicupu2in yang bermesin turbo ataupun supercharge.
keren... ngintip dong audi nya...
btw, ane juga pakai mobil Turbo nih.. Isuzu Panther.. wkwkwkwkwkwk
-
loading...