DIY membuat Semprotan sabun busa salju (snow foam sprayer) TANPA LISRTIK

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password
  • Dear om-om sekalian
    Sesuai dengan judul di atas, saya mau berbagi cara membuat semprotan sabun busa salju atau snow foam sprayer yg bisa di bilang murah meriah.


    buat yg gak punya mesin steam atau yg hobi nyuci dirumah tidak punya foam lance tp ingin nyuci pakai busa salju tanpa listrik. :ngiler: :ngiler:


    Berawal dengan kondisi halaman tempat saya nyuci mobil yg agak jauh dari rumah, dan saya takut beresiko kl harus narik2 kabel ke halaman(takut air nya nyasar kena ke colokan) untuk masang mesin steam portable( lagian jg blm ada duit buat beli nya :hahaha: ). Yg inti nya saya mau cari snow foam sprayer tanpa listrik biar nyuci mobil nya makin ajib. :cool: :cool:


    Maka saya cari2 di youtube snow foam sprayer tanpa listrik. Awal nya saya ketemu dengan yg sudah built in, seperti video yg ini




    Ada juga merk lain seperti marolex dan mesto, tp pas saya cari2 di olshop indo gak ada, dan di amazon atau ebay ada sih, tp harga nya mendekati harga mesin steam portable :kaget: :kaget:



    Jd saya hunting lg yg DIY, mana tau bisa lebih murah, dan ternyata benar saja. Hanya bermodal bahan berikut:
    1. penyemprot tanaman pompa(ane beli nya di toko bangunan, bisa juga d beli d toko pupuk)
    2. bagian kasar sponge cuci piring atau mobil(kl saya make nya campur antara sponge dan bagian kasar nya)
    3. gunting atau pisau buat motong sponge nya
    4. tang atau penjepit untuk membuka kepala penyemprotnya
    5. jarum untuk membuat lubang di selang


    Dan berikut video cara pembuatan nya



    Maaf Cuma ketemu tutorial yg di Rusia, Sedikit penjelasan dari saya pada detik ke 00:23 itu dia menjelaskan bahwa pada bagian tersebut dibuatkan lubang yg berfungsi untuk mencampur air sabun dengan udara yg dapat membantu membuat busa. Karena kl tanpa lubang tersebut air sabun murni akan lgsg keluar yg menyebabkan susah untuk pembuatan busa nya walaupun udah d bantu sponge(pengalaman saya waktu pertama kali mencoba karena waktu itu gak ngerti kl tutorial nya menjelaskan tentang lubang tersebut :haus: :haus: ).
    dan satu lagi lobang nya kalau bisa pas2 jarum aja biar udaranya masuk seperti gelembung ke selang nya. Dan JANGAN BUAT LOBANG YG YG BESAR DI SELANG NYA. Karena nanti bakalan keluar angin doank dari semprotan nya (pengalaman percobaan kedua) :hahaha: :hahaha:





    Cukup sekian semoga bisa membantu dan selamat bersalju ria :cool: :cool: