aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Masalah Rem

#1

Mobil saya Brio Satya E smuanya masih ori.
Saya ngerasa rem saya kurang joss brentiin mobilnya apalagi klo lagi di tol lari 90 km.
Apakah karena ban nya yg kurang bagus, atau memang rem nya yg kurang bagus?
Solusinya gimana yah biar rem nya lebih pakem? ada yang ngalamin hal yg sama dan udah ketemu solusi ga?

Trus halaman rumah saya agak miring skitar 30 derjat.
Kalau lagi cuci mobil, rem tangan udah ditarik sampe mentok, mobil bisa meluncur karena halaman basah. Apakah emang seperti ini yah?

Mohon masukan teman2 disini.
Thank you.
#2
(11-06-2014, 08:02 AM)Cippi Thea Wrote: Mobil saya Brio Satya E smuanya masih ori.
Saya ngerasa rem saya kurang joss brentiin mobilnya apalagi klo lagi di tol lari 90 km.
Apakah karena ban nya yg kurang bagus, atau memang rem nya yg kurang bagus?
Solusinya gimana yah biar rem nya lebih pakem? ada yang ngalamin hal yg sama dan udah ketemu solusi ga?

Trus halaman rumah saya agak miring skitar 30 derjat.
Kalau lagi cuci mobil, rem tangan udah ditarik sampe mentok, mobil bisa meluncur karena halaman basah. Apakah emang seperti ini yah?

Mohon masukan teman2 disini.
Thank you.

klo masalah rem jelaslah rasanya kurang pakem wong nggak pake abs.. disiasati atur jarak aja bos... jangan jarak dekat baru rem ... bahaya....
klo halaman rumah yg miring.... miringnya kemana klo dari jalan masuk ke halaman rumahnya nanjak setelah tarik rem tangan masukkan persneling ke gigi satu ... gitu juga klo sebaliknya jlnnya nurun setelah tarik rem tangan masukin persneling mundur....

hati2 klo mo nyalain mesin dinetralkan dl perselingnya ato injak kompling biar mobil nggak lompat...
#3
emg krasa krg pakem, mgkn bs upgrade pake kampas rem yg lebih bagus bahannya, atw ganti cakram yg lebih besar....lebih bgs lagi ban jg diganti yg lebih ngegrip Hahaha.PNG
klo blm ad dana y disesuaikan aj om sm karakternya satya, jaga jarak+dibantu sm engine brakeSenyum.PNG

btw lantai garasinya semen atau keramik om?klo permukaannya ga licin tp msh nyelonong bs dibantu dgn masukin gigi atw diganjel bataMiao.PNG klo emg abnormal ke beres aj bro, d claim. Tp klo garasinya licin y mo gmn lg...apalagi buat nyuci mobil, bs prosotan tuh mobilHahaha.PNG
#4
Soal rem, tiap mobil beda2, ganti kampas pun saya rasa ngga banyak membantu karena sistemnya yang memang dari sananya begitu, tinggal kita yang menyesuaikan sama karakter mobil nya....

Kalo soal mobil bisa meluncur karena halaman basah, yang perlu diperhatikan adalah, apakah bannya muter saat meluncur, atau tetap diam dan merosot? kalau ban muter, sebaiknya bawa ke beres minta stel rem tangan, atau kalo parkir masukin gigi-1, tapi kalo ban diem dan merosot cara nya cuma dengan diganjel, atau pindah tempat cuci mobil, ngga ada hubungannya sama rem
BrioKustik |
Clarion | Audible Physics | LM Audio | Crescendo | Stinger | Real Cable | Harmonic Harmony | Automat | Jacaranda | STP
Mundu Tiga Audio | RawaManGun |

#5
kalo pengalaman brio mundur walau sudah rem tangan, brio saya juga seperti itu. tapi waktu itu cuma sebentar, saya turunin rem tangan, terus tarik lagi, ngunci bannya.
Website
#6
Untuk pengereman memang dari dulu Honda memiliki karakter rem yang kurang pakem atau agak nyelonong.
Sejak mulai dari Jamannya Honda Jazz GD3, walaupun system pake ABS + EBD bukan berarti rem jadi pakem.

Pengereman yang sudah sangat umum adalah menggantikan Kampas Rem dengan temperature yang lebih tinggi dibanding standart.
Standart Brake Pad memiliki temperature yang berkisar 0-200C.
Brake Pad untuk street use, kita bisa upgrade sampai 0-550C. Contohnya: Nissei SuperStreet (Made in Japan) atau Endless NS97 (Made in Japan). 2 jenis brake pad ini memiliki karakter initial bite yang cukup baik biasanya pada saat dalam kota kita membutuhkan rem mendadak, dan constant brake walaupun sampe termparture yang cukup tinggi, seperti saat nyetir di jalan tol.

Standart Selang Rem memiliki bahan karet. yang biasanya akan memuai pada saat minyak rem mulai panas. sehingga pressure yang di deliver oleh master rem ke piston rem berkurang karena selang rem karet menggelembung.
Brake line / selang rem biasanya digantikan dengan yang berbahan Teflon dan dilapis dengan braided stainles-steel. Sebagai contoh merk yang sudah paling terkenal di dunia adalah GOODRIDGE (made in UK). dengan menggantikan brake line dengan berbahan seperti ini, maka brake akan menjadi tetap constant, walaupun sudah berjalan cukup jauh atau kita sering2 ngerem, karena temperature minyak rem sudah sangat tinggi. Teflon yang dilapisi dengan stainlessteel braided hose ini akan menahan pressure.

Piringan Rem perlu ganti gak?
untuk kombinasi seperti diatas ini, piringan rem tidak perlu ganti karena kampas rem masih dalam toleransi street use. jadi kita masih bisa pake rotor disk standart, tidak perlu ganti. kecuali piringan rem standartnya sudah geter.

Wah kalo ganti kampas sama selang biasanya mobil balap donk? kan saya cuma pake hari2x?
kedua spec diatas itu adalah spec hari2, untuk brio standart. bukan untuk race, tapi sudah lebih dari cukup untuk diajak ngebut2x dijalan atau untuk trackday.

Brake Pad Banyak brand dan banyak tipe2 lain?
Memang banyak sekali pilihan2x brake pad. bukan berarti mengganti brake pad after market itu langsung bikin lebih pakem. PENTING: yang perlu dilihat adalah Specifikasinya. berapa temperaturenya, dan bahan materialnya.

Semoga informasi ini dapat membantu.
Website
#7
(11-06-2014, 10:32 AM)Dalvin Kartawidjaja Wrote: Untuk pengereman memang dari dulu Honda memiliki karakter rem yang kurang pakem atau agak nyelonong.
Sejak mulai dari Jamannya Honda Jazz GD3, walaupun system pake ABS + EBD bukan berarti rem jadi pakem.

Pengereman yang sudah sangat umum adalah menggantikan Kampas Rem dengan temperature yang lebih tinggi dibanding standart.
Standart Brake Pad memiliki temperature yang berkisar 0-200C.
Brake Pad untuk street use, kita bisa upgrade sampai 0-550C. Contohnya: Nissei SuperStreet (Made in Japan) atau Endless NS97 (Made in Japan). 2 jenis brake pad ini memiliki karakter initial bite yang cukup baik biasanya pada saat dalam kota kita membutuhkan rem mendadak, dan constant brake walaupun sampe termparture yang cukup tinggi, seperti saat nyetir di jalan tol.

Standart Selang Rem memiliki bahan karet. yang biasanya akan memuai pada saat minyak rem mulai panas. sehingga pressure yang di deliver oleh master rem ke piston rem berkurang karena selang rem karet menggelembung.
Brake line / selang rem biasanya digantikan dengan yang berbahan Teflon dan dilapis dengan braided stainles-steel. Sebagai contoh merk yang sudah paling terkenal di dunia adalah GOODRIDGE (made in UK). dengan menggantikan brake line dengan berbahan seperti ini, maka brake akan menjadi tetap constant, walaupun sudah berjalan cukup jauh atau kita sering2 ngerem, karena temperature minyak rem sudah sangat tinggi. Teflon yang dilapisi dengan stainlessteel braided hose ini akan menahan pressure.

Piringan Rem perlu ganti gak?
untuk kombinasi seperti diatas ini, piringan rem tidak perlu ganti karena kampas rem masih dalam toleransi street use. jadi kita masih bisa pake rotor disk standart, tidak perlu ganti. kecuali piringan rem standartnya sudah geter.

Wah kalo ganti kampas sama selang biasanya mobil balap donk? kan saya cuma pake hari2x?
kedua spec diatas itu adalah spec hari2, untuk brio standart. bukan untuk race, tapi sudah lebih dari cukup untuk diajak ngebut2x dijalan atau untuk trackday.

Brake Pad Banyak brand dan banyak tipe2 lain?
Memang banyak sekali pilihan2x brake pad. bukan berarti mengganti brake pad after market itu langsung bikin lebih pakem. PENTING: yang perlu dilihat adalah Specifikasinya. berapa temperaturenya, dan bahan materialnya.

Semoga informasi ini dapat membantu.
oo, karakternya honda bgitu ternyataSocute.PNG

itu kampas nissei sm hose nya brapaan yak?
#8
(11-06-2014, 08:28 AM)Fadjry Wrote: klo masalah rem jelaslah rasanya kurang pakem wong nggak pake abs.. disiasati atur jarak aja bos... jangan jarak dekat baru rem ... bahaya....

Huehehehe kl ABS sebenarnya ga ada hubungan langsung ke soal pakem atau ga pakem om, ABS fungsinya cuma mencegah ban ga ngunci aja seperti yg non ABS.
Kalo EBD baru mungkin ada pengaruhnya, tapi biasanya memang skrg2 paketan langsung ABS+EBD.

Kl saran saya buat TS di tol mau ngerem mendadak :
- Daripada bejek rem terus pol, remnya kocok (injek full, lepas, injek full, lepas, berulang2).
- Bantu pake engine brake (kalo speed kira2 udah memungkinkan buat down shift om turunin gigi(
#9
(11-06-2014, 01:50 PM)loadeddiapers Wrote: Huehehehe kl ABS sebenarnya ga ada hubungan langsung ke soal pakem atau ga pakem om, ABS fungsinya cuma mencegah ban ga ngunci aja seperti yg non ABS.
Kalo EBD baru mungkin ada pengaruhnya, tapi biasanya memang skrg2 paketan langsung ABS+EBD.

Kl saran saya buat TS di tol mau ngerem mendadak :
- Daripada bejek rem terus pol, remnya kocok (injek full, lepas, injek full, lepas, berulang2).
- Bantu pake engine brake (kalo speed kira2 udah memungkinkan buat down shift om turunin gigi(

hehehehehe.... iya .. ya.... tq infonya bos...
#10
(11-06-2014, 01:50 PM)loadeddiapers Wrote: Huehehehe kl ABS sebenarnya ga ada hubungan langsung ke soal pakem atau ga pakem om, ABS fungsinya cuma mencegah ban ga ngunci aja seperti yg non ABS.
Kalo EBD baru mungkin ada pengaruhnya, tapi biasanya memang skrg2 paketan langsung ABS+EBD.

Kl saran saya buat TS di tol mau ngerem mendadak :
- Daripada bejek rem terus pol, remnya kocok (injek full, lepas, injek full, lepas, berulang2).
- Bantu pake engine brake (kalo speed kira2 udah memungkinkan buat down shift om turunin gigi(

Untuk shift down ini, apa boleh langsung nurunin beberapa gigi langsung?
Misal kondisi terakhir gigi 5, pas rem mendadak, sambil rem, nurunin ke gigi 2 gitu ? Atau tetep harus ke 4, 3, 2 dl ?




Users browsing this thread: 1 Guest(s)