Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[DIY] Tire Maintenance Guide
02-05-2014, 01:41 PM (This post was last modified: 02-05-2014 05:20 PM by SmartConcise.)
Post: #1
[DIY] Tire Maintenance Guide
Ok, sesuai janji saya kepada om Momod @zikri_irfandi untuk bikin tutorial soal tire maintenance.. Big Grin

Terlepas anda pengguna nitrogen atau murni udara saja, it's your choice. Please take a look at this article for more information: Should you fill your cars's tires with nitrogen?

Disebutkan agar Nitrogen bekerja sempurna minimal kadarnya mencapai 93%. Sedangkan udara sudah mengandung 78% nitrogen, artinya kita menambah 15% kadar nitrogen dan mengurangi kadar oksigen yang ada pada tire kita seharga Rp 10.000~/tyre. Seberapa significant sih? kalau ternyata pressure tire kurang, harus top-up nitrogen lagi. kalau ditambah udara biasa, kadar nitrogennya turun dari 93%, tidak optimal.

Saya berinisiatif menggunakan udara biasa saja, untuk maintenance-nya, berikut tools yang saya gunakan:

   

1. Mini Air Compressor -powered by lighter, tools mobile yang powerful (up to 150 Psi). Price: Rp 349.000
2. Tire Pressure gauge, model analog, cukup akurat, mudah digunakan untuk all-around check. Price: Rp 72.800
3. Tire repair kit, seandainya tire saya bocor lebih dari 1 buah tire. Satu menggunakan additional tire, dan satunya harus saya tambal manual. Price: Rp 89.000

(Perlengkapan dapat diperoleh di ACE terdekat)

Kenapa harus beli lagi tire pressure gauge? kan di mini air compressor sudah ada? Betul, cuma pasti ribet gotong sana-sini hanya untuk cek pressure. Lebih cepat dan simple pakai tire pressure gauge untuk pengecekan harian/mingguan. Selain itu skala gaugenya lebih detil.

Berikut cara penggunaannya:

1. Tire Pressure Gauge
untuk mobil Brio Satya, pressure standard dapat dilihat pada bagian pintu driver,
   
   
   
Pastikan kondisi tire dalam keadaan dingin, release pressure dengan menekan tombol release pada tire gauge jika terdapat pressure paga gauge, lalu cek pressure tire satu per satu sesuai standardnya. Jangan lupa tekan kembali tombol release pada gauge setelah melakukan pengecekan pressure.
(Ingat, 1 Psi = 1 lb/in2 )
Apabila ada pressure yang tidak standard, segera top-up menggunakan Mini Air Compressor.

2. Mini Air Compressor
   
Cara penggunaan:
a. Pasangkan nozzle mini air compressor pada tire seperti gambar dibawah ini
   
   
b. Pressure gauge pada mini air compressor akan naik sesuai pressure tire
   
c. Pastikan Engine Mobil sudah hidup, lalu Hubungkan kabel power mini air compressor ke power outlet mobil (lighter)
   
d. Tekan tombol ON untuk menghidupkan mini air compressor, amati pressure gauge hingga tercapai pressure yang kita inginkan
   
e. Tekan tombol OFF untuk mematikan mini air compressor, lakukan langkah sebaliknya untuk berpindah ke tire lainnya.

3. Tire Repair Kit
Sehubungan tire saya belum ada yang bocor, jadi cuma petunjuknya aja yaa 04
   

WARNING:
Kurang tekanan atau kelebihan tekanan pada ban dapat mengakibatkan biaya lebih dan bahaya. Umur ban, kenyamanan mengemudi, daya cengkram dan pengereman yang bagus:
Performa ini dapat dipengaruhi oleh tekanan udara yang tidak sesuai.

Kurangnya tekanan udara dapat menghasilkan kelenturan yang berlebih dari casing ban yang menghasilkan panas, peningkatan daya tahan luncur dan keausan yang prematur. Dalam kondisi ekstrim tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan kerusakan ban.

Demikian juga, tekanan udara berlebih dapat mempengaruhi umur masa pakai ban. Ini menyebabkan berkurangnya cengkeraman dan aus yang tidak wajar terutama pada pemasangan as kemudi.
Sumber: Right Pressure - Michelin

Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 01:52 PM (This post was last modified: 02-05-2014 01:52 PM by doraemon28.)
Post: #2
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
Om, tp yg bikin sy bingung, kenapa tekanan angin di brio cbu 1.3 dan ckd/satya berbeda ya?
Bahkan waktu sy di beres iseng tanya tekanan angin brio brp, di kasih tau sesuai tekanan cbu, 32/29 klo sy ga salah inget.

Tekanan 26 menurut saya terlalu "kempes"
Efeknya ban cepet aus, mobil jd lebih berat.
Klo saya pribadi saat ini ban saya 31-29

Sy ga tau apakah ada pengaruh dari mobil kecil makan tekanan lebih kecil. Krn avanza saya ban depan 35belakang 33

Btw, ane pertamax gan... Wkwkwkw
Ga berlaku ya pertamax disini 04
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 02:10 PM (This post was last modified: 02-05-2014 02:12 PM by SmartConcise.)
Post: #3
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
(02-05-2014 01:52 PM)dedydut Wrote:  Om, tp yg bikin sy bingung, kenapa tekanan angin di brio cbu 1.3 dan ckd/satya berbeda ya?
Bahkan waktu sy di beres iseng tanya tekanan angin brio brp, di kasih tau sesuai tekanan cbu, 32/29 klo sy ga salah inget.

Tekanan 26 menurut saya terlalu "kempes"
Efeknya ban cepet aus, mobil jd lebih berat.
Klo saya pribadi saat ini ban saya 31-29

Sy ga tau apakah ada pengaruh dari mobil kecil makan tekanan lebih kecil. Krn avanza saya ban depan 35belakang 33

Btw, ane pertamax gan... Wkwkwkw
Ga berlaku ya pertamax disini 04

Kalau dari berat kosongnya berbeda Om.
Manual: 910-930 Kg
Automatic: 950-965 Kg
Saya belum compare sih antar type pressurenya berapa aja. Logikanya jika berat kosong lebih tinggi, pressure ban akan menyesuaikan.

Sifat udara kan klo dipanaskan akan mengembang, kalau didinginkan justru menyusut.
Saya setting pressure di Brio Satya sekitar 30 Psi (front), 28 Psi (rear). Sengaja dinaikin 1-2 Psi, untuk mengantisipasi penyusutan om.
Kalau dibilang kempes emang keliatannya gitu, tapi kalau panas kan dia naik sendiri pressure nya.
Kemarin setelah delivery dari dealer sampai garasi, pressure (rear) kanan malah mencapai 40 Psi. Horror banget om.. 04
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 02:49 PM
Post: #4
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
@SmartConcise nice tret om. Btw, sekalian dong om sama kisaran harganya untuk masing2 tool yg dimaksud hehe
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 03:35 PM
Post: #5
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
Keren... btw butuh berapa lama untuk pompa dr kosong bener om dimas? Mesin mobil dalam kondisi hidup kan?

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
Visit juga: Forum MotorExpertz.com
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 03:50 PM
Post: #6
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
baru 40..
saya waktu itu sampe 50an 04
jadi ceritanya, siang - siang lagi mo isi shell, skalian pikir tambah angin dah ..
sambil whatsapp / bbm om @ultrakyo ( dah lama banget ya om 04 )

pas mo isi, koq ga ngisi2 ya ? saya set depan 33 blakang 30..
akhirnya disamperin ama petugas, terus di cobain isi.. ternyata keluar current pressure di ban tuh uda 50an 04

jadi bukannya ngisi angin, brio ane malah "buang angin" di sana 04
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 04:09 PM
Post: #7
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
bunyi nggak om kur? @KAZ3

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
Visit juga: Forum MotorExpertz.com
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 04:38 PM
Post: #8
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
pas di bawa ga bunyi apa2..

pas di keluarin angin nya, bunyi pssssssssttttttt agak kenceng sih 04
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 04:41 PM
Post: #9
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
Kirain bunyinya tttttuuuuuutttt 10

Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
Visit juga: Forum MotorExpertz.com
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
02-05-2014, 05:14 PM
Post: #10
RE: [DIY] Tire Maintenance Guide
Berapa duit tuh beli alatnya om
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 




User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)