Posts by Adie


    Mau tanya om2...brio saya baru satu tahun, ada baret2 tipisnya. Karena cat pada brio gampang sekali kena baret2 tipis ( menurut saya lho ). Dulu waktu keluar dealer ditawari sama orang dealer untuk di paint protection seharga 2,5 juta. Brio baru yg keluar dari dealer apa nggak dikasuh pain protection dari pabriknya ya ..? Kalau mau di paint protection sendiri yg bagus merk apa ya..?


    Baret tipis saya rasa masih wajar om.. Bukan karena Brio nya, tp pemakaian normal setahun mobil lain pun pasti juga ada baret tipis.. Di poles juga ilang.. Banyak faktor yang menyebabkan baret2 halus ini..
    Paint pro banyak pilihan, dan semua fungsinya sama.. Soal bagus atau tidaknya kurang lebih saja.. Di paint pro sendiri tidak menjamin gak bakal ada goresan tipis.. Hanya saja dengan paint pro ketahanan warna cat akan lebih baik (kena panas, ujan, debu, kotoran burung, dll).. Kualitas paint pro bawaan pabrrik dengan yang di aplikasikan aftermarket tentu berbeda..
    Soal harga lebih baik di bandingkan dulu antar merk dan apa yang bisa mereka jamin untuk produk mereka..
    Jika ingin lebih baik lagi setelah d paint pro kemudian di coating, yang ini lebih ke arah melapisi cat sehingga terhindar dr goresan yg lsg mengenai catnya.. Dan warna bisa lebih mengkilap.. Ada yang menamakan diamond gloss (zi*ba*t).. Warna merah akan lebih mengkilap dan ga di wax pun tetap akan mengkilap.. Daya tahan rata2 1 tahun hampir di sebagian besar merk..
    Anti karat juga perlu, om.. Apalagi jika tinggal di daerah yang sering banjir atau daerah laut/pantai (spt jakarta surabaya)..
    Hehehe.. IMHO.. CMIIW..

    hahaha, bandinginnya sama yang seukuran dong om..
    kenapa tromol bisa lebih pakem? dikarenakan rem tromol ada 2 kampas rem yang bekerja di bidang yang berlawanan yaitu kiri dan kanan atau atas dan bawah. sedangkan jika di rem cakram hanya menggunakan 1 kaliper saja, itulah yang menyebabkan rem cakram tdk sepakem tromol untuk kendaraan standart.
    tp kenapa mobil2 mewah menggunakan disc brake? karena umumnya mobil2 mewah akan melaju dengan kecepatan tinggi, dan lebih sering gas rem gas rem, maka disc lebih cocok dikarenakan lebih cepat dalam membuang panas. agar lebih pakem dipakaikan disc ukuran besar, dan menggunakan kaliper dengan jumlah piston lebih banyak. dengan begitu bidang kampas yang menekan disc menjadi lebih besar sehingga rem bisa lebih pakem. agar rem cepat dingin, maka dibuatlah disc dengan alur bergurat2 layaknya selulit dan dibolong bolongi. :hahaha: :hahaha: :hahaha:


    belum lagi perawatan rem cakram yang lebih mudah, karena rem cakram tidak akan menyimpan kotoran (kikisan kampas rem) berbeda dengan tromol yang pasti akan terkunci di dalam area tromol, tidak perlu rutin setel tromol, bisa di bayangkan yang punya lamborghini kalau pakai tromol pasti marah2 sebelum pakai harus setel lg, saat menerobos banjir? rem tromol kalah telak disini :senyum:


    Penjelasan yang baik dan logis.. Hehe.. Jadi bertambah wawasan saya, om.. Terima kasih ya penjelasannya.. :D


    Saya juga gitu om. Kalo nariknya lembut walau sampe full tetep mundur di tanjakan. Nariknya harus dibetot.. ga tau knp begitu


    Pantesan ane sering ditegur Ayah kalo narik rem tangan agak brutal :capede: Cepat rusak katanya.


    Wah 2 pendapat ini jadi bertentangan kalo di terapkan di Brio.. Karakternya remnya mesti di betot (seperti yang saya alami juga).. Tapi di sisi lain menjadikan rem tangan cepat rusak (atau bermasalah).. :nangis: :capede:


    Wah maap banget, Om Zik.. Saya sepertinya salah keyword waktu search soal rem tangan ini.. Ga taunya udah ada judul yang sama.. Hahaha.. Sok keinggrisan saya sepertinya, jadi ga kepikiran search pake keyword "rem tangan".. :hahaha:


    Makasih, Om sudah diarahkan ke jalan yang benar thread nya.. :D



    ooo, pantes yg dilock rem belakang aja ya...
    Pantesan masih bisa jalan ya walau rem tangan ketarik. :hahaha:


    Iya om...handbrake di brio cuman berfungsi untuk ngelock roda belakang saja. Dikarenakan cakram roda depan masih full hidrolis (kayak motor) tanpa link, jadinya, kalau roda depan dipaksakan untuk ikut handbrake bakalan merusak seal2nya tuh.
    Sebenere kalau di tanjakan, itu masih lebih aman, soale roda yang bawah (bagian turunan) yang terkunci, dimana titik tekanan mobil lebih tinggi. Dan so far, masih aman, selama nariknya handbrake cepat, biar kampasnya beneran nggigit bos roda belakangnya. Dan tetap waspada kalau mau lepas rem kaki, kalau masih mundur dikit, tarik lagi aja handbrakenya satu level (sampai bunyi ceklik lagi).
    Nah, kalau turunan, ini yang ngeri, soale kan ban bagian atas, jadi rawat ngesot. Amannya, untuk parkir di turunan, musti pakai ganjal ban juga nih.


    Iya, om.. Rem tangan cuma ngelock yang belakang saja.. Saya sempat nyari artikel ini, dan memang di kebanyakan mobil nge lock nya rem belakang.. Makanya kalo ngedrift kan biasanya main rem tangan, biar ban belakang kehilangan traksi dan bisa ngesot.. Begitu kata artikel soal ngedrift.. :D


    Om Padi, Wah kemana2 jadi bawa ganjal ya.. Hahaha.. just kidding.. :hahaha:
    Kalo pemakaian rem tangan untuk parkir aja sih ga terlalu masalah, karena bisa dibantu dengan masuk gigi 1 atau Rear tergantung kondisi jalan (tanjakan atau turunan).. Yang bermasalah kalau pas lagi macet di tanjakan curam (khususnya untuk mobil manual).. Apalagi kalau pengemudinya newbie seperti saya, yang masih kagok tukar kaki antara rem dan gas dengan cepat dan tepat.. :nangis: Bikin was was..



    Wahhh sama om, punya ane jg gitu tp setelah pemakaian 8bulanan, karna awalnya dl wlw di tarik lembut tetep ngunci koq tp skrg g lg,jd terpaksa masuk gigi jg kl pas lg parkir di tanjakan..
    Nahh yg ane pengen tanya kira2 bahaya g ya sm gearnya kl parkirnya dimasukin gigi gitu, takutnya gearnya rompal kl keseringan atau pas di tanjakan curam? Makasih sebelumnya


    Setahu saya ga ada masalah dengan gearnya jika dipakai untuk parkir.. Kalau dibaca di manual booknya malah disarankan begitu untuk mobil manual.. masuk gigi R saat parkir..
    Gear bermasalah jika kita memaksakan oper gigi tanpa injak kopling dalam..



    kebiasaan kita yang suka menarik handbrake sampai mentok akan menyebabkan setelan handbrake berubah setelah beberapa saat. Hal tersebut wajar, maka solusi terbaiknya adalah kembali ke bengkel untuk minta di setel kembali.
    tp jika sudah di setel masih kurang pakem, mungkin ada beberapa part yang harus di ganti, bisa kampas rem belakang, atau kawat handbrake nya yang sudah tidak layak


    Oh begitu ya, om.. Tapi kalau baru 3 - 6 bulan sudah ga pakem lagi meski udah di setel, masa mesti ganti komponen lagi..


    Tapi jika lihat beberapa testimoni di atas, sepertinya memang ada sedikit hal yang kurang nyaman pada rem tangan Brio.. Terutama jika kita rasakan perbandingannya dengan beberapa kendaraan lain.. Pasti ada solusi, tapi belum nemu aja solusi terbaiknya selama ini..
    Jika ada yang tahu karakteristik rem tangan Brio mohon di share ya, om2.. Hehehe.. Tengkyu.. :D


    Setuju sama om PamPam.. Soal ngerubah ke sistem hidrolis dan kalau mau ganti piringan cakram yang lebih besar, maka velg juga mesti upgrade..
    Tapi kalo soal tromol lebih pakem dari cakram, saya masih agak ragu.. Soalnya selama ini pengalaman merasakan rem cakram lebih pakem daripada tromol.. Atau mungkin ada perbandingan kondisi seperti : jika tromol ukuran besar bisa lebih pakem daripada menggunakan rem cakram dengan piringan kecil..
    CMIIW.. :D