thread nya saya gabung di sini om @"Adie"
Iya, terakhir saya pakai waktu di tanjakan memang seperti itu. Hand brake Honda Brio memang kurang pakem, sampai di klakson mobil belakang waktu itu.. Jadi, IMHO jangan percaya 100% dengan hand brake di kondisi tanjakan, tetap injak rem dg kaki kanan.
Saya belum coba yang menarik hand brake dg cepat.
Di mobil sebelumnya hand brake nggak seperti ini.
Display More
Wah maap banget, Om Zik.. Saya sepertinya salah keyword waktu search soal rem tangan ini.. Ga taunya udah ada judul yang sama.. Hahaha.. Sok keinggrisan saya sepertinya, jadi ga kepikiran search pake keyword "rem tangan"..
Makasih, Om sudah diarahkan ke jalan yang benar thread nya..
ooo, pantes yg dilock rem belakang aja ya...
Pantesan masih bisa jalan ya walau rem tangan ketarik.
Iya om...handbrake di brio cuman berfungsi untuk ngelock roda belakang saja. Dikarenakan cakram roda depan masih full hidrolis (kayak motor) tanpa link, jadinya, kalau roda depan dipaksakan untuk ikut handbrake bakalan merusak seal2nya tuh.
Sebenere kalau di tanjakan, itu masih lebih aman, soale roda yang bawah (bagian turunan) yang terkunci, dimana titik tekanan mobil lebih tinggi. Dan so far, masih aman, selama nariknya handbrake cepat, biar kampasnya beneran nggigit bos roda belakangnya. Dan tetap waspada kalau mau lepas rem kaki, kalau masih mundur dikit, tarik lagi aja handbrakenya satu level (sampai bunyi ceklik lagi).
Nah, kalau turunan, ini yang ngeri, soale kan ban bagian atas, jadi rawat ngesot. Amannya, untuk parkir di turunan, musti pakai ganjal ban juga nih.
Iya, om.. Rem tangan cuma ngelock yang belakang saja.. Saya sempat nyari artikel ini, dan memang di kebanyakan mobil nge lock nya rem belakang.. Makanya kalo ngedrift kan biasanya main rem tangan, biar ban belakang kehilangan traksi dan bisa ngesot.. Begitu kata artikel soal ngedrift..
Om Padi, Wah kemana2 jadi bawa ganjal ya.. Hahaha.. just kidding..
Kalo pemakaian rem tangan untuk parkir aja sih ga terlalu masalah, karena bisa dibantu dengan masuk gigi 1 atau Rear tergantung kondisi jalan (tanjakan atau turunan).. Yang bermasalah kalau pas lagi macet di tanjakan curam (khususnya untuk mobil manual).. Apalagi kalau pengemudinya newbie seperti saya, yang masih kagok tukar kaki antara rem dan gas dengan cepat dan tepat.. Bikin was was..
Wahhh sama om, punya ane jg gitu tp setelah pemakaian 8bulanan, karna awalnya dl wlw di tarik lembut tetep ngunci koq tp skrg g lg,jd terpaksa masuk gigi jg kl pas lg parkir di tanjakan..
Nahh yg ane pengen tanya kira2 bahaya g ya sm gearnya kl parkirnya dimasukin gigi gitu, takutnya gearnya rompal kl keseringan atau pas di tanjakan curam? Makasih sebelumnya
Setahu saya ga ada masalah dengan gearnya jika dipakai untuk parkir.. Kalau dibaca di manual booknya malah disarankan begitu untuk mobil manual.. masuk gigi R saat parkir..
Gear bermasalah jika kita memaksakan oper gigi tanpa injak kopling dalam..
kebiasaan kita yang suka menarik handbrake sampai mentok akan menyebabkan setelan handbrake berubah setelah beberapa saat. Hal tersebut wajar, maka solusi terbaiknya adalah kembali ke bengkel untuk minta di setel kembali.
tp jika sudah di setel masih kurang pakem, mungkin ada beberapa part yang harus di ganti, bisa kampas rem belakang, atau kawat handbrake nya yang sudah tidak layak
Oh begitu ya, om.. Tapi kalau baru 3 - 6 bulan sudah ga pakem lagi meski udah di setel, masa mesti ganti komponen lagi..
Tapi jika lihat beberapa testimoni di atas, sepertinya memang ada sedikit hal yang kurang nyaman pada rem tangan Brio.. Terutama jika kita rasakan perbandingannya dengan beberapa kendaraan lain.. Pasti ada solusi, tapi belum nemu aja solusi terbaiknya selama ini..
Jika ada yang tahu karakteristik rem tangan Brio mohon di share ya, om2.. Hehehe.. Tengkyu..