Posts by jevio

    HBC-SUMBAR 000 JeV
    HBC-SUMBAR 001 Om Thomson thomson
    HBC-SUMBAR 002 Om Rio Andhika Rio
    HBC-SUMBAR 003 Om Andres
    HBC-SUMBAR 004 Om aria hariaputra28
    HBC-SUMBAR 005 Om Ari alfARino
    HBC-SUMBAR 006 Om Dika Faradika
    HBC-SUMBAR 007 Om Andy Andy
    HBC-SUMBAR 008 Om Nico
    HBC-SUMBAR 009 Miss Sally
    HBC-SUMBAR 010 Om Hanif Ibrahim Hanif
    HBC-SUMBAR 011 Om Fuadi fuadi-jaik
    HBC-SUMBAR 012 Om Andes
    HBC-SUMBAR 013 Om Fariz fariz
    HBC-SUMBAR 014 Om RyOno Ryouke
    HBC-SUMBAR 015 Om Ano andreano
    HBC-SUMBAR 016 Om Guntur
    HBC-SUMBAR 017 Om Geta
    HBC-SUMBAR 018 Om Noviandi
    HBC-SUMBAR 019 Om AndraBudi budi
    HBC-SUMBAR 020 Om Ginthink gintink
    HBC-SUMBAR 021 Om Riky
    HBC-SUMBAR 022 Om Ade
    HBC-SUMBAR 023 Om Erwin
    HBC-SUMBAR 024 Om Dika Y.H
    HBC-SUMBAR 025 Om Robby
    HBC-SUMBAR 026 Om Rezki
    HBC-SUMBAR 027 Om Fian
    HBC-SUMBAR 028 Om Ade. S
    HBC-SUMBAR 030 MS Jeje
    HBC-SUMBAR 031 Om Dede
    HBC-SUMBAR 032 Om Payau
    HBC-SUMBAR 033 Miss Oci
    HBC-SUMBAR 034 Om Dayat

    nggak juga om, sedikit.


    Mitos Ground Wire bisa Up power HP mobil ?


    Banyak pertanyaan biasanya dari pemilik mobil yang ingin memasang ground wire dengan judul seperti di atas. Sebenarnya itu bukan penambahan Hp yang riil bertambah apabila dirasakan efeknya bagi pengguna Custom Ground wire. Hal utama adalah membaiknya kinerja alat-alat dalam mobil anda, baik itu alternator, ac, sensor2, TPS, gearbox AT, injector, ecu, lampu, head unit/audio dan lain2. Membaiknya kinerja ini bukan seperti upgrade performance menaikkan kapasitas injector dari 200 cc/menit menjadi 500 cc/menit.
    Tetapi lebih kepada menyempurnakan hubungan koneksi peralatan yang ada di seluruh kontak area kendaraan menjadi mendekati sempurna.


    Disini saya berikan contoh perumpamaan sbb :


    1. Misalkan anda memilki kerongkongan dengan daya telan/hisap/minum sebanyak 1000 cc/menit, dan menyedot air kelapa dengan sedotan kecil seukuran air Aq** gelas, berapa lama anda bisa menghabiskan air kelapa tsb sebanyak 1000 cc? Misalkan ternyata hanya bisa dihisap hanya 500 cc/menit. Disini kerongkongan diibaratkan injector/mesin, sedotan kecil (misalkan diameternya 3 mm) diumpamakan kabel ground kecil dan air kelapa adalah bensin.
    Bila kabel ground diupgrade custom menjadi lebih besar, diumpamakan menggunakan sedotan lebih besar (misalkan diameternya 6 mm), maka otomatis arus flow masuk bensin akan menjadi lebih lancar dan cepat menyalurkan bensin tadi menjadi misalkan 500 cc dalam 30 detik saja, sehingga kapasitas 1000 cc/menit bisa terpenuhi sesuai keinginan.


    2. Ibarat jalan searah hanya satu jalur, maka beban diibaratkan mobil yang melaju lewat hanya bisa 1 mobil berurutan. Nah kalau jalan ini diperlebar menjadi 2 jalur, maka arus yang lewat akan makin banyak dan cepat melaju tanpa hambatan ibarat jalan tol begitu. Lah kalau hanya perlu beban rendah satu mobil yang melintas? ya tidak akan menjadi masalah, justru jalan yang lebar (jalan diumpamakan kabel ground) berfungsi mengantisipasi apabila ada lonjakan arus mobil yang benyak (beban/load meningkat).


    Ilustrasi di atas akan makin memperjelas fungsi kabel Ground wire ini. Selain itu harap diingat bahwa usia kendaraan yang makin tua, bukan makin muda ganteng, akan membuat kabel-kabel di sekitar sektor mesin menjadi getas, keras menurun kinerjanya ditambah dengan iklim lingkungan mesin yang ekstrim panas, basah, polusi entah terkena cairan bensin, oil, debu, minyak rem, cairan pembersih, dsbnya dapat mempengaruhi kinerja penyaluran arus dan tegangan di kabel-kabel.


    Walhasil pemasangan Ground Wire yang lebih besar dari standardnya akan banyak membantu dalam menyalurkan arus dan tegangan hingga kinerja peralatan elektrikal baik sensor, ecu, lampu dll akan menjadi makin optimal. Dengan optimalnya kinerja elektrikal di atas, akan membuat kerja mesin menjadi sesuai standard yang dibuat oleh pabrikan asal. Beberapa hal karena optimalnya kinerja mesin ini menjadi mitos adanya kenaikan HP/horsepower/tenaga mesin kendaraan. Apabila tenaga dan torsi sedikit meningkat maka akan terasa tarikan juga enteng dan bertenaga dibanding sebelumnya yang mungkin agak boyo istilahnya. Pencapaian RPM tinggi menjadi makin mudah dan ringan serta beberapa kasus suara mesin menjadi lebih smooth dalam menyalurkan tenaganya ke gearbox.


    Selain itu kinerja elektrik (lampu2 dll) juga makin stabil, lampu depan dan dashboard maupun speedometer tidak akan meredup/kedip/blinking sesaat apabila ada peralatan yang dinyalakan seperti dim/high lamp lampu depan saat malam hari yang menyedot arus lebih besar daripada kondisi di siang hari. Alternator lebih mudah dalam melakukan re-charging arus dan tegangan ke batere aki anda. Injektor maupun sensor akan makin responsif dan sesuai tegangan kerjanya karena lancarnya arus dan tegangan kerja yang dibutuhkannya.



    Bila spek mesin mobil anda standardnya adalah 180 Hp dan sebelum membenahi sektor Kabel Ground dan tune up mesin, maka hanya terdeteksi hanya sanggup meyemburkan 160 Hp, maka setelah upgrade Kabel Ground dan tune up sesuai standard pabrikan maka akan kembali menjadi normal 180 Hp. Hal inilah yang terkadang dirasakan oleh pemekai terasa adanya peningkatan tenaga instant. Dalam beberapa kasus memang tidak bisa dipungkiri bisa terjadi kenaikan Hp sedikit (1-2 Hp) diatas standard bila memang sirkulasi elektrik dan supply arus & tegangan sangat optimal mendukung kinerja ECU mobil.


    Optimalnya kinerja elektrikal kendaraan anda dalam jangka panjang secara otomatis akan menjadi keuntungan tersendiri dalam meringankan/memperpanjang siklus daur hidup spare parts (karena kinerjanya optimal) yang berkorelasi dengan isi dompet yang harus dikeluarkan anda. Hal ini juga tidak terlepas dari keharusan rutinitas servis mesin (tune up) dan penggantian oli mesin yang sesuai agar diperoleh kinerja mesin yang optimal.


    Dalam beberapa kasus bisa terjadi kebakaran dikarenakan kecilnya kabel yang digunakan dalam rangkaian elektrikal. Hal ini juga terjadi bila kabel penyalur terhambat oleh kotoran oksidasi, sehingga nilai tahanan akan meningkat dan membuat beban membutuhkan arus yang lebih besar guna mengkompenasi penurunan/drop tegangan kerja disebabkan jeleknya kualitas koneksi kabel tsb.


    Mesin yang telah di Upgrade komponennya


    Semakin meningkatnya tenaga mesin anda dikarenakan opsi perubahan di sektor mesin seperti penggantian Injektor High Flow, Coil & Cdi racing high performance, camshaft, per klep custom, pompa bensin dan regulator high flow, ganti ecu atau menambah piggyback, akan spontan meningkatkan tenaga mesin anda karena performa parts yang diganti melebihi kinerja standardnya. Hal ini juga menuntut perbaikan kabel2 yang sesuai seperti kabel ground HPF guna mendukung kinerja upgrade parts racing di atas. Injektor, coil dan fuel pump high performance terutama akan membutuhkan supply arus yang besar jauh dibandingkan standardnya seperti yang pernah saya ulas di artikel Upgrade Custom Ground wire mobil.
    semoga bermanfaat.


    Sumber