Posts by ngkngz


    Khawatir ada yang oblak, bisa jadi ada baut yang nggak kencang di wiper arm.


    Kalo decit ga masalah, cuma kalo khawatir ganti aja wiper blade nya dengan yang OKE punya, saran: hybrid razor punyanya HELLA, mantab!!!


    Update untuk decit karet wiper sudah teratasi, caranya dengan membalik posisi karet wipernya (yg semula "kancing" nya karet wiper dibagian bawah saya balik pindah di atas). Masalah decit kayaknya karetnya sudah agak melengkung karena tertekan ato mungkin juga sering kejemur panas

    Kalo berdecit wajar = bunyi karet wiper blade,
    bunyi jeduk, brio saya nggak mengalami


    Bunyi decit sama jedug kambuh-kambuhan om, saya juga bingung

    Kalau sering bunyi berdecit, mending tambahin sedikit shampoo di tampungan airnya terus diaduk rata aja (lebih bagus sih pake air khusus wiper sekalian). Soalnya, di kaca brio itu ada lapisan pelindung biar air cepet turun. Kalau sering tergesek karet gitu, bakalan kayak kaca rumah ntar, pas hujan bakalan rata dah airnya, tidak pisah jadi titik2 kecil lagi (sulit jatuh oleh bantuan angin).


    Untuk yang bunyi jedug, mendhing dicek lagi gan, dari sisi mana tuh. Apakah pas turun mentok sesuatu? Atau ada yang mengganjal di bagian bawahnya? Soalnya tempatku perasaan nggak bunyi dah.


    Saya pake air wiper merek k*t om, ada saran merek yg lebih bagusan gak om? Maklum musim hujan gini sering pake wiper nih, cepet banget habisnya cairan wiper..
    Bunyi jedug emang pas turun kebawah bladenya om, tapi saya liat gak ada yg ganjel ato mentok sesuatu, bunyinya pun kambuh-kambuhan. Jadi bingung..


    [hr]
    Om semprotan wiper ane kurang menyebar. Cuma sampe setengah tinggi kaca, jadi bagian2 tengah ke atas ga kena air.


    Cara ngakalinnya gmn ya?


    Ditusuk lubangnya pake jarum ato kawat kecil terus dicongkel diarahin om, ngatur arahnya jangan terlalu keatas om, kasihan kalo pas ada motor disamping bisa kena semprot :heran:
    Wiper saya malah kadang-kadang sudah mulai bunyi kayak tikus kejepit. Punya om-om disini wipernya ada suara jedug pas lg turun gak? Punyaku bunyi jedug nya koq agak kenceng ya?? :tanya:


    Dinamonya sudah dibuka tapi masih bisa claim garansi ya om?


    Ia om, mungkin karena udah kenal baik sama SA nya jadi agak dibantu. Padahal saya juga bilang sudah saya ketok-ketok itu dinamo pas gak mau nyala (tapi gak bilang sih kalo sudah dibongkar dibengkel luar)
    Sebelumnya masalah motor power window juga SAnya gampang suruh ganti, ato bengkel gak mau ribet kali ya?? Hehehe
    Oia, sekedar info untuk masalah dinamo starter di beres tempat saya baru brio saya yg mengalami tapi kalo mobilio katanya emang sudah banyak yg diganti dinamo starternya

    Hallo om sekalian..
    Saya mau share sedikit pengalaman di brio saya, semoga nggak repost dan gak ada yg ngalamin :dongkol:
    Jadi ceritanya sekitar 2-3 bulanan yang lalu, brio saya mengalami gejala yang diluar kebiasaanya, waktu starter gak bisa langsung jrengg kayak biasanya, harus dua kali starter mesin baru nyala. Awalnya saya kira acu sudah mulai lemah, sementara saya cuekin :bingung:
    Semingguan setelah gejala pertama muncul, gejala tambah parah harus puter kunci sampe lebih 5 kali baru mesin mau nyala, disini saya mulai resah dan gelisah :muntah:
    Karena dugaan awal masalah pada acu, saya cari bengkel buat cek acu. Sampai di bengkel dicek ternyata acu masih bagus (usia mobil saat itu sekitar 1,5 tahun). Mungkin masalah dinamo staternya kata masnya yg punya bengkel. Dibongkarlah dinamo starter (prosesnya cukup lama karena letaknya nyempil ditengah, jadi harus copot coolant reservoir itupun masih susah bukanya karena space yg sempit). Selanjutnya dinamo dicopot terus dicoba dinyalain diluar pake acu brio saya. Hasilnya dinamo langsung muter gak ada masalah. Karena bingung gak ada masalah, jadinya dinamo cuma dibuka buat dibersihin termasuk selenoidnya (pas dicek selenoidnya ada yg agak oblak, mungkin masalah pada selenoid ini kata masnya)
    Selanjutnya pasang lagi, yg ini juga lama (total pengerjaan bongkar pasang kira2 4jam dikerjakan dua orang). Selanjutnya dicoba.... Malah GAK NYALA :kaget: ,dicoba diketok-ketok dinamonya pake palu, coba starter lg beberapa kali baru nyala :capede:
    Mas nya nyerah, sarannya ganti selenoid aja, sempat ditelponkan ke rekanan dia harga selenoid ori sekitar 1,2jt kalo yg KW full sama dinamo sekitar 800k. Dia saranin coba cek ke beres dulu. Wah, saya juga mikir cek dulu aja ke beres. Saya pamit ke mas nya, saya tanya berapa ongkosnya mas? Dijawab "gak usah mas, kan gak berhasil ngatasin masalahnya" :socute: saya sedikit ngotot soalnya kasihan juga sudah berjam-jam kerja masak gak mau dibayar, akhirnya dia ngalah cuma minta 20k buat beliin rokok mekaniknya.
    Setelah itu saya langsung tancap gas ke beres, nyampe sekitar jam 2 siang. Saya ungkapin keluhan-keluhan brio saya sama sales advisor (SA). Karena sudah kenal cukup baik sama SAnya, kagak pake antri brio saya langsung dia bawa sendiri masuk buat dicek. Cukup lama nunggu, SA dateng bilang ganti Dinamo starter aja masih garansi, tapi indent 10hari kerja, mobil ditinggal aja karena gak bisa distarter. Whattt??? Saya harus bawa pulang nih.. Soalnya lg bawa galon air dibagasi, wkwkwk.. Akhirnya saya diajak masuk nengok mobiol saya, mekaniknya nyoba starter beberapa kali gak berhasil.. Terus saya coba starter 3 kali... NYALA, nurut sama yg punya nih mobil :miao:
    Singkat cerita, sekitar 12 hari kemudian saya dihubungi kalo dinamo starter sudah datang. Saya bawa brio ke beres (ini saya minta tolong tetangga buat dorong, soalnya udah bener2 gak bisa nyala starternya wkwkwk), opname sehari buat ganti dinamo starter besoknya sudah bisa langsung JRENGG...
    Sekian share pengalaman saya om, maaf kalo kepanjangan ceritanya, sebenernya mau share juga pengalaman brio saya sampe didorong tukang becak, tp tar malah jadi cerpen wkwkwk :capede: