Beberapa Teknlogi Yang Berkembang di Masa Depan

  • Tak bisa kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi sudah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Ungkapan "The future is now" sepertinya memang layak menggambarkan keadaan dunia saat ini, sejak pesatnya era informasi dan teknologi.

    Saat ini bisa kita lihat jika teknologi baru tersebut masih terus dikembangkan dan diprediksi bakal jadi bagian dalam kehidupan di masa depan. Menurut survei yang dilakukan kepada lebih dari 800 eksekutif, serta para ahli teknologi mengenai pandangan teknologi seperti apa yang bakal muncul dalam beberapa tahun ke depan, The World Economic Forum’s Global Agenda Council on the Future of Software & Society melaporkan sejumlah teknologi baru, yang diprediksi akan hadir tahun 2025 dan akan mencapai puncaknya pada tahun 2030. Berikut ini teknologi luar biasa yang akan kita lihat hingga tahun 2030.

    1. Robot

    Bisa kita lihat bahwa sekarang teknologi robot mulai berkembang dengan pesat. Bahkan negara-negara yang telah lebih dulu maju dalam bidang teknologi seperti Jepang, Amerika, dan Rusia telah berhasil menciptakan berbagai robot dengan berbagai bentuk dan kegunaan. Perkembangan robot yang dilengkapi dengan artificial inteligent atau kecerdasan buatan berpotensi menyingkirkan banyak orang di pekerjaan tertentu.

    2. Sensor

    Selanjutnya yang terus berkembang ialah teknologi sensor. Adanya prediksi biaya sensor yang terus menurun, dan kemampuan komputasi terus berkembang, membuat secara tidak langsung hampir seluruh perangkat akan ikut terhubung dengan internet. Mulai dari jalanan hingga pakaian, diprediksi akan hadir dengan kemampuan online. Diperkiakan akan ada sekitar 1 triliun sensor yang terhubung dengan internet pada tahun 2022.

    3. Medis


    Selain teknologi robot dan sensor yang telah banyak membantu manusia dalam dunia medis, teknologi printer 3D yang kini mulai dikembangkan juga akan merambah ke dunia medis. Seperti yang kita tahu, salah satu masalah dalam dunia medis saat ini ialah ketidakcocokan organ dari para pendonor. Dengan hadirnya printer 3D ini, diharapkan organ manusia seperti jantung atau ginjal dapat dibuat dengan mudah. Hal ini akan memudahkan para dokter yang melakukan operasi di tubuh pasien. Nantinya, penggunaan printer 3D ini dapat membuat organ palsu

    4. Internet

    Dari hasil survei, 79% responden memprediksi bahwa pada tahun 2024 nanti, sebagian besar populasi dunia akan memiliki akses internet reguler. Keadaan itu tidak terlepas dari upaya perusahaan Google dan Facebook untuk menghubungkan 4 miliar orang tanpa akses internet.

    Facebook memiliki program Internet.org, serta didukung oleh pengguna drone untuk memancarkan internet ke Bumi melalui satelit. Sementara Google memiliki Project Loon yang memanfaatkan balon besar yang melayang di atmosfer untuk menghubungkan daerah-daerah seluruh dunia. Makanya, tidak mengherankan bila nantinya internet jadi hak dasar bagi kehidupan manusia layaknya kemunculan listrik pada jaman dahulu.


    Itulah beberapa berita teknologi yang diprediksi akan terus berkembang pesar di masa depan.