Klw aku setengah aja udah isi full langsung om..
Ya kdg tinggal 2-3 bar, udah aku isi lg full
12-27-2013, 12:23 AM
Salah om..ngisinya pas hujan dan malam..disitulah yg tepat..hehehe..
12-27-2013, 08:27 AM
Kenapa bs kotor?alasannya?
12-27-2013, 08:35 AM
Nda mungkin kotor om klw hujan..toh tangki tidak terganggu kotoran dr luar..jd klw tangkinya kotor,nda usah pas hujan,siang hari jg bakal kotor..hehehe..
Begini om..sbnrnya ini jaat sih..hihihi..
Pd saat malam atw hujan,bbm mengalami pemadatan krn suhu turun/dingin..aku pernah bongkar bbm pas malam dan hujan..
Berat jenis premium di surat DO 0,705 dengan suhu 31 C
Kemudian saya melakukan uji quantity dengan hidrometer dan termometer..keliatan berat jenis menjadi lebih berat..
0,711 dengan suhu 25 C
Ketika siang panas terik,kami melakukan uji quantity lg..berat jenis menjadi 0,704 dengan suhu 31,5 C
Kami juga melakukan pengecekan stok (kondisi tangki nda dipake setelah diisi dr mobil tangki)
Stok selesai bongkar pada malam hari 20,100 Liter
Stok pada siang hari menjadi 20,250
Minyak mengalami pengembangan dlm tangki krn suhu panas..sehingga volume bertambah..
Nah jelas kan om kaz3?hihihi
NB : jd klw ada yg bilang mobilnya boros,blm tentu krn ada mslh di mobil..bs jd mobil diisi pada saat siang hari terik..banyak jalan pada saat hujan dan malam..sprti yg saya blg td..
Suhu dingin - minyak memadat (volume bbm berkurang)
Suhu panas - minyak mengembang (volume bbm bertambah)
Begitupun sebaliknya..mesin menjadi irit apabila kt isi pada saat hujan atw malam (suhu dingin) banyak jalan di siang hari terik maka bbm akan memuai/bertambah..
Klw keterangannya salah,sori ya..namun ini yg saya temukan selama bekerja di spbu..dan sudah saya tes ke MaXie dan Panda..hehehehe
12-27-2013, 09:50 AM
nice info om yogo... tapi pengembangan volumenya nggak beda jauh ya? 20.250-20.100 = 150 liter, berarti untuk 1 liternya mengembang 150/20.100 = 0.007462687 liter, sedikit sekali berarti perbedaan siang dan malam.. bener nggak om yogo?
12-27-2013, 09:55 AM