Oil Catch Tank seperti namanya, berfungsi "menangkap" uap oli dari engine crankcase. Uap oli ini disebabkan karena adanya kebocoran (yang tidak dapat dihindari) dari ruang bakar ke engine crankcase, sehingga campuran udara + bensin akan masuk dan membuat suhu di dalam crankcase panas, dan karena panas inilah, oli akan menguap. Pada mesin modern, uap oli ini akan dimasukkan kembali ke sistem pembakaran (melalui intake plenum), sehingga akan mengurangi polusi. Kelemahannya, uap oli yang masuk kembali ke ruang bakar akang mengurangi efisiensi pembakaran, dan membuat throttle body dan intake plenum lebih cepat kotor.
Karena itu ada solusi untuk mencegah uap oli ini ikut masuk ke ruang bakar, yaitu dengan memasang oil catch tank. Begitulah kira-kira...
Kalo Brio nya om Kevin di atas, pakai breather, CMIIW. jadi oli nggak dimasukkan lagi ke intake plenum tapi dilepas ke udara bebas melalui filter.
Note: untuk mesin standar nggak ane rekomendasikan pasang OCT, karena kompresi mesin masih bagus, jadi uap oli yang dihasilkan juga nggak seberapa.
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
11-21-2013, 03:05 PM