aksesoris-brio

Honda Brio Oil Catch Tank

#1

Oil Catch Tank seperti namanya, berfungsi "menangkap" uap oli dari engine crankcase. Uap oli ini disebabkan karena adanya kebocoran (yang tidak dapat dihindari) dari ruang bakar ke engine crankcase, sehingga campuran udara + bensin akan masuk dan membuat suhu di dalam crankcase panas, dan karena panas inilah, oli akan menguap. Pada mesin modern, uap oli ini akan dimasukkan kembali ke sistem pembakaran (melalui intake plenum), sehingga akan mengurangi polusi. Kelemahannya, uap oli yang masuk kembali ke ruang bakar akang mengurangi efisiensi pembakaran, dan membuat throttle body dan intake plenum lebih cepat kotor.

Karena itu ada solusi untuk mencegah uap oli ini ikut masuk ke ruang bakar, yaitu dengan memasang oil catch tank. Begitulah kira-kira...

   

   

Kalo Brio nya om Kevin di atas, pakai breather, CMIIW. jadi oli nggak dimasukkan lagi ke intake plenum tapi dilepas ke udara bebas melalui filter.

Note: untuk mesin standar nggak ane rekomendasikan pasang OCT, karena kompresi mesin masih bagus, jadi uap oli yang dihasilkan juga nggak seberapa.
Website
#2
om zik, klo uap oli di lepas ke udara bebas :
1. tutup kap mesin dan sekitarnya akan terpapar uap oli dan jadi cepet kotor donk ?
2. jumlah oli mesin akan cepat habis , karena menguap dan di lepas ke udara bebas ?
3. ini ngomongin oli mesin kan ?
#3
coba jawab yah... 3. yup oli mesin.
1. itu pakai breather, semacam filter gitu, jadi oli tetap tertahan di dalam can. Sebenernya ada alasan uap oli dibakar lagi, alasan lingkungan.
2. walaupun dikembalikan ke ruang bakar ya tetap nggak kembali ke crankcase. uap oli akan terbakar dan dibuang lewat knalpot. penguapan oli itu lumayan loh, tergantung jenisnya juga, kalo nggak salah di manual book ada tulisan, bahwa konsumsi oli Brio (baru) bisa 1 liter/ 1.000 km, tapi yang bener? ane cek terus, oli berkurangnya dikit banget.
Website
#4
Klw menurutku,malah nda perlu kayaknya..toh brio mesinnya udah didesign oleh ahli honda..klw mmg perlu,pasti kan dibuat jg langsung..just my opinion..
Hehehehe..
Website
#5
(11-21-2013, 03:34 PM)Yogo Priyayi ZS Wrote: Klw menurutku,malah nda perlu kayaknya..toh brio mesinnya udah didesign oleh ahli honda..klw mmg perlu,pasti kan dibuat jg langsung..just my opinion..
Hehehehe..

setuju om yogo, kalo mesin standar belum perlu. Kecuali mesin kompetisi atau sudah rada udzur...
Website
#6
Ho oh om..soalnya mahal juga tuh alat kan..hahaha
Website
#7
ane dulu beli replica sekitar 400ribuan.. Terus akhirnya dicopot, karena buat rpm nggak stabil..
Website
#8
nah..pasti ada efeknya ke mesin..
mending biarkan saja dengan adanya tuh mesin..toh udah diperhitungkan semua sama yang ngerakit hehehehe

just my opinion hehe..
Website
#9
Kalau mobil om Kevin mah udah super high performance, udah pake intercooler segala. Kalau Brio ane masih standar cuman di tune up dikit aja jadi kayaknya masih gak butuh breather ini deh. Mending pasang CAIS dulu ah kalau ada dana 04.
#10
posisi PCV valve, lingkar merah...

   
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)