Sepertinya belum ada yang membahas berat maksimal Honda Brio. Untuk itu, sekedar sharing dari forum luar (hitungan menggunakan data Brio E MT):
Berat Kosong = 930 Kg
Kapasitas Tangki = 35 L
Berat Kotor = 1430 Kg
Berat kotor merupakan berat maksimal yang disarankan, ini merupakan total dari berat kendaraan itu sendiri (berat kosong), berat bahan bakar (yang ada di tangki) dan berat muatan (penumpang+barang bawaan). Sehingga, apabila tangki diisi penuh, berat muatan maksimal adalah 1430-930-35 = 465 Kg.
Apabila dirata2 berat badan orang Indonesia adalah 65kg, dan muatan dipenuhi 5 penumpang, maka total penumpang adalah 325 Kg. Yang berarti hanya tersisa 140 Kg untuk barang bawaan.
Dengan bagasi brio yang mungil, seharusnya apabila dengan ukuran normal, Brio sangat kecil kemungkinannya untuk overload ya? Mari, kalau ada yang kurang dari hitungan di atas, silakan dilengkapi
Joss...udah ada itung2an lebih spesifik tuh di komen bawah. Berarti memang sedikit beda, spek antara Brio India dengan Brio Indonesia. Terimakasih @yudiwbs dan @Zikri Irfandi buat keterangan lengkapnya.
Kesimpulannya adalah:
(08-23-2016, 03:39 AM)yudiwbs Wrote: Asumsi 35l bensin sekitar 25kg, kapasitas (muatan) maks untuk MT sekitar 1345-(935+25) = 385kg dan untuk CVT: 370kg << kondisi full tank nih
Sementara untuk pertanyaan om @Zikri Irfandi sementara tak jawab semampunya
(08-22-2016, 09:12 PM)Zikri Irfandi Wrote: Overload bahayanya lebih ke brake failure kah om?Brake failure tergantung kondisi jalan juga. Tapi dengan rem belakang tromol, harusnya gak begitu terasa brake failurenya, palingan cuman butuh jarak lebih panjang dan waktu yang lebih lama sampai mobil bisa berhenti.
Kalau saya lebih concern ke efek jangka panjangnya om. Karena Brio telah didesain sedemikian rupa untuk menahan berat maksimal tertentu, apabila batas ini dilewati, maka akan mengurangi kemampuan mobil itu sendiri untuk survive dalam jangka waktu lama. Kalau sasis sih, biasanya kuat, tapi sektor kaki-kaki yang bakalan cepet kena. Apalagi kalau terbiasa memutar setir dalam kondisi berhenti, kaki bagian depan akan rawan terkena masalah nih. Plus menghajar jalan bergelombang/rusak dalam kondisi overload, ampun2an dah.
Yang perlu diperhatikan adalah, bagasi brio merupakan semacam kayu hardboard tipis (atau malah kertas tebal?) yang dilapis kain. Di bawahnya terdapat rongga untuk penyimpanan ban serep, jadi musti ati2 kalau naruh barang berat di sini, jangan sampai overload dan merusak kayunya
08-22-2016, 02:44 PM (This post was last modified: 08-23-2016, 09:47 AM by padiyes123.)