aksesoris-brio

Poll: Tekanan Angin ( Ban Standard )
29/26
30/27
Auto/Maximum
[Show Results]
 
Note: This is a public poll, other users will be able to see what you voted for.
Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Berapa Tekanan Angin Ban Kalian? (Ban Standard)

#1

Setiap kali isi angin (nitrogen) saya selalu mengikuti standard pabrikan 29/26 tetapi ban selalu terlihat seperti kempes dan tidak berisi. Mekanik langganan saya menyarankan naik 1 Ps menjadi 30/27 tetapi selalu saya tolak karena saya kekeh mengikuti standard pabrikan.

Bagaimana dengan bro-sis sekalian? Apakah ada juga yang merasa ban nya terlihat kempis walaupun sudah sesuai standard pabrikan?
#2
Iya sama tuh om kalo ngikutin pabrikan kelihatan kempis terutama depan jadi skrg ane ikut depan jadi 30 belakang jadi 29 om..hehe
#3
ane sih selama ini 30 rata
#4
Kalo saya 33 rata
#5
Karena brio mengejar stiffness utk kestabilan di jalan mulus, makanya shockbreker cenderung keras (menurutku). Dan untuk mengakomodir getaran di jalan jelek, akhirnya, ban lah yang kebagian tugas untuk meredam kejutan yang dihasilkan. Akhire, dari pabrilan menyarankan ban depan 29psi dah (ban belakang mengikuti, dikurangi 2 psi rata2nya). Hal ini dikarenakan ban depan brio cenderung menerima beban yang jauh lebih berat dari ban belakang (mesin di depan dan sistem penggerak roda depan).

Nah...positifnya pakai tekanan standar, getaran mobil akan teredam banget. Mantap buat jalan agak rusak. Dan juga, di cuaca hujan, tekanan segini memang sangat membantu untuk menghindari selip ban Smile

Akan tetapi, negatifnya adalah, mobil cenderung limbung untuk berbelok di kecepatan tinggi. Dan juga, dinding ban akan lebih mudah retak, karena ban merangkap fungsi sebagai shockbreaker yang terlalu banyak. Lihat aja, dinding ban dengan tekanan standar, dia lebih mudah kembang-kempis mengikuti kontur jalan. Selain itu, daya hambat ban yang lebih besar (bagus buat hujan), kurang baik untuk kecepatan tinggi (lebih dari 60kph), dimana gaya gesek ban ke aspal akan besar dan membuat bensin lebih boros (rpm lebih tinggi utk kecepatan yang sama dibanding dengan ban lebih keras).

Kalau aku sih, mendhing nerima kalau jalan jelek pelan2 aja. Selain menghindari goncangan, juga agak kaki-kaki lebih awet. Lagian, kalau semisal tekanan berkurang, tidak perlu takut, karena paling jadi tekanan standar pabrikan, gak usah terlalu terburu2 isi angin.
So, tekanan cenderung tak tambahin 2psi untuk depan-belakang. Tapi sekali lagi, preferensi ini mungkin berbeda untuk setiap orang. Jadi, monggo saja, mau pakai standar yang lebih adem dipakai di jalan agak rusak. Atau pakai yang lebih keras dengan catatan seperti di atas tadi Smile Pilihan jatuh ke tangan masing2 driver.
#6
Saya malah agak ekstrim naikinya, depan 33, belakang 30.. hehehe

Habis serasa naik mobil kempes kalo diisi dengan tekanan standar. 02
Website
#7
(03-04-2016, 01:59 PM)Zikri Irfandi Wrote: Saya malah agak ekstrim naikinya, depan 33, belakang 30.. hehehe

Habis serasa naik mobil kempes kalo diisi dengan tekanan standar. 02

Wah, agak bingung nii..hehe...
tapi waktu itu, sy isi dg 32, depan belakang, tuh om...
kira2 masalah ga yah, cos kl itu std nya kan ga sampai 30 yah...
#8
(03-05-2016, 08:26 AM)Ayi Wrote: Wah, agak bingung nii..hehe...
tapi waktu itu, sy isi dg 32, depan belakang, tuh om...
kira2 masalah ga yah, cos kl itu std nya kan ga sampai 30 yah...

Sampai saat ini, nggak ada masalah, memang reboundnya kurang sih, jadi kerasa agak keras suspensinya.
Website
#9
Ane depan 32 belakang 30, menurut om zik gmana baik nya ? Soalnya tiap owner brio beda2 tekanan angun nya
#10
(03-05-2016, 04:30 PM)Aaveri Wrote: Ane depan 32 belakang 30, menurut om zik gmana baik nya ? Soalnya tiap owner brio beda2 tekanan angun nya

Nyamannya aja gimana om, tergantung masing2 driver. Kalo mau patuh dengan ketentuan Honda, pakai standar yang ada. Smile
Website




Users browsing this thread: 1 Guest(s)