Rencana pagi ini mau servis rutin10.000 km Honda Brio , walaupun belum sampai sih, cuma aturannya memang 10.000 atau 6 bulan. Ada pertanyaan yang ingin dititipkan? mungkin nanti bisa saya tanyakan ke mekaniknya.
UPDATED:
Selain servis yang tertera di buku servis, ada beberapa keluhan dan permintaan di Brio saya, berikut report pengalaman servis 10.000 Honda Brio kesayangan.
1. Stir lari ke kanan.
Selama ini stir lari ke kanan, awalnya saya minta dispooring, tapi setelah dicek mekanik, memang katanya ban depan kanan kurang angin. Nggak jadi deh dispooring, Ya sudah ngikut aja ane... tadi sih waktu jalan pulang, stir sudah lurus lagi, nggak tau kalo bener2 dites di tempat sepi. Oya FYI biaya spooring di beres Honda Lampung Raya Rp. 260.000,- (muahal yah? )
UPDATE: Stir masih lari ke kanan
2. Dashboard di depan driver getar, karena hari sabtu jam kerja mekanik cuma sampai jam 12, dashboard nggak dibongkar untuk cari sumber getar, dashboard cuma ditekan n dirapatkan. Waktu pulang sih nggak getar lagi, nanti dicoba di jalan yg kasar. Ada panel / trim di dekat jok belakang yang longgar juga. Tapi karena jika mau dirapatkan harus bongkar list karet pintu, dan takutnya karetnya rusak. Jadi dibiarkan saja.
UPDATE: Dasboard Masih Getar
3. Ganti oli, filter oli, dan washer.
Saya ganti Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20, memang setelah servis ini tarikan enteng, mungkin pengaruh olinya yang encer, atau juga karena air filter sudah dibersihkan.
Selain ganti oli, filter oli juga saya ganti karena memang IMHO harganya nggak terlalu mahal, oya washer juga diganti, karena pasti waktu proses buka, washer ini akan rusak, makanya diganti.
Penggantian oli dengan filternya memerlukan 3,2 L oli, sedangkan belinya 4 liter oli, nah logikanya sisanya kan 0,8 L tuh, tapi kenapa sisa oli yang dibawakan pulang cuma 0,125 L alias 125 mL yah? khawatirnya yang diisikan ke mesin 4 - 0,125 = 3.875 L bisa Brio saya
Ada yang bisa jelaskan? mungkin @hondalampung bisa jelaskan juga?hehehe
UPDATE: Oli melewati batas di dipstick
4. Rotasi Ban
Awalnya saya minta kelima ban (termasuk cadangan) di rotasi, tapi... sepertinya SA nya keberatan, dengan penjelasan yang saya sendiri nggak donk, akhirnya rotasi hanya ban belakang dipindah ke ban depan. Nggak sama seperti yang dijelaskan di manual book kita.
UPDATE: Ban depan lebih kempes dari sebelumnya, stir jadi berat
Oya, rincian biaya:
Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20 = 480.000,-
Catridge filter oli = 36.000 - disc 5% = 34.200,-
Washer drain 14mm = 8.000 - disc 5% = 7.600,-
total = 521.800 + PPN 10% = Rp. 573.980
UPDATED:
Selain servis yang tertera di buku servis, ada beberapa keluhan dan permintaan di Brio saya, berikut report pengalaman servis 10.000 Honda Brio kesayangan.
1. Stir lari ke kanan.
Selama ini stir lari ke kanan, awalnya saya minta dispooring, tapi setelah dicek mekanik, memang katanya ban depan kanan kurang angin. Nggak jadi deh dispooring, Ya sudah ngikut aja ane... tadi sih waktu jalan pulang, stir sudah lurus lagi, nggak tau kalo bener2 dites di tempat sepi. Oya FYI biaya spooring di beres Honda Lampung Raya Rp. 260.000,- (muahal yah? )
UPDATE: Stir masih lari ke kanan
2. Dashboard di depan driver getar, karena hari sabtu jam kerja mekanik cuma sampai jam 12, dashboard nggak dibongkar untuk cari sumber getar, dashboard cuma ditekan n dirapatkan. Waktu pulang sih nggak getar lagi, nanti dicoba di jalan yg kasar. Ada panel / trim di dekat jok belakang yang longgar juga. Tapi karena jika mau dirapatkan harus bongkar list karet pintu, dan takutnya karetnya rusak. Jadi dibiarkan saja.
UPDATE: Dasboard Masih Getar
3. Ganti oli, filter oli, dan washer.
Saya ganti Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20, memang setelah servis ini tarikan enteng, mungkin pengaruh olinya yang encer, atau juga karena air filter sudah dibersihkan.
Selain ganti oli, filter oli juga saya ganti karena memang IMHO harganya nggak terlalu mahal, oya washer juga diganti, karena pasti waktu proses buka, washer ini akan rusak, makanya diganti.
Penggantian oli dengan filternya memerlukan 3,2 L oli, sedangkan belinya 4 liter oli, nah logikanya sisanya kan 0,8 L tuh, tapi kenapa sisa oli yang dibawakan pulang cuma 0,125 L alias 125 mL yah? khawatirnya yang diisikan ke mesin 4 - 0,125 = 3.875 L bisa Brio saya
Ada yang bisa jelaskan? mungkin @hondalampung bisa jelaskan juga?hehehe
UPDATE: Oli melewati batas di dipstick
4. Rotasi Ban
Awalnya saya minta kelima ban (termasuk cadangan) di rotasi, tapi... sepertinya SA nya keberatan, dengan penjelasan yang saya sendiri nggak donk, akhirnya rotasi hanya ban belakang dipindah ke ban depan. Nggak sama seperti yang dijelaskan di manual book kita.
UPDATE: Ban depan lebih kempes dari sebelumnya, stir jadi berat
Oya, rincian biaya:
Honda Automobile Oil E Pro Gold SAE 0W - 20 = 480.000,-
Catridge filter oli = 36.000 - disc 5% = 34.200,-
Washer drain 14mm = 8.000 - disc 5% = 7.600,-
total = 521.800 + PPN 10% = Rp. 573.980
HBC Store | Tutorial Forum | Donasi HBC | Sticker HBC | BBM 54151451
03-01-2014, 06:59 AM (This post was last modified: 08-14-2014, 09:28 AM by Zikri Irfandi.)