aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Baut ban patah :-(

#1

Om om sekalian, ane lagi sedih gara2, pas ganti ban dan kencengin mur-bautnya, tiba2 terdengar suara "klak" terus mur diputar jd ringan. Ternyata baut yg nempel sama plat dudukan ban, patah!?!!! Patahannya tinggal di dalem mur. Kalo murnya bisa dibeli lagi, tapi baut ulir yg nempel sama plat baja... Pusing tujuh keliling. Koq bisa patah juga, padahal tenaga saya normal :-(
Mohon bimbingan.
Find
#2
Produk cacat mungkin om. Namanya mass production. Ke bengkel aja tinggal ganti baut kok. Itu bisa diganti bautnya aja kok om.
Find
#3
Bautnya kan jadi satu sama si plat baja, tempat dudukan ban om. Apa di las gitu?
Find
#4
(07-27-2014, 04:43 PM)Danny Gamadhi Wrote: Bautnya kan jadi satu sama si plat baja, tempat dudukan ban om. Apa di las gitu?
Biasanya dibor dulu sisa baut yg tinggal, nah setelah itu bisa diputar untuk dibuka. Itu baut asli?
Website Find
#5
Baut asli om.    
Ini gambar saya ambil dr google. Beginilah kira2 keadaan saya.
Saya baca ada blog yg kasih jalan keluar. Apakah tips ini bisa dipercaya:?
Pernahkah anda mengalami baut roda putus karena anda terlalu keras mengencangkannya saat ganti ban? Jangan panik…apabila jumlah baut tiap roda anda 4 baut atau lebih, maka jika terjadi putus 1 buat anda masih bisa melanjutkan perjalanan guna mencari bengkel atau toko onderdil.
Baut roda terbuat dari baja alloy yang memiliki titik leleh cukup tinggi (baja mutu tinggi), namun apabila terlalu sering di kendor-kencangkan dan akibat beban yang bekerja sekian lama maka mutu baja akan bisa turun atau bentuk baut roda sudah tidak lurus lagi alis bengkok. Lama kelamaan baut juga bisa putus atau patah. Untuk itu sebaiknya anda selalu sediakan baut dan mur cadangan di mobil untuk mengganti bila sewaktu-waktu mengalami patah baut roda.

Cara penggantian baut roda cukup mudah,anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1.Siapkan alat-alat : Palu ketok, Kunci roda dan baut roda pengganti

2.Kendorkan ban yang akan diganti bautnya.

3.Dongkrak dan kemudian lepaskan ban dari dudukannya.

4.Pukul dengan palu pada baut yang patah perlahan dengan ketukan rata sampai baut keluar dari dudukan plat.

5.Pasang baut baru pada lubang dudukannya dan pasang mur pada baut tersebut, kencangkan perlahan sampai baut terpasang sempurna dan kencang.

6.Lepaskan mur dan pasang kembali roda ban seperti semula.
Find
#6
Blm pernah kejadian om...izin nyimak dl...siapa tau ada yg lebih paham kasih saran..hehe
Find
#7
(07-27-2014, 04:43 PM)Danny Gamadhi Wrote: Bautnya kan jadi satu sama si plat baja, tempat dudukan ban om. Apa di las gitu?
Engga om itu cuma ditempel dari belakang. Dicopotnya dari belakangnya plat baja itu bisa kok diganti om
Find
#8
ooh bisa diganti ya om? kalo udah diganti di share dimari ya om @Danny Gamadhi Senyum.PNG
Website Find
#9
Ooooo gichu ya om. Wah makasih banyak. Jd lega... Nanti pas proses ane foto2 dan update y. Pulkam dulu! Cya
Find
#10
itu baut bs diganti 1 doang, bawa ke bengkel biar lebih mudah, paling cm setengah jam prosesnya...
aneh juga kl sebelumnya ga ada apa2 tiba2 patah, krn process hardening baut ngga main2, kecuali pernah mengalami benturan cukup keras, atau menggunakan velg after market yg lubang tengahnya ngga ngplak di as roda atau ga dibuatkan center ring....
BrioKustik |
Clarion | DLS | LM Audio | Stinger | RAMM | Automat | Jacaranda | STP
Mundu Tiga Audio | RawaManGun |
Find




Users browsing this thread: 1 Guest(s)