aksesoris-brio

Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Ask (Idling Mesin)

#1

Met pagi, om...numpang nanya lagi nich. Brio q nich kok pas pertama kali mesin dinyalakan posisi rpm'y bisa lbh dari 1000 rpm tetapi setelah mesin panas turun rpm 'y berkisar 800-900 rpm. Kemudian pas dibawa jalan terus berhenti rpm'y jadi ngga stabil, naik turun tapi ngga pernah lbh dari 1000 rpm....kenapa itu ya, mohon pencerahan'y dari om2 semua.....matur suwun
#2
Yang nggak normal itu adalah setelah berhenti rpm jadi nggak stabil, apakah om pasang semacam alat Air Induction di selang vakum?
Website
#3
Menurut ane pada saat pertama kali mesin nyala pada saat mesin dingin..RPM awal akan berputar di RPM 1100-1200 krn ada sistem vakum dgn sistem mirip choke di mesin karburator,gunanya spy mesin kaya oksigen spy segera mencapai suhu kerja..

Nah kemudian setelah mesin jalan dan pada saat berhenti RPM tidak stabil alias naik turun selalu begitu atau hny sekali kali aja yg terjadi
saat sistem AC aktif yaitu saat memutar kompresor utk mendinginkan freon...maka RPM naik ke 1000 dan pas Kompresor mati/lepas maka RPM balik ke 800

Kalo terjadinya demikian...ane rasa normal..

Monggo ditambahkan/direvisi bila salah..
#4
(07-09-2015, 08:22 AM)Zikri Irfandi Wrote: Yang nggak normal itu adalah setelah berhenti rpm jadi nggak stabil, apakah om pasang semacam alat Air Induction di selang vakum?

Mesin masih standar pabrik belum diapa2in...
#5
(07-09-2015, 10:16 PM)Niever Wrote: Menurut ane pada saat pertama kali mesin nyala pada saat mesin dingin..RPM awal akan berputar di RPM 1100-1200 krn ada sistem vakum dgn sistem mirip choke di mesin karburator,gunanya spy mesin kaya oksigen spy segera mencapai suhu kerja..

Nah kemudian setelah mesin jalan dan pada saat berhenti RPM tidak stabil alias naik turun selalu begitu atau hny sekali kali aja yg terjadi
saat sistem AC aktif yaitu saat memutar kompresor utk mendinginkan freon...maka RPM naik ke 1000 dan pas Kompresor mati/lepas maka RPM balik ke 800

Kalo terjadinya demikian...ane rasa normal..

Monggo ditambahkan/direvisi bila salah..

Selalu begitu dan rasanya mesin kayak mau mati...
#6
(07-10-2015, 11:01 AM)Yogawisda Wrote: Selalu begitu dan rasanya mesin kayak mau mati...
Wah kalo selalu begitu hrs segera bawa ke bengkel...Om...bnyk penyebabnya tuh...hehehe
#7
(07-09-2015, 07:54 AM)Yogawisda Wrote: Met pagi, om...numpang nanya lagi nich. Brio q nich kok pas pertama kali mesin dinyalakan posisi rpm'y bisa lbh dari 1000 rpm tetapi setelah mesin panas turun rpm 'y berkisar 800-900 rpm. Kemudian pas dibawa jalan terus berhenti rpm'y jadi ngga stabil, naik turun tapi ngga pernah lbh dari 1000 rpm....kenapa itu ya, mohon pencerahan'y dari om2 semua.....matur suwun

Saya juga baru memperhatikan ini.
Cuma tidak tahu, kalau mesin dingin, RPM tinggi, setelah mesin panas RPM turun.
Pertama kali distarter memang RPMnya tinggi. 
Tidak tunggu sampai RPM turun, saya langsung jalan pakai gigi 1. 
Sewaktu pindah ke gigi 2, lepas kopling, tanpa injak pedal gas jalannya lumayan kenceng (ini yang bikin kaget).
Setelah injek rem, jalannya melambat, RPM mesin turun.
#8
(07-22-2016, 03:30 PM)Jumm Wrote: Saya juga baru memperhatikan ini.
Cuma tidak tahu, kalau mesin dingin, RPM tinggi, setelah mesin panas RPM turun.
Pertama kali distarter memang RPMnya tinggi. 
Tidak tunggu sampai RPM turun, saya langsung jalan pakai gigi 1. 
Sewaktu pindah ke gigi 2, lepas kopling, tanpa injak pedal gas jalannya lumayan kenceng (ini yang bikin kaget).
Setelah injek rem, jalannya melambat, RPM mesin turun.
Wajar kalo rpm tinggi saat mesin dingin (pagi), hal ini supaya mesin lebih cepat panas, n g mati, choke seperti yg disebut di atas
Website
#9
bukannya kalau pagi" emang RPMnya tinggi ya?

kalau saya sih pagi" baru nyala bisa 1000++ begitu mendingin turun jadi 900an, nanti kalo ac nyala bisa seribu lagi.. oh iya thermostat juga pengaruh lho, soalnya begitu kita mentokin suhunya, nanti suara kipasnya makin kuat
#10
(07-09-2015, 07:54 AM)Yogawisda Wrote: Kemudian pas dibawa jalan terus berhenti rpm'y jadi ngga stabil, naik turun tapi ngga pernah lbh dari 1000 rpm.

Bisa dijelasin kondisi2 sewaktu "nggak stabil" ini kah? Soalnya ini berkaitan dengan troubleshootingnya juga.
1. RPM ngga stabil paling tinggi berapa? Dicapai pas fan AC nyala kah? 
2. RPM ngga stabil paling rendah berapa? Dicapai pas fan AC mati kah?
3. Pada RPM ngga stabil paling rendah, terus berusaha jalan tanpa menginjak gas, pernah ngalamin mbrebet atau mesin mau mati atau jalan tapi ndut-ndut'an kah?




Users browsing this thread: 1 Guest(s)