Posts by Cmonsterz

    Mohon petunjuk. Brio saya 2016 A/T, akhir2 ini kalo distater utk hidupin mesin, mengeluarkan suara krreeekkk... hampir seperti suara listrik konslet. Suaranya berasal dari bawah setir, di daerah ignition ke area.

    Anehnya, suara ini datang dan pergi. Kadang muncul kadang aman aja pas starting. Udah pernah bawa ke beres cuman pas diberes, bunyinya itu ga muncul2 ;(jadi si beres ga bisa take action apa2.


    Trus, kalo kita pasang sein, biasanya kan ada bunyi tik tik tik yang mengikuti tanda sein sedang aktif, nah ini juga sering kumat. kadang bunyinya hilang, hanya indikator sein yg nyala.

    Apa ada hubungannya ya?


    Trus apakah kalau ada kerusakan dibagian ignition ini, masih garansi?


    mohon pencerahannya. terima kasih.

    Libur panjang kemarin, saya kebagian jadi penunggu ibukota. Di saat semua orang mudik dan berwisata, saya cuman ngoprekin mobil...;(


    Waktu beli, ama salesnya dikasi bonus sensor parkir. Saya sebenernya kurang tertarik karena ga gitu berguna, better pasangin kamera 8o. Trus, bumper jadi jelek karena berlubang. Selain itu, saya khawatir dengan pemasangannya. Dari mana akan diambil source power-nya, pemasangan kabelnya rapi atau ngga (takut konslet) karena kan ini bukan standar pabrik.


    Balik lagi pas liburan kemarin, saya bersih2in itu mobil. Saya bersihin exterior dan interior. Pas bersihin bagasi, saya lipat kursi belakang, nampak genangan air di pojok kanan. Nah saya bingung, kok bocor? Kemudian saya perhatikan tutup tripleks agak sedikit peyot dan nampak basah karena air. Saya pikir berarti ini bukan baru sehari dua hari karena jejak air di triplek itu nampak bukan baru. So saya coba bongkar untuk cari tahu dari mana air bisa masuk. Rupanya air nya masuk dari lubang dimana kabel sensor parkir masuk.

    Lubang ini seharusnya kedap air. Ada seal karetnya. tapi berhubung ada wire non standar yaitu si kabel sensor parkir, jadi ga bisa ditutup. terbukti kekhawatiran saya kalau pasang sensor parkir akan masalah. Tukang yang ngerjain asal2an. ||. Miris juga liat alatnya. dipasang ala kadarnya.

    Buat temen2 yang pasang sensor parkir coba di cek kembali. Bagian kanan atau kiri. Bagi yang ga ada masuk air atau tidak ditemukan jejak air, mungkin wiringnya bener.

    Waktu itu saya mau benerin alur wiringnya. Cuman ga berhasil . Susah lho, bongkar bempernya ?(. Akhirnya itu sensor ga saya nyalain. Kabelnya saya gulung taruh di dalam bemper. Seal karet saya tutup kembali. Dan tidak ada air yang masuk lagi.