punya saya posisi terlipat / terbuka baik-baik aja tuh. kalaupun ada masalah paling cuma pas buka tutup timingnya nggak persis barengan, yang kanan ngelipat duluan, jeda kira-kira 0.1 detik baru yang kiri ngelipat.
Posts by Bondan Tangguh
Silahkan simak tutorial singkat untuk mengenal new hondabrio.org.
-
-
setau saya Shell Super itu angka oktannya 92, V Power 95. kalau Pertamax Turbo malah 98. yang setara dengan V Power mungkin Pertamax Plus. penggunaan BBM di kendaraan kita sebaiknya mengikuti anjuran angka oktan yang direkomendasikan oleh pabrik. Pertamax Turbo bagusnya untuk mesin yang menggunakan turbo, alias sudah tidak N/A (normally aspirated), kalo gak salah ada hubungannya sama kompresi udara yang dibuang setelah pembakaran dan masuk ke chamber turbonya, mungkin yang pernah pasang turbo bisa menjelaskan lebih detail soal ini. atau mungkin cari penjelasannya di youtube. saya juga nggak terlalu ngerti-ngerti amat, cuma tau basicnya aja. :p
-
ternyata bulan lalu sudah pernah ada yang posting video udara (drone cam) tol Brebes - Pemalang di youtube. silahkan dicek linknya untuk menonton :
Penampakan Jalan Tol Brebes Pemalang dari Udara untuk Mudik 2017
(cuplikan gambar dari video, diambil tanggal 30 mei)
-
bwahahahahahaha crossover macam Outlander & Rush aja bisa terperosok dan terguling, kasta LCGC mending tau diri aja mundur teratur menuju exit terdekat..
untung saya gak mudik tahun ini. nunggu tolnya jadi dulu aja deh. :p
-
saya juga pengen pasang mata kucing buat di bemper belakang, cuma belum nemu yang cocok. soalnya pantatnya Brio memang.. yaa gitu deh. agak sepi dan kurang menggugah selera.
bemper depan sih.. masa kini. tapi bemper belakang.. masa gitu?
-
memang Brio RS suspensinya agak sedikit keras bro, karena diracik dari sananya supaya lebih kaku agar body roll sedikit berkurang ketika menikung dengan kecepatan tinggi. soal ban juga demikian, karena Brio RS profil bannya lebih tipis, untuk mengakomodir ukuran velg yang juga lebih besar 1 inci dibandingkan dengan Brio Satya, makanya secara umum memang terasa agak kurang empuk. ya maklum juga sih suspensi belakangnya torsion beam. kalau mau empuk puk puk ya pake multilink / suspensi independen.
on the bright side, kalau dibawa ngebut di jalan tol atau jalan aspal yang bagus justru terasa lebih mantap. feedback setir jadi terasa lebih tajam karena bisa bermanuver lincah tapi nggak terlalu limbung. tapi semua itu perbandingannya harus dengan Brio Satya atau Brio lama ya, jangan dibandingkan dengan mobil lain, hehehe..
ada baiknya juga tekanan ban disesuaikan dengan rute berkendara sehari-hari. memeriksa tekanan angin secara berkala mengikuti anjuran pabrikan juga bisa membantu membuat ban jadi terasa normal. kalau tekanan ban diatas normal memang berasa agak keras, tapi effort memutar setir jadi ringan. kalau tekanan ban dibawah normal berasa agak empuk, tapi effort memutar setir sedikit berat. saya nggak tahu apakah kalau diisi dengan nitrogen bisa pengaruh jadi lebih empuk/ringan, tapi kalau lebih dingin sih iya, katanya..
-
copas info dari rekan yang sudah jalan mudik duluan :
QuoteLive report tol baru Brexit - Gringsing
Kemarin kalo rame ngga niat masuk sini, berhubung sepi jadi nyoba masuk juga.
1. Udah dibuka jam 2 siang Senin (19/06) kemaren.
2. Jalur dua arah dipake ke arah Semarang (eastbound) semua.
3. Jalannya bergelombang hampir sepanjang jalan.
4. Banyak jalan yg naik turun karena di bawah dipake jalan setapak / jalan air, atasnya dipake tol.
5. Jembatan masih emergency.
6. Rest area masih emergency semua masih pake tenda.
7. Toilet masih portable semua.
8. Dan debunya minta ampun, beterbangan ngga karu-karuan, berasa ikut reli Paris Dakar.
9. Semua rambu rambu masih emergency.
10. Karena kemarin masuk situ hampir maghrib, jadi ngerasain aura kalo malam kesimpulannya menyeramkan, akhirnya keluar di Pemalang dan ngga lanjut smape Weleri, kasihan mobilnya.
11. Perbandingan dengan Cipali awal pertama kali buka, masih lebih bagus Cipali dulu
12. Pengalaman 18 thn mudik, kalo arus puncak pasti macet kayak brexit kmaren itu, kecepatan maksimal 40 km/jam, lebih dari 40 km/jam sangat tidak disarankan karena kondisi jalan bergelombang.
13. BBM harus full, stock makanan juga harus mencukupi apalagi kalo bawa anak.
14. Kalo mau masuk tol baru, konsentrasi harus fokus 100%, bener-bener harus hati-hati, ngga boleh meleng.
15. Belum ada bahu jalan, jadi kalo mau berhenti di luar rest area sudah pasti harus keluar dari jalan beton, keluar ke samping yg jalannya masih pasir.
Saran aja, buat mobil yg ngga ada AC, jendela harus dibuka, jangan berani-berani masuk tol baru, dijamin langsung bengek kena debunya. Tapi kalo mau ngerasain aura padang pasir ya sok atuh mangga.
kesimpulannya sih sepertinya akan jauh lebih aman kalau pakai SUV, kalo pake LCGC macam brio sih.. naikin ground clearance sama ganti suspensi dulu kali ya.. hahahaha..
-
-
wah pakai amplas nggak ngeri baret tuh? walaupun diusap pelan-pelan tapi kan resikonya tetep ada.. kalau saya sih lebih prefer pakai sikat gigi bekas yang bulu sikatnya soft atau medium. tinggal cairan pembersihnya aja pake yang sesuai dengan kebutuhan.
kalau masih gak bisa bersih juga, bawa ke salon mobil aja minta dipolesin, hahahaha.. atau pakai layanan go auto dari gojek kalau di kotanya tersedia. :p
-
Ebet port USB di HU Brio RS (JVC KW-V11) konektivitasnya memang lumayan terbatas. pilihannya hanya ada :
1. kalau dicolok flash disk, bisa membaca file audio mp3 beserta foldernya.
2. kalau dicolok ke iPod / iPhone, bisa tersambung secara native, artinya HU bisa membaca data, memilih, dan memutar lagu yang ada di dalam iPod/iPhone dari touch screen.
3. untuk iPod / iPhone yang sudah menggunakan koneksi lightning (8 pin) bisa digunakan juga untuk aplikasi pemutar musik third party (contohnya Spotify) tapi tidak bisa tersambung secara native, karena koneksi kabelnya dianggap sebagai dock connector, jadi hanya suaranya saja yang tersalurkan, tidak bisa membaca data ataupun memilih lagu dari touch screen, pengoperasian tetap harus dari layar hp.
sayang sekali sepertinya untuk mobile operating sistem android sampai sekarang belum ada workaroundnya.