Posts by FU.27

    • Klo saya biasanya spooring balancing per 20000KM atau ketika mulai berasa ga enak. Klo stir mulai getar ya tandanya butuh balancing, klo stir berasa lari butuh spooring. lebih baik ke bengkel ban klo mau spooring balancing, selain lebih murah, hasilnya juga lebih baik daripada di beres.

        • Saya ganti speaker pake LM Audio Plutunium sama oom @"FiQi". udah enak, bass dapet vokal juga lumayan biarpun suaranya ga naik. HU masih STD soalnya.

            • Bukannya nilai depan itu untuk kekentalan sewaktu musim dingin (Winter) ya? Sementara itu, nilai belakang untuk kekentalan suhu kerja (cmiiw)
              Jadi untuk suhu kerja antara 20W-30 sama 0W-30 itu sama aja kentalnya. Tinggal nilai APInya yang mempengaruhi kualitas olinya.
              Sama juga perbedaan mobil lama sama mobil baru, ditentukan oleh nilai API, bukan kekentalannya.
              Atau....pemahaman saya selama ini ada yang kurang lurus? Maklum nubi juga di bidang perolian nih. So far, selama biaya servis gratis, selalu di beres soale, jadi terima beres pake olinya honda dah.


              Nah...rencana servis selanjutnya mau ganti oli aja, yang lebih murah gitu. Ada yang punya info kah, untuk Oli SAE 10W-30 API SN (setara oli bawaan yang green), opsinya apa aja ya?


              Kalo yang API-SN kayanya paling murah HAO green. Kalo yang API-SM 5W-30 yang paling murah punya Mitsubishi, kemarin sodara beli kena 65an seliter.


                • Saran ane ikutin menu yang ada di buku servis aja om @"Deigaubhogi Seundhar Einna"
                  Fuel injector cleaner = Rp. 227.273 di 10ribu km mah terlalu cepat, di 40ribu mah oke aja..


                  betul kata om @"Yuniar Adi" , om bisa tolak menu servis yang ga perlu-perlu banget,


                  btw, Grease brake anti squel apaan ya om? tujuaannya apa ya?


                  Itu grease buat piston rem oom.

                    • Enaknya bongkar sendiri oom. sekalian klo mau mantep, kampas remnya kasi alur pake gergaji besi. Sama tromolnya dibersihin juga, soalnya klo saya liat di beres, yg dibersihin kampasnya aja. tromolnya nggak.


                        • Sebenernya sih ga harus selalu berpatokan RPM, klo saya sih ngerasainnya dari suara mesin sama tarikannya. ngepasin feel mesin emang harus banyak latihan. Tapi repotnya suara mesin brio ini senyap banget.


                          Sedikit saran, klo oper gigi, jangan dilepas full gasnya, digantung dikit. biar RPMnya ga drop banget.

                            • Total DC berapa Om di Rotary AC Bintaro ? filter+cover+pasang. walaupun pasang nya gampang tapi di tempat saya di Cikupa Citra raya Tangerang bingung beli di mana filter ini. better beli cover atau pakai existing tinggal lakban ?


                              Abis 165k oom, filter AC ma tutupnya. klo saya sih mending beli tutupnya, gak mahal2 amat juga. lagian rapi kan, ga ribet juga klo nantinya mau ganti/bersihin filternya daripada pake lakban.


                                • Semakin jauh jarak tempuh, itungan efisiensi fuel bs lebih baik.
                                  Pengalaman brio dipake istri ke kntr, yg mana jarak kntr-rumah g lebih dr 5km, avg speed 30-40kph, fc selalu di sekitaran 10-11an km/l.
                                  Tp klo sekali2 saya bawa weekend ke semarang (pp 200an km) dan saya reset trip, fc bisa dapet 17-18an km/l


                                  Klo menurut saya bukan karena jarak tempuh si oom, tapi karena klo dipake jarak jauh dan antar kota itu biasanya putaran mesin lebih konstan, itu yang bikin hemat, klo jarak dekat aja kan biasanya jadi banyak stop-go, makanya lebih boros.

                                    • Update, Senin kemarin sempat PP Pamulang - Cirebon, dengan jarak 580,1KM di trip meter, habis bensin kira2 33 L Average FC di MID 17,6KM/L. Speed rata2 di cipali pas pergi 100-120KPJ, sempat jalan2 di dalam kota Cirebon, speed pas pulang 120-145KPJ.

                                        • Mending di cek di bengkel resmi dulu, takutnya ada yang abnormal di fuel systemnya. Klo di beres kan langsung keliatan tuh karena dia ada alatnya. kemarin pas servis 10000KM aja brio saya ditemukan ada satu warning dari ECU. Kayanya sih masalahnya di fuel pump.