Posts by padiyes123

    selamat pagi agan2 semua, ada yang mau saya tanyakan disini, brio saya tiap saat saya panasin mesin atau baru dipake jalan, pas saat saya baru nyalain ac, kok kayak semacam ada bunyi kecil yang keluar dari bagian kisi kisi ac tengah ya om?, seperti bunyi "sring", bunyi / suaranya cuman sebentar sekitar 1 detik dan setelah itu hilang sendirinya, apakah itu normal?, brio saya ANB th 2019, makasih. 🙏

    Brio E MT 2015 serasa tidak pernah mengalaminya.

    Bisa didetailkan lagi om, suaranya keluar ketika fan AC di speed tertentu saja (paling pelan misalnya), atau semua? Jadi penasaran mau coba memperhatikan nih

    mau tanya donk om. oem ukuran wiper 22-16 klo dipasang 24-16 aman ga om? penjualnya ngirimin poto aman tapi itu waktu tidak dipakai. klo dipakai takutnya mentok... sudah ada yang pakai ukuran 24-16 ?

    Itu di gambarnya sudah ada sumbernya om :)

    Kalau dari reviewnya sih, tidak mentok, cuman memang lebih mepet saja.


    Kalau saya, pengikutnya om Zikri Irfandi , jadi sehabis baca artikel di sini dulu, yang diperbesar wiper sisi kiri (penumpang) dah.

    ternyata itu pembuangan AC

    terima kasih teman teman maaf mengganggu

    Hihihi, kejadian yang sama dengan yang tak alami minggu kemarin. Kaget pas dikasih tahu istri kalau ada air netes dari bawah brio.

    Tapi begitu buka kap dan lihat airnya dari bawah dashboard penumpang depan, langsung santai, ternyata air kondensasi AC (normal kejadian, biasanya ketika udara luar mobil jauh lebih panas dan lembab).


    Kalau carter oli, sepertinya aman om Zik, soalnya sudah dijelaskan sama kak rezaAtr727 kalau yang netes berupa air. Tapi untuk antisipasi, boleh saja dilakukan inspeksi manual ketika service. Letaknya di bagian bawah mesin, digunakan untuk penampungan oli.

    Yang getar itu berarti kurang tahu darimana ya om?

    Cuman dirasa seluruh mobil serasa limbung, kayak kurang angin gitu kah? Kalau iya, bukan kampasnya nih.


    Coba dicek lagi, getarnya itu pas 3000rpm keatas doang ya?

    Klo iya, dan posisi N tidak getar berarti gak bisa dites sendiri di rumah nih.

    Saran sih, cek di tempat dyno, dilihat pas rpm 3000 apakah mesinnya getar parah, kalau iya, gearbox musti dicek nih. Tapi kalau getar normal dan body ikutan getar, fix engine mounting butuh ganti nih.

    Cuman kalau mesin masih anteng, coba balancing+spooring dulu sekalian cek kaki-kaki.

    kalo saya persoalannya kunci pernah dijebol pake kunci T, jadi rusak, apa harus ganti cylinder kuncinya

    Iya dong, kalau kunci pernah dijebol, udah gak kokoh lagi tuh. Musti diganti silindernya biar lebih aman.

    Oya, kalau daerahnya memang kurang aman, saranku jangan diganti kunci yang model pipih, tapi ganti saja yang bulat. Terbukti lebih susah dijebol, kunci T mah, lewatttt.

    keknya semua om di L,2,D3,D .. cuma pas di N aja yang getarnya gak kerasa.. waduh.. kampas kopling metik brapaan dah

    ow...matic ya om, tak kira manual


    Ada gejala macam ini kah? (power berkurang, mobil susah diajak lari, tidak kuat nanjak, speed berkurang sementara rpm naik gk wajar)

    Kalau iya, positif kampas koplingnya tuh.


    Utk biaya, belum tahu om, belum pernah ngalamin. Mari kalau ada yang punya pengalaman bisa share.

    Ini ada kejadian, pas awal2 nyetir sih gak apa2.. dah kelamaan, kalo di gas masuk gigi, geter2 gitu, skitaran rpm 3000 keatas dan 40 kpj keatas

    Tapi kalo pindah ke N lalu di gas gak geter, kira2 kena apanya ya? Dari gearbox kah? Ato engine mounting ya.. rada ngeri pas bawa 100an, kejadiannya di tol, padahal pas turun gunung dr puncak ga ada masalah.

    baru dicoba lagi nyetir, dari mesin awal hidup, kira2 jalan 40-50km, terus geter lagi...

    setiap abis berenti istirahat gitu, normal lagi tuh.. tar jalan lagi kelamaan geter lagi tiap di gas masuk gigi

    RPM3000 lari 40kpj yang getar di semua gigi atau di gigi tinggi (3-4-5) doang om? Curiga kampas koplingnya nih.

    Setelah pemakaian 7 tahun, akhirnya brio ane kena juga masalah HU ini, mau nyoba cara om aja soalnya ane jarang nyalain HU (karena suara bising mesin, roda dan angin di luar sama kerasnya dengan musik, wkwkwk)...
    anyway bisa share ngga SOP nya, sy pengen coba bongkar sendiri. Nuhun

    Ke garis besarnya aja ya om (cek attachment utk melihat gambarannya):
    1. Lepas dashboard yang nutupin head unit, pakai pry tool, kayake posisi setir butuh diturunin pol dah

    2. Lepas baut yang mengunci HU ke rangka dashboard

    3. Tarik keluar HU, lepasin kabelnya (pakai sistem tuas)

    4. Bongkar pelan2 HU, siapin area lapang utk nyusun urutan per-part

    5. Diskonek/cabut kabel fleksi yang menghubungkan motherboard ke CD Player

    6. Rangkai lagi dengan membalik step


    Yang bermasalah cuman CD playernya, HU masih bisa dipake utk hal lain. Semoga sukses ya om