Posts by gijrut


    gijrut yang dilapis antikarat itu pintu bagian dalam ya om? jadi lepas door trim?
    Kap mesin bisa difoto om yang sudah ditreatment pakai antikarat?


    Halo om, iya bagian pintu dalam, jd lepas door trim. Kalau untuk kap mesin jg kayaknya disemprot bagian dalemnya, soalnya ga keliatan abis treatment kalo diliat pas buka, cuma keliatan sedikit di sela2 atau pas ada bolongan2..

    Sedikit tambahan info krn ane beberapa minggu lalu baru aja pasang anti karat. Ane pake TKD, kena 2.387.000. Memang rada mahal tp rasanya worth it.


    Awalnya ane bimbang antara 4 merk antikarat: TKD, Ziebart, Valugard & Ultragard. Setelah browsing & cari informasi selama 1 bulan, ini sedikit penjelasan ttg ke-empatnya:
    - TKD
    Udah ada di Indonesia lama
    Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet).
    Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
    Harga untuk Brio: 2.387.000
    - Ziebart bisa dibilang sama ky TKD
    Udah ada di Indonesia lama
    Jenis anti karatnya masih pake bahan aspal, jadi lebih tebal
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Beberapa bagian dilobangin untuk masukin obatnya (tp nanti ditutup lagi pake karet)
    Interior mobil jadi bau, baru hilang sekitar 2 minggu
    Harga untuk Brio: 2.400.000
    - Valugard bisa dibilang baru di Indo (ga selama 2 merk di atas)
    Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Ga pake ngelobangin mobil
    Interior mobil juga berbau, walaupun ga sebau 2 merk di atas
    Harga untuk Brio: 1.980.000
    - Ultragard mirip2 valugard
    Bahannya pake wax based compound yang disemprot pake sistem atomized system (tapi ini water based, teknologi ramah lingkungan)
    Yang disemprot: kolong, pintu2, kap mesin
    Ga pake ngelobangin mobil
    Karena water based, interior jd ga bau
    *Kl ga salah Ultragard rekanan sama Daihatsu
    Harga untuk Brio: 1.540.000


    Akhirnya ane pilih TKD karena memang workshopnya ga gitu jauh dr rumah ane & berasanya lebih tebal & manteb krn bahannya aspal.
    Jadi knp ane pasang anti karat? Krn di brio ane berasa bgt anti karat bawaan tipis, beberapa kali dicuci bagian bawah & digosok pake tangan malah ada yg rontok. Ditambah beberapa baut underbody panel ada yg berkarat walaupun baru keliatan sedikit.
    Sempet tanya2 jg ke bengkel body kit, bengkel asuransi, detailer, katanya anti karat bawaan pabrik memang tipis & sebenernya fungsi utamanya cuma buat ngelindungin mobil "sementara", entah itu ngelindugin pas shipping kendaraan ke kota2 tujuan atau ngelindungin pas kendaraan nongkrong di pabrik/showroom.


    Karat sendiri memang kadang ga akan langsung keliatan, walaupun mobil udah jalan tahunan/puluhan tahun, karena biasanya beberapa muncul di bawah lapisan cat/sela-sela kendaraan. Itu kenapa kadang kita liat di bawah cat ada gelembung2 atau ada titik2 karat. Karat jg ga hanya muncul di kawasan pesisir, kualitas air yang jelek (buat cuci mobil) jg bisa jd pemicu, begitu jg air hujan krn mengandung asam.


    Kalo kemaren ane di TKD, awalnya akan ada proses penyemprotan untuk "mematikan" biang karat dulu (terutama untuk mobil2 lama), baru abis itu disemprot pake anti karatnya. Bahannya kalo udah kering kayak karet, ga yang bener2 keras kaya batu.


    Ya sebenernya soal anti karat ini balik lg ke pribadi masing2 sih, mau pasang/nggak.. Ane cuma sekedar berbagi info aja, maaf kalo kepanjangan & CMIIW.. :p

    Halo om, kebetulan ane jg pake brio 2016. Ane udah coba kutak katik ga bisa, mungkin di lock sm Honda, krn di awal udah ada tulisan 'Enjoy Honda'.
    Di manual jg cuma bisa terang redupin cahayanya aja. Jd sepertinya ada menu yg diilangin sm Honda.
    Mungkin yg paham audio bs bantu nge-"crack"nya? :D

    Bkn kutek kuku om.. touch up kalo gak salah org2 bilangnya.


    Oh baru tau sy ada yg ky gitu :p
    Menggumpal mungkin karena konsistensi catnya yg terlalu kental? Tp biasanya sih kalo ngecat pake kuas gitu memang rata2 ga rapih sis.. CMIIW (Berdasarkan pengalaman bantu ngecat2 tugas ponakan.. Hehe) :weeekkk: 
    Apa ga mending dibawa ke bengkel cat/asuransi (kalo punya)? Kemungkinan kena sekitar 200k-300k per panelnya kl ga salah..


    Sore... member baru ni, mau tanya n butuh bantuan dr member lainnya ?
    si brio gak tau knp (gak brasa nyenggol atau disenggol sih..) catnya terlupas sampai keliatan dasar hitamnya. Trus aq beli cat kutekny di toped, warna persis. Nah pas diaplikasikan utk nutupin hitamnya itu, catnya jd menggumpal.
    Hrs diapain ya agan2 sekalian?
    Thankyou so much for the info...


    Cat kutek maksudnya kutek buat kuku kah? Bs difoto sis?


    Sayangnya sensor parkir belon ada, jadi masang sendiri.
    Kalau masalah irit, selama ngepas di mode "ECO", nie bio irit bener. Saya pakai dari Jogja - Surabaya, jalan ga lebih dari 100 kph, habis pertamax +- 100 rebu. Saya cek dari level garis di meteran bhn bakar awal sebelum isi. Saya isi trs saya pakai sampai turun ke level awal isi.
    Cuma jgn ditanya kalau buat lari diatas 120 kpj....nie bio boros beuddd ??


    Ane sendiri belom pernah ngepas di mode ECO om, kayaknya ntar harus setting ulang di beres pas 1000km.. Range ECO di brio ane pendek bgt..


    @"Zikri Irfandi" relay dan fuse nya diposisikan antara klakson dan accu. rapi, hampir tersembunyikan. yang pasang montir honda.


    @"gijrut" sengaja di sisi kiri om. emang niat ngincer angkot yang ngetem sembarangan. begitu brio mau lewati angkot tsb, saya atur posisi klakson / bemper kiri depan sejajar dengan posisi sopir angkot lalu saya bejeg dah tuh klakson. hahaha..langsung tuh sopir kaget (bahasa jermannya: ngajret. hehehe...)
    saya di bekasi, empet banget dah ama angkot yang seenak jidat ngetem di tengah jalan.


    :gosong:


    Di Jkt jg sama om, angkot yg ngetem sembarangan & motor yang seenaknya seliweran.. Ditambah sekarang truk/mobil gede banyak jalan di kanan, kalo diklakson pake klakson OEM pada ga berasa.. :onfire:


    Untukfuse itu nambah sendiri ya Om?