Posts by Yonas Kristian

    HBC Tangerang proudly present :



    "FAMILY GATHERING"


    not just community, we're family.



    Jadwal :
    26-27 November 2016


    Lokasi :
    Saung Dolken Resort, Bogor


    Fee :
    300 ribu / orang dewasa
    50 ribu / anak > 5 tahun
    Free balita


    Fasilitas :
    Villa 3 lantai 2 kamar
    Makan 2 kali
    Kolam renang
    BBQ malam
    Games menarik


    Contact Person :
    Timbul (0898-6512-355)



    Acara terbuka buat semua member HBC se-Indonesia..


    Salam briotherhood!!!


    :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao: :miao:

    Saya mau coba share apa aja sih langkah2 umum dalam men-detail mobil.

    Listnya:
    1. wash
    2. clay
    3. polish
    4. wax


    4 langkah di atas adalah yang paling umum dilakukan. tergantung kondisi mobilnya, 4 langkah tersebut udah bikin mobil kita stand out dan terawat dibanding mobil lain.


    1. Wash
    Mencuci banyak cara. Kalo saya selalu mulai dari bagian yang paling kotor. Velg, ban dan wheel arches adalah yang bersentuhan langsung dengan jalan ---> paling kotor.


    peralatan:
    a. wheel cleaner atau all purpose cleaner
    b. sikat (gigi, sepatu, dll)
    c. sponge
    d. kuas



    Click here to view the original image.


    setelah velg, ban dan wheel arches bersih, baru mulai cuci body. Cuci body juga mulai dari atas lalu ke bawah supaya washmitt/sponge yang dipakai gak kotor duluan kena bagian bawah. Boleh mulai dengan bilas mobil supaya debu2 rontok, lalu foam dulu dan diikuti dengan cuci pake washmitt dan dua ember. two buckets method ini tujuannya supaya washmitt yang kotor dibilas di ember air bersih lalu masukin ke air sabun. tujuannya supaya ga bawa2 kotoran yang bisa nimbulin baret.


    Peralatan:
    a. sabun mobil
    b. 2 ember
    c. selang air
    d. air bersih
    e. washmitt/sponge
    f. chamois/microfiber/waffleweave drying towel
    g. blower



    Click here to view the original image.


    Bilas dan keringkan deh! Cara pengeringan juga gausah kayak keringin panci, santai aja pelan2 dan no pressure supaya ga timbul baret2 halus. Lanjut step 2!


    2. Clay
    tujuan clay apa sih? clay itu untuk angkat kotoran yang nempel di permukaan yang ga terangkat pas cuci pake sabun. Apa aja yang clay bisa angkat? paint overspray, kotoran burung, tar, aspal, semen kering, paint transfer, brake dust, kerak air, dll. caranya gimana? basahin bagian mobil yang mau dikerjakan dengan air/air sabun. bisa juga pake quick detailer/clay lubricant. tergantung budget aja. lalu start claying lah people. pelan2 jangan pake pressure, biarin claynya glide angkat kotorannya. setelah proses dekontaminasi selesai, raba permukaan. kalo udah halus berarti clayingnya udah bener. keringkan permukaan dengan microfiber towel. Claying umumnya 3-6 bulan sekali. Tergantung pemakaian mobilnya seberapa hardcore :p


    Peralatan:
    a. claybar/claytowel
    b. quick detailer/air sabun/clay lubricant
    c. microfiber towel



    3. Polish
    setelah catnya bebas kotoran, saatnya polish untuk menghilangkan swirlmarks, scratches, oksidasi dan mengembalikan gloss. Polish bisa pake tangan atau mesin. umumnya pake tangan capek banget, jadi untuk pemula/hobbyist boleh beli mesin DA. mesin DA bener2 aman untuk pemula. easy to learn, use and affordable. Caranya gimana: pake tangan ---> pake hand buffing pad, kasi 3-4 tetes obat polish lalu mulai gosok2 permukaan sampe swirlsnya hilang/berkurang, lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. pake DA ---> boleh tanya master2 disini. biasanya pake polishing pad lalu speed 4-5, doing 2-3 section pass lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. jangan lupa untuk cek pake lampu LED apa swirlsnya sudah hilang/berkurang! penting nih. Polish direkomendasi 2x per tahun (maximal 3x). Karena polish akan mengikis clear coat. kalo keseringan polish, akan bikin botak.


    Peralatan:
    a. polish
    b. hand buffing pad
    c. DA machine + polishing pad
    d. microfiber towel



    Click here to view the original image.

    Click here to view the original image.


    4. Wax/Sealant
    ini nih yang paling disukai sama semua orang. waxing! tujuannya adalah memberikan lapisan tipis pada mobil supaya terlindung dari debu, air, kotoran, dll. selain itu beda wax akan memberikan finishing look yang beda pada tiap mobil. faktornya banyak banget! warna cat, karakter wax, curing time, dll dll. caranya: pake applicator pad, lalu tuang 2-3 tetes wax/sealant (kalo liquid) lalu mulai apply di permukaan secara merata. caranya mau muter2, bolak balik, selang-seling ga masalah asal ga diteken supaya ga timbul swirls. setelah itu tunggu/langsung hapus (tergantung instruksi dari masing2 wax/sealant) pake microfiber towel. Hasil wax/sealant itu biasanya antara wet look, deep look, glassy atau warm. Tergantung karakter catnya lagi (solid, metallic, xyrallic atau pearlescent). Sealant itu biasanya punya durability lebih tinggi daripada wax karena sifatnya yang all chemical. kalo wax itu mengandung bahan organik, seperti carnauba. Bayangin kehantem polusi, macet, ujan, dll. Penting banget utk wax mobil kita!


    Peralatan:
    a. wax/sealant
    b. applicator pad
    c. DA machine (optional)
    d. microfiber towel




    Click here to view the original image.


    Additional steps:
    5. Tyre dressin/semir ban.
    tujuannya adalah mencegah ban dari browning effect/men'coklat'. sekaligus bikin image mobil keliatan bersih dan terawat.


    Peralatan:
    a. tyre dressing
    b. applicator pad




    Click here to view the original image.


    Selesai deh 4 tahap detailing untuk pemula/hobbyist. Kalo udah begini, tinggal maintenance aja habis cuci pake spray wax atau quick detailer. it is called maintaining the finish


    Remember, paint is like human's skin. It deserves the softest and best treatment possible. The more you care for and put layers of protection on it, the easier to maintain and the better it will look through time.


    Happy Detailing!

    Pada Umumnya dingin ideal ac mobil itu seharusnya antara 5-8 Drjt C jika di ukur dgn termometer di kisi2.


    Jika ac mobil terasa kurang dingin / tidak dingin maka ada sesuatu masalah.
    faktor dibawah ini yang harus di perhatikan :

    1. Freon kurang/habis
    Freon kurang terjadi karena kebocoran di salah 1 system ac, karena freon itu cara kerjanya hanya bersirkulasi,
    jika tdk ada kebocoran maka freon itu tidak akan pernah bisa kurang / habis.


    2. Kondensor dan Radiator kotor
    Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak maksimal.

    3. Motor Fan Lemah, Mati atau meleleh.
    Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik.


    4. magnetic clutch Mati / Terbakar.
    Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin.


    5. Tekanan Freon Over heat.
    Tekanan pada system ac berlebihan akan menyebabkan Condensor jadi over heat sehingga membuat Kompresor jadi kepanasan secara otomatis kinerja ac akan menurun.


    6. Kelebihan oli kompressor
    System Ac memiliki volume yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil dgn kondisi oli kepenuhan lalu kita isi freon dengan full akan membuat sistem ac menjadi over heat.

    7. Kompressor Aus / Jebol
    Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal, jika kompressor Ac aus maka sigh glass terlihat hitam, Dryer atau expansi valve akan tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.


    8. Thermistor / Termostart Bermasalah.
    Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian di teruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.

    9. Evaporator Kotor
    Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.


    10. Saluran Air Box Evap Tersumbat
    Dengan tersumbatnya saluran buang air kondensasi, Box evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil.
    Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari blower terhambat.

    Click here to view the original image.



    Jika salah satu poin diatas terjadi pada system AC mobil, akibatnya akan membuat ac mobil tidak dingin atau ac mobil kurang dingin.



    Sumber : AUTO ROTARY BINTARO


    Senior2 sekalian yg domisili di tangerang kapan nih kumpul2, brio ane sore ini dateng, gak sabar pengen segera ikutan kumpul2, sama mo nanya soal modif dikit2, hehehehhe,.... ane tinggal di bintaro sektor 9, tks


    Monggo merapat jumat malam.....


    #HBC015