Posts by erwanto18


    detil banget om erwanto caranya, capek duluan saya sebelum nyoba :hahaha:
    pantes waktu itu nanya nyuci mobil sendiri g :D


    itu alat yg di video keren juga, ada yg jual di indonesia?
    kayaknya mahal ya itu, ukurannya aja gede banget


    ha..ha bisa aja om taruma....iya waktu itu nanya sapa tau mau kukirimin cara cucinya.Tapi itu semua hanya meminimalkan swrill karena kita gak bisa menjamin 100% swrill bakal tidak muncul.tapi paling gak kita sudah mencuci dengan benar...kalo dilihat dijalan kinclong juga seneng om....:senyum:

    Bagaimana Cara Mencuci Mobil Dengan Benar Tanpa Merusak Cat Mobil Anda?
    HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN


    1. Apapun cairan yang anda gunakan pada bagian – bagian mobil anda (air, shampoo, all purpose cleaner, dan lain-lain) JANGAN PERNAH BIARKAN CAIRAN TERSEBUT MENGERING DI PERMUKAAN MOBIL. Hal ini adalah faktor utama yang menyebabkan bercak-bercak air atau “water spot” pada cat mobil.


    2. JANGAN PERNAH MENCUCI DIBAWAH PANAS MATAHARI LANGSUNG ATAU SAAT PANEL BODY MOBIL DALAM KEADAAN PANAS. Seperti hal nya material-material lain, cat mobil juga akan menjadi lebih lembek saat suhunya panas. Keadaan yang lebih lembek ini akan meningkatkan kemungkinan timbulnya swirlmarks dan baret-baret juga beresiko membuat cairan di permukaan mobil mengering degan cepat, yang akan mengakibatkan water spots / water ecthing / bekas air.


    3. 2 Bucket Wash (2BM) adalah satu-satunya cara yang paling efektif untuk meminimalisasi kerusakan yang timbul akibat pencucian mobil. Dimanapun dan siapapun yang mencuci mobil anda, kalau anda tidak pakai metode yang akan dijelaskan di bawah, proses pencucian mobil yang anda lakukan PASTI menyebabkan kerusakan pada cat mobil anda.
    Pencucian yang tidak benar adalah sumber utama akumulasi swirl marks pada cat mobil. Swirl marks yang tampak seperti baret-baret halus adalah sekumpulan kerusakan yang berupa goresan pada lapisan paling atas dari permukaan cat. Kerusakan seperti ini terbentuk saat kotoran dan benda asing terseret diatas permukaan cat. Tingkat keparahan , kedalaman dan laju pertumbuhan akumulasi kerusakan ini tergantung dari karakteristik benda asing yang bergesekan dengan permukaan cat, seberapa kuat gaya yang menekan benda tersebut kebawah saat benda tersebut digesekkan diatas permukaan cat dan kualitas cat (keras atau lembek). Adapun “Benda” yang dimaksud adalah bermacam-macam kontaminasi yang kontak dengan permukaan cat, mulai dari partikel debu halus, lumpur, pecahan batu kerikil, sebuk beton, dan seterusnya. Pada dasarnya seluruh benda yang bersentuhan dengan permukaan cat berpotensi menggores cat apabila terseret/bergesekan dengan permukaan cat, hal ini termasuk juga serat pada lap dan foam yang anda gunakan untuk mengelap atau mengeringkan mobil anda.


    Konsep dasar proses pencucian mobil yang aman adalah meminimalisir kemungkinan adanya kontaminasi, kotoran, dan partikel asing tergesek ke atas permukaan cat. Dengan kata lain , memastikan tidak ada benda kasar yang tergesek ke permukaan cat.
    Bagaimana melakukannya? Silahkan ikuti panduan ini.
    Dalam panduan ini kita akan mempelajari tahapan dan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan pencucian mobil tanpa merusak cat mobil itu sendiri. Sekali lagi ditekankan bahwa, segala bentuk pencucian yang tidak mengikuti kaidah-kaidah safe wash seperti yang termuat dalam panduan ini AKAN MENINGGALKAN KERUSAKAN PADA CAT MOBIL ANDA, yang seiring dengan berjalannya waktu akan berakumulasi dan merusak penampilan mobil anda.
    Alat-Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
    1. Setidaknya 2 (disarankan 3) buah ember , ukuran 5 galon seperti yang dapat dibeli di toko-toko seperti Ace hardware 2. Setidaknya 2 buah grit guard (optional) untuk menjaga agar partikel kotoran tetap berada didasar ember dan tidak kembali naik ke wash media kita.



    2. Untuk pengeringan tahap pertama : setidaknya 1 (atau lebih tergantung ukuran mobil yang anda cuci, lebih banyak lebih aman) high quality waffle weave microfiber towel. jangan gunakan sembarang lap untuk mengeringkan mobil , terutama hindari penggunaan segala jenis Chamois atau Kanebo.
    Contoh Waffle Weave Microfiber Drying Towel


    3.Untuk pengeringan lanjutan: setidaknya 1 (atau lebih tergantung ukuran mobil yang anda cuci, lebih banyak lebih aman) high quality plush microfibre towels.
    Contoh Plush Microfiber Towel yang layak dipakai


    4.Shampoo mobil berkualitas yang lembut terhadap cat dan pH balanced.
    Contoh Car Soap yang pH balance dan aman untuk wax/sealant.


    5.Sebagai wash media gunakan high quality wash mitt, bisa yang berbentuk microfiber chenille washmitt atau sheepskin washmitt. Jangan pernah gunakan foam murah yang bisa dibeli di supermarket



    Contoh Microfiber Chennile Washmitt


    6. EZ Detail Brushes dan wheel woolies (optional) untuk membersihkan velg.


    7. Wheel well / tyre brush untuk membantu membersihkan ban dan bagian dalam fender.


    8.Sebotol quick detailer / spray wax untuk digunakan pada tahap pengeringan kedua. Quick Detailer / Spray Wax seperti Optimum Instant Detailer atau Optimum Car Wax digunakan untuk memberikan efek pelumasan dan membantu mengangkat sisa-sisa air dari body mobil dengan aman, mengurangi kemungkinan mengakibatkan swirls. Apabila anda memilih menggunakan Spray Wax berkualitas seperti Optimum Car Wax anda juga bisa sekalian memberikan lapisan pelindung diatas cat anda.




    9.All-purpose cleaner atau degreaser ringan untuk digunakan pada kotoran di ban, velg dan bagian dalam fender. Juga untuk membantu mengangkat kotoran membandel seperti kotoran burung, aspal, getah, bekas serangga dan lain sebagainya.

    [hr]
    Car wash Tahap 2
    Lepaskan dulu seluruh perhiasan yang mungkin menempel pada tangan anda.


    Siapkan ember-ember anda. Satu untuk shampoo, satu sebagai ember bilas dan satu lagi khusus untuk pembersihan ban-velg dan kolong spakbor.


    Tambahkan campuran shampoo kedalam ember SHAMPOO dan ember VELG. Pastikan shampoo yang digunakan aman dan ph-balance. Sebelum menambahkan shampoo ke ember, baca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya. Pastikan kuantitas shampoo yang anda tambahkan ke ember shampoo sesuai dengan takaran produsen. Apabila mobil anda memiliki lapisan pelindung seperti wax atau sealant, campuran shampoo yang terlalu pekat berpotensi melunturkan lapisan wax/sealant yang menempel di cat mobil anda. Setelah anda menambahkan air kedalam ember , masukan wash media yang akan anda gunakan pada ember-ember tersebut. Washmitt masuk ke ember SHAMPOO dan sikat-sikat masuk ke ember VELG.



    TAHAP PRE-WASH
    Mulailah dari “sepatu” mobil anda


    Bagian yang umumnya paling kotor dan dipenuhi kontaminan berbahaya adalah ban, velg dan daerah kolong spakbor, karenanya, disinilah kita harus memulai proses pencucian mobil yang benar. Kita tentunya tidak mau kotoran ini terlempar ke bagian cat mobil sudah bersih dan meningkatkan resiko menyebabkan kerusakan.
    Pertama , semprotkan mild degreaser seperti P21S Total Auto Wash atau Optimum Power Clean ke permukaan velg dan biarkan sejenak. Anda juga bisa menggunakan All Purpose Cleaner seperti Meguiars APC (dicampur air murni 4:1). Yang penting adalah anda tidak membiarkan bahan-bahan kimia ini menempel di velg anda sampai kering yang akan beresiko menimbulkan kerusakan.

    Semprotkan APC ke ban dan kolong fender.


    Lanjutkan dengan mengambil tyre brush anda yang juga sudah terendam di EMBER VELG dan gunakan untuk menggosok ban dan bagian kolong spakbor. Apabila mobil anda “ceper” maka bagian dalam spakbor akan sulit dijangkau, untuk memudahkan pembersihan, anda dapat membelok-belokkan ban mobil anda sembari anda membersihkan ban dan kolong spakbor dengan tyre brush.





    Jangan lupa untuk selalu membersihkan sikat-sikat anda dengan semprotan air setiap kali sebelum anda memasukkannya kembali kedalam EMBER VELG agar kotoran yang terambil dari ban dan kawan-kawannya tidak mengkontaminasi campuran shampoo di EMBER VELG



    Setelah itu ambil EZ Detail Brush / Wheel Woolies anda yang dari tadi sudah terendam bersama campuran air dan shampoo di dalam EMBER VELG dan bersihkan bagian muka dan dalam velg anda secara menyeluruh.



    Gunakan juga foam atau washmitt no 2 anda (khusus untuk digunakan di velg) untuk membersihkan bagian muka velg.




    Setelah velg , ban dan kolong spakbor kelar dibersihkan dengan menyeluruh, gunakan air bertekanan untuk melarutkan busa shampoo yang ada. Ulangi tahapan diatas ke seluruh ban-velg-spakbor.
    [hr]
    Car Wash tahap 3


    Mencuci tanpa merusak cat
    Langkah pertama adalah menyemprot body mobil dengan aliran air bertekanan untuk mengangkat sebanyak mungkin kotoran yang bisa terlepas dengan semprotan air. Beri perhatian ekstra pada bagian bawah body mobil , daerah samping body dan bemper karena daerah-daerah ini biasanya adalah daerah yang paling banyak dihinggapi kotoran-kotoran tajam. Sekali lagi, pastikan anda bisa mengangkat sebanyak mungkin kotoran terutama pada daerah-daerah khusus yang disebutkan diatas. Hal ini penting untuk mengurangi kemungkinan kotoran-kotoran tersebut terseret saat kita mencuci mobil dengan wash mitt kita.

    Setelah mobil disemprot secara semaksimal-mungkin, mari kita ambil APC dan Detailing Brush dan bersihkan daerah sela-sela seperti bisa dilihat di gambar-gambar berikut:







    [hr]
    Pre-Foaming
    Setelah mobil kita semprot dengan maksimal di tahap pertama, kemudian diikuti dengan pembersihan bagian ban , velg dan kolong spakbor, langkah selanjutnya adalah pre-foaming. Apabila anda memiliki pressure washer dan foam cannon, anda bisa campurkan shampoo mobil anda ke dalam foam cannon dan semprotkan busa shampoo ke seluruh bagian mobil. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan shampoo untuk menguraikan sebagian partikel-partikel kotoran lengket yang masih melekat pada body mobiol bahkan setelah mobil kita semprot dengan air bertekanan. Setelah seluruh bagian mobil tertutup foam, biarkan selama kira-kira tida menit untuk memberikan kesempatan pada shampoo untuk menguraikan ikatan antara kotoran dan cat mobil.


    Ingat tujuan kita melakuka semua ini adalah untuk mengurangi kemungkian adanya partikel tajam yang terseret diatas permukaan cat saat kita mencuci nanti.


    Tahap ini sebernarnya bersifat optional, karena tidak semua orang memiliki pressure washer dan foam gun. Akan tetapi, meskipun anda tidak memiliki foam cannon, anda masih bisa memberikan treatment pre-foaming pada mobil anda. Caranya, ambil washmitt yang selama ini telah terendam bersama larutan shampoo didalam ember , genggam dengan tangan anda diatas panel body mobil dan peras washmitt-nya. Lakukan hal ini ke sekujur body mobil, pastikan mobil tertutup larutan shampoo dan busa secara menyeluruh.

    TAHAP PENCUCIAN
    2 Bucket Wash Method (2BM wash)
    Inilah tahap terpenting, yang akan menentukan apakah anda akan merusak cat mobil anda atau membersihkannya.


    Ingat wash mitt yang dari awal sudah terendam didalam EMBER SHAMPOO? Pastikan washmitt yang anda gunakan adalah washmitt yang kualitasnya diakui komunitas detailer internasional agar anda tidak mengakibatkan timbulnya swirlmarks pada cat anda.

    Bagi mobil kedalam beberapa area-area kecil seperti misalnya setengah kap mesin , seperempat atap , dan satu spakbor. Bagi juga mobil kedalam 2 bagian besar yaitu bagian “bawah” yang lebih kotor dan bagian “atas” yang cenderung lebih bersih. Cuci bagian “atas” dulu baru “bawah”. Mulai dari atap dan bergerak ke panel-panel dibawahnya. Sebagai referensi, atap mobil seukuran E-Class biasa saya bagi menjadi 4 area
    1. Ambil washmitt dari EMBER SHAMPOO untuk mencuci satu “area”. Ingat, jangan gunakan tekanan berlebih, lembut saja, asal cukup untuk menjaga washmitt tetap menyentuh panel mobil yang sedang anda kerjakan.



    2. Setelah beres dengan satu area kecil, masukkan washmitt kedalam EMBER BILAS untuk sebisa mungkin membuang kotoran dan partikel-partikel yang terakumulasi di washmitt dengan cara menggosokkan washmitt ke GRITGUARD yang telah dipasang di bagian bawah ember. Cek washmitt anda dengan sentuhan tangan, PASTIKAN TIDAK ADA PARTIKEL TAJAM yang masih terjebak didalam washmitt untuk menghindari potensi timbulnya swirls dan baret.

    3. Celupkan washmitt yang sudah dibilas kembali kedalam EMBER SHAMPOO , dan cucilah “area kecil” berikutnya.

    4 Ulangi tahap 1,2 dan 3 ke setiap “area kecil” berikutnya sampai anda beres mencuci seluruh bagian mobil anda.

    gunakan foam yang berbeda untuk mencuci daerah paling bawah mobil. Jangan gunakan foam ini ke daerah lain dari mobil, terutama body

    5. Setiap anda beres mencuci 3-4 panel, lakukan pembilasan supaya busa shampoo tidak sempat mengering di permukaan cat dan meninggalkan water spot. Jangan gunakan air bertekanan tapi gunakan aliran air yang halus tapi deras. Yang biasa saya lakukan adalah mencabut bagian nozzle / semprotan dari ujung slang air saya, dan gunakan air yang mengalir apa adanya dari mulut slang untuk membilas sisa busa shampoo pada mobil.
    Apabila dirasa perlu, sebelum membilas seluruh body mobil anda bisa gunakan lagi APC dan EZ Detail Brush untuk membantu bersihkan bagian knalpot yang kotor.
    6. Bilas lagi keseluruhan body mobil dengan teknik yang sama dengan tahap kelima diatas. Gunakan aliran air yang deras tapi bertekanan rendah. Pastikan seluruh sisa shampoo , dan kimia lain terbilas dengan sempurna.
    [hr]
    TAHAP PENGERINGAN
    Setelah proses pencucian , sumber utama kedua timbulnya swirls dan baret2 pada cat mobil adalah tahap pengeringan. Ikuti panduan dibawa untuk meminimalisasi kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan oleh tahap pengeringan.



    Tahap pengeringan dibagi kedalam 2 tahap.
    Pengeringan Tahap 1
    Alat yang dibutuhkan pada tahap ini adalah : WAFFLE WEAVE MICROFIBER DRYING TOWEL berkualitas tinggi. Sebagai contoh Meguiars Supreme Shine microfibre towel adalah kualitas minimal yang dapat anda gunakan. Kalau bisa gunakan towel yang berkualitas diatasnya
    Buka waffle weave micro fiber drying towel anda, taruh diatas permukaan yang akan dikeringkan. gerakan perlahan dengan tekanan seminimal mungkin untuk menyerap air yang ada sekaligus menghindari kerusakan cat.


    Sebaiknya gunakan gerakan searah, untuk panel-panel vertikal, gerakkan towel anda pada arah vertikal juga. hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga, jikalau masih ada partikel berbahaya yang terjebak diantara towel dengan cat, maka kerusakan yang timbul tidak akan terlalu memanjang.

    Jangan khawatir apabila masih terdapat butiran-butiran air setelah anda menyelesaikan tahap pengeringan pertama diatas. sisa air yang ada akan diatasi oleh tahap berikutnya.
    Pengeringan Tahap 2
    Alat dan bahan yang diperlukan :


    1. Plush Microfiber Towel yang berkualitas. Sebagai contoh Meguiars Supreme Shine microfibre towel adalah kualitas minimal yang dapat anda gunakan. Kalau bisa gunakan towel dengan kualitas diatasnya.


    2. Qucik Detailer Spray dengan kemampuan pelumasan yang baik seperti Optimum Instant Detailer atau Optimum Spray Wax. Ini digunakan untuk memberikan pelumasan saat kita mengeringkan sisa air dengan microfiber towel, sehingga meminimalisasi kemungkinan timbulnya swirls.

    Tahapan Pengerjaan


    1. Seprotkan Quick Detailer ke satu area kecil dari mobil, jangan gunakan terlalu banyak, cukup satu atau dua semprot untuk area seukuran setengah kap mesin C Class.


    2. Lap sampai kering dengan Plush Microfiber Towel anda, ingat gunakan gerakan seperti pada tahap pengeringan 1 dan pertahankan tekanan minimal.
    Seluruh tahapan 2 bucket wash seperti yang dijelaskan diatas akan memakan waktu antara 60-90 menit.


    Apabila anda mengikuti tahapan yang dijelaskan dalam tulisan ini anda akan dapat mencuci mobil anda tanpa meninggalkan kerusakan baru pada cat mobil tersebut. Sangat tidak disarankan membawa mobil anda ke tempat-tempat cuci umum karena selain tempat cuci mobil tidak menggunakan 2 bucket wash method seperti yang dijelaskan dalam tulisan ini. Alat-alat yang digunakan juga tidak terjamin dalam kondisi steril. Artinya bukan saja mobil anda akan rusak karena partikel kotoran yang ada pada mobil anda, alat yang digunakan pun kemungkinan besar mengandung kontaminasi dari mobil-mobil yang dikerjakan sebelumnya.


    Setelah menyelesaikan tahapan pencucian seperti dijelaskan diatas, kita bisa memberikan sentuhan akhir melalui aplikasi rubber dressing ke ban dan karet2 yang ada pada mobil.


    Hindari penggunaan segala produk dressing/semir yang mengandung silikon seperti kebanyakan semir ban yang ada di pasara. Dressing seperti ini akan membangun lapisan yang tebal diatas permukaan ban dan karet2 lainnya yang sangat lengket terhadap debu. Gunakan produk-produk rubber dressing yang berkualitas seperti yang ada dibawah ini.
    HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN


    • Apapun cairan yang anda gunakan pada bagian – bagian mobil anda (air, shampoo, all purpose cleaner, dan lain-lain) JANGAN PERNAH BIARKAN CAIRAN TERSEBUT MENGERING DI PERMUKAAN MOBIL. Hal ini adalah faktor utama yang menyebabkan bercak-bercak air atau “water spot” pada cat mobil.


    • JANGAN PERNAH MENCUCI DIBAWAH PANAS MATAHARI LANGSUNG ATAU SAAT PANEL BODY MOBIL DALAM KEADAAN PANAS. Seperti hal nya material-material lain, cat mobil juga akan menjadi lebih lembek saat suhunya panas. Keadaan yang lebih lembek ini akan meningkatkan kemungkinan timbulnya swirlmarks dan baret-baret juga beresiko membuat cairan di permukaan mobil mengering degan cepat, yang akan mengakibatkan water spots / water ecthing / bekas air.


    • Ingat selalu bahwa segala kotoran dan partikel-partikel sekecil apapun yang ada dipermukaan cat AKAN MERUSAK CAT apabila terseret dipermukaan cat terutama apabila menggunakan tekanan dan tanpa adanya lubrikasi. Perlu diingat bahwa seluruh kerusakan ini bersifat permanen, yang artinya, apabila kita ingin untuk menghilangkan kerusakan tersebut maka kita harus merelakan sebagian lapisan cat kita untuk dibuang. Microfibre towel berkualitas pun bisa mengakibatkan swirl apabila digunakan tanpa adanya pelumasan. Inilah alasan kita menggunakan shampoo saat mencuci dan spray wax / quick detailer pada tahap akhir pengeringan.





    Semoga bermanfaat..maaf panjang banget

    iya om berbunyi..
    trus juga klo lampu depan lupa dimatikan trus cabut kunci bunyi juga om
    pokoknya lebih cerewet drpd istri di rumah :D :D


    wah awalnya aku punya gak bunyi om..kemarin pas ganti jok dan karpet setelah selesai sampai rumah lsg lepas seat belt tau2 kok bunyi (mesin belum mati) awalnya bingung apaan yang bunyi kirain rem tangan.Berarti brio ku awalnya kemungkinan tidak terpasang kabel untuk bunyi nya yah.

    Berikut penampakannya gan,proses pengerjaan sampai pemasangan.
    Warna jok saya lebih suka warna standarnya jd gak beda jauh dg aslinya krn lebih elegan.


    Proses pencopotan kursinya




    Pengerjaan Joknya



    Pengukuran karpet dasarnya


    Jok belakang terpasang



    Hasil terpasang





    potongannya om 150rb
    kmaren sih di tawarin 3jtan yg dijahit, itu paten kan maksudnya?


    @om emilio :bener om itu potongan harganya ,kalo harganya sekitar 2,550,000 tinggal kurangi 150rb.


    @om taruma : jok paten om ,jahitannya juga rapi kok om.
    Utk peredam harganya kisaran 85rb-90rb/lbr.utk brio tadi coba dihitung kira2 utk 1 pintu butuh 6 lbr krn muka-belakang,atap kira2 10-12 lbr,lantai kira2 18-20 lbr.pemasangan 3hr.karpet dasar 800rb bahan lbh tebal dibandingkan bonus yg kita dapat dan pemasangan lebih rapi.utk penampakan besok saya coba share sebab ini pake hp susah.