Display MoreSebelumnya, untuk memastikan saja, apakah sudah dicek sebelumnya (ketika habis ganti oli), seberapa level tinggi oli di dipstick?
Kemudian, apakah sudah dipastikan bahwa pengukuran level oli dilakukan di tempat yang datar?
Kalau memang tempat pengukuran sudah datar dan ketinggian oli sehabis diganti sudah di level standar, kemungkinan adalah beberapa hal berikut (harus dicari sumber masalahnya dulu, baru membahas penyelesaiannya):
1. Kebocoran pada ring piston >> ada asap putih dari knalpot ketika mesin digeber, parah kalau sampai ujung knalpot ada jejak oli
2. Kebocoran pada perpak mesin >> ada rembesan oli pada mesin, yang parah oli sampai menetes di tempat parkir/garasi
3. Kebocoran pada baut pembuangan oli >> rembesan oli terletak pada lubang pembuangan, oli sampai menetes
4. Penguapan oli, seharusnya tidak sampai mengurangi level oli sampai bawah dipstick. Tapi kalau parah, filter udara bagian bawah bisa basah karena oli.
Thanks om saya coba cek one by one, cm klo rembes kmrin pas saya ganti oli minta cek mekanik ngga nemu rembesan.
Yang di filter udara sama knalpot belum saya cek.