EL(Electroluminescent) WIRE AKA NEON WIRE


  • huehehehehe, rupanya sudah ada yg pasang, share ke trid DIY yah bos, soalnya punya ku belum diapa apain, lagian mencontek lebih gampang kerjanya hahahaha:hahaha:


    Wkwkwkkwkwk....
    Yang mau di DIY apanya Oom...
    kan cuman di lem tembak saja pasangnya, masalah style bisa bebas ngk ada aturan khusus...
    yang penting lem nya jangan pakai alteco biar ngk rusak dashboard nya.

  • DIY kelistrikannya juga om.. inverternya nyambung ke aki langsung? Pake fuse berapa ampere?


    Inverter ikut switch lampu plafon saja, jadi lampu hanya hidup pada saat pintu dibuka ( kalau DIY ini kan udah ada lengkap di thread lain ) , sengaja hanya nyala pada saat pintu terbuka dengan alasan keamanan, biar kalau mobil lagi jalan ngk keasyikan ngelihatin neon wire doang :) , Lagian ada yg bilang umur nyala neon ini ngk se awet led, jadi biar nyala kalau lagi pengen pamer saja oom... :D


  • Wow, tron


    Btw, ngambil arusnya langsung dari kabel lampu dome? Saran, sebaiknya dipakaikan relay aja om, ambil arus dari aki..


    Oya, sudah pakai volt stabilizer? Setau saya invrter ini kerjanya "mencacah" arus dc yg lurus menjadi menyerupai sinusoidal.. jadi tegangan pasti naik turun tuh om...


    Sistem lampu dome adalah mengambil arus negatif / ground saja, jadi arus positif nya memang ambil dari accu langsung, hanya saja saya ambil dari salah satu pin di box sekering ( di atas pedal gas ).



    Kemudian untuk masalah gelombang sinus, seperti nya ngk ada efek nya, karena neon wire ini bukan seperti lampu pijar yang menyala karena arus positif negatif bertemu, namun neon wire akan menyala karena adanya induksi positif negatif, dengan kata lain ujung positif negatif sama sekali tidak bertemu, ini hanya pemahaman saya secara pribadi saja, keterangan lebih detail tentang neon wire ada di wikipedia kok Oom :)