Tips Perawatan untuk brio AT

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password
  • Kita semua udah pada tau, kalo perawatan AT itu lbh kudu diperhatikan daripada MT.


    Kalo untuk oli AT brio, masih simple karena masih menganut matic konvensional belum cvt spt jazz. Asal teratur aja diganti n flush tiap 20k, dijamin awet.


    Nah untuk hal kecil, sering kit lupakan di AT ini adalah ;


    Kalo kita parkir atau di lampu merah, jangan langsung masukin gear di "P"


    Tapi yang benar, injak rem dahulu n pindah tuas gear ke "N" kemudian lepas rem. Baru kemudian tarik rem tangan. Baru boleh pindah tuas ke "P"
    Tujuannya adalah agar posisi ban terkunci oleh rem tangan.


    Kalo kita langsung hajar ke "P" maka posisi ban akan terkunci oleh gear AT, apalagi di posisi tanjakan/turunan. Walaupun setelahnya kita tarik rem tangan maka akan useless... Ban sudah terkunci oleh gear AT bukan oleh rem tangan


    Semoga dengan trik hal kecil ini, bisa bikin awet brio AT kita

  • Nice Info,
    Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?

  • Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.


    Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-transmission11.htm

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *


  • oh gitu ya, thanks infonya, baru tau...



    Nice Info,
    Om,si Brio AT ini, untuk perpindahan posisi gear "D" ke "N", kenapa gak harus pencet ship yang di knob ya?. Pernah kejadian 2x, si knob ke tendang sama anak ane yang kebetulan duduk di depan, alhasil si Brio langsung meraung(meskipun gak berenti),agak kurang aman Kalo lagi posisi kenceng, ada solusi gak ya, supaya dari posisi "D" ke "N" itu gak langsung(harus pencet ship dulu)?


    maksud pabrik sih supaya mudah.
    sarannya waktu di lampu merah jangan posisi di "D" & rem kaki ditekan terus, tapi pindahkan ke "N". Jadi mesin tidak di"adu"kan dengan rem: baik fuel effeciency & rem akan lebih boros... Maka pemindahan "D" & "N" akan cukup sering, repot kalau terus menerus harus pencet dulu...


    solusinya... anak duduk di belakang saja bro...
    kan menurut buku user manual juga anak 12 tahun ke bawah kurang aman di depan... karena adanya airbag tidak didesain untuk anak, dan menurut statistik anak yang di belakang jika ada kecelakaan akan lebih aman jika duduk di belakang. CMIIW...


  • Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.


    Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-transmission11.htm


    Hehehe, bisa aja om ini,
    Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?
    [hr]
    [quote='ultrakyo','https://hondabrio.org/forum/index.php?thread/&postID=6312#post6312']
    Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.




    Hehehe, bisa aja om ini,
    Kalo lagi lampu merah di posisi "N" dan tarik rem tangan, Masih amankah?


  • Dari D ke memang di desain seperti itu karena masih dianggap aman, kalau dari N bias langsung ke 1 mobil bias terbang secara mendadak.


    Oh iya om Miko, kalau posisi P roda gak di kunci kok, yang di kunci adalah transmisinya. Teknisnya agak rumit dan bias dibaca di http://auto.howstuffworks.com/automatic-transmission11.htm


    Ya itu dia, transmisi nya jadi diposisi ngunci . Lebih fatal kalo turunan/tanjakan kita parkir tanpa rem tangan, hanya dengan tuas "P"


    Ya kasian aja ntu gear,AT nya disayang sayang aja. Honda kalo matic itu, seandainya rusak kebanyakan kudu diganti satu gelondongan (1 set) :109:*&

  • Kalo tuas nya ke atas, emang bisa langsung geser tanpa neken knob nya ya :04:*&[/php]


    Saya juga baru sadar hehehe.....


    Kebiasaan matic yang tuas cuma P-R-D - geser kanan (+) - (-) triptonik


    Kalo urusan rem tangan, emang namanya aja rem. Jadi siksa aja ntu rem tangan mau pas lampu merah atau mau nge drift hehehehe...

  • Kalau ngedrift belum berani hahaha apalagi matic, udah ada yang coba ngedrift?

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • mau nanya nih Om ?


    pernah kejadian waktu saya parkir Brio di mall lupa dinetralin (N) padahal saya parkir di depan mobil orang lain, pas mobil itu mau keluar mobil ane dipaksa dorong hinga maju kedepan, terlihat dari bekas telapak tangan yang banyak di kap mesin ama di kaca belakang,


    apakah dampak dari hal tersebut ?


    apakah merusak transmisi AT tersebut ?


    selama 1 bulan ini Saya pakai tidak terjadi masalah setelah kejadian tersebut ?


    atau saya yang mungkin tidak tau kalau ada masalah yg tidak saya rasakan ?


    makasih , sorry agak bawel banyak tanya ? wkwkw


    :12:*&


  • @om dwi, bukannya kalo parkir memang pake P yah? Terus, di rem tangan kan? Masih bisa didorong ya?


    sebenernya kalau di posisi (P) mobil terkunci ban nya jadi tidak bisa didorong,


    tapi kemarin Brio saya bisa maju kedepan 2 meter , aku juga binggung kok bisa ya, gimana caranya ? kata tukang parkirnya dipaksa dorong org banyak !!!


    rusak ga ya gigi transmisi nya ?


    :68:*&:68:*&:68:*&

  • Haha gimana cara didorongnya tuh? Antara mobilnya diangkat (gak mungkin) atau didorong sampai keseret (sepertinya gak mungkin juga).

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • Harusnya sih nga boleh dipaksa dorong di posisi "P"


    Ya sudah, nantinya kalo parkir pararel setelah dimasukin posisi "P" n cabut kunci. Nanti kuncinya dimasukin ke lubang kunci tuas AT, kemudian geser tuas ke "N".


    Nah mobil brio matic, nantinya bisa "N" ketika parkir n kunci sudah di kantong :04:*&