Perbandingan Spesifikasi Honda Brio Satya Vs Brio Sport


  • Yuk kita tengok perbedaan spesifikasi antara Honda Brio Satya dan Honda Brio Sport. Perbedaan utama dan pertama adalah dari segi mesin, Honda Brio Sport dilengkapi dengan mesin 1,3 L SOHC 4 Silinder segaris, ditunjang dengan 16 valve i-VTEC dan Drive by Wire, sedangkan Honda Brio Satya dilengkapi mesin yang sejenis, namun hasil downgrade ke 1,2 L. Dengan demikian perbedaan tenaga dan torsi yang dihasilkan kedua cukup signifikan perbedaaannya, Brio Sport menghasilkan 100 PS di kitiran mesin 6000 rpm, sedangkan Brio Satya hanya menghasilkan 88 PS di rpm yang sama, namun untuk penggunaan dalam kota, tenaga Honda Brio bersaudara ini sudah lebih dari cukup.



    Penampakan yang menjadi perhatian ane, adalah perbedaan intake manifold, Brio Sport memiliki intake manifold terbuat dari aluminium, sedangkan Brio Satya tampak dari luar, intake manifold terbuat dari plastik, ane nggak tau, plastik ini cuma cover atau bahan utama manifold. Selanjutnya adalah firewall, terlihat di Honda Brio Satya tidak dilengkapi peredam panas, dan di kap mesin Honda Brio Satya pun tidak dilengkapi peredam panas (heat shield).



    Dimensi Honda Brio Satya dan Sport tidak memiliki perbedaan, namun untuk berat kosong Honda Brio, ternyata Honda Brio Sport Manual Transmision memiliki berat kosong paling ringan (910 kg), wajarlah Honda Brio Sport memiliki power to weight ratio paling besar.



    Untuk warna, Honda Brio Satya dan Brio 1.2 L E A/T dilabur dengan 6 pilihan, yaitu:
    Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Taffeta White, Polished Metal Metallic, Rally Red, Sunset Orange



    Sedangkan untuk Honda Brio Tipe Sport E, dilabur dengan 6 warna dilengkapi dengan sporty stripping, yaitu Rally Red, Fresh Lime Green Metallic, Taffeta White, Crystal Black Pearl, Alabaster Silver Metallic, dan Cerulean Blue Metallic.



    Untuk sistem keselamatan, semua tipe Honda Brio sudah dilengkapi dengan SRS dan i-SRS air bag, namun sistem pengereman ABS dan EBD hanya tersedia di Honda Brio Sport dan Honda Brio 1,2L Automatic Transmission.


    Sedangkan fitur baru fog lamp dan rear wiper yang diunggulkan new Honda Brio, ternyata tidak ada di Honda Brio Satya tipe A dan S.



    Salah satu kewajiban mobil LCGC adalah menyertakan logo ke-Indonesia-an di mobil, untuk Honda Brio Satya, logo melati diletakan di kaca belakang.