Perpindahan Transmisi brio cbu di gear rendah nyendat normalkah

  • Hallo para sesepuh.. newbie nih mau tanya seputar transmisi brio cbu 2012


    Ceritanya begini,

    Saya baru beli brio cbu second, dengan km 57,000 an


    Ada sedikit mengganjal di hati soal transmisi.

    Pada Saat mobil jalan pelan, saya pikir ada di gear 1, dan kecepatan mulai meningkat , rpm nya agak nge’de’n sampai kira2 mancapai 2000rpm kemudian terasi sekali perpindahan giginya, sampai menyentak (mobil kayak mau lompat gitu)


    Apakah hal ini wajar?

    Untuk kecepatan berukutnya sampai kencang gak ada masalah.. perpindahan gear smooth


    Berhubung ini mobil yang pakai istri saya yang notabene jalan nya pelan2 muter-muter komplek jadi agak mengganggu..


    Mohon pencerahan

    Terimakasih sebelumnya

  • Permisi, saya mau tanya tentang masalah transmisi Brio AT 2014


    problemnya :

    1. jadi yang saya permasalahkan, waktu mau berhenti dari 20km/h sampai 0km/h terasa sekali sentakan penurunan gigi dari gigi 2 ke gigi 1 nya dan ada bunyi “klik klik”, tepatnya di 10km/h dan saya perhatikan rpm nya naik.


    2. Saat tepatnya di 10km/h waktu saya gas tiba-tiba terjadi sentakan yaitu antara gigi 2 dan gigi 1 nya.


    3. Saat jalan kurang lebih 10-15km/h lalu dilepas gas, mobil terasa ndut-ndutan apalagi waktu stop n go, jadi terasa tidak nyaman (posisi gigi/gear 1).


    4. pada saat tuas transmisi di N lalu ke R bunyi “klek” / “cetak” dan mobil lumayan bergetar, lalu saat tuas transmisi di N ke D bunyi “klek”.


    Mohon yang punya problem yang sama boleh dibantu share ada apa permasalahannya🙏🏻 semoga bisa terselesaikan masalahnya.


  • mirip2 sama punya saya..


    biasa dari P ke R suka Jedag, tapi pas posisi turunan si..

    yg masalah di gear 2, pasti RPM drop, kek mobil manual yang kurang tinggi rpm pas mau ganti gigi

    tapi di gear 1, D3, D lancar2 aja, cuma mode manual di 2 aja ya g gini


    curiga kasusnya sih di selenoid matic, sama koplingnya

    cuma karna blom ada biaya lanjutan jadi masi gini2 aja hahaha

  • Halo sama kenal


    Oh iya itu posisi saya selalu pakai tuas transmisinya di D, kalau di saya D3,2 dan 1 tidak ada masalah.


    Kemarin-kemarin sudah overhoul matic, dan kata beres kampas kopling gigi 2 dan 4 sudah agak habis karena gigi itu yang lebih sering di pakai katanya. Dan untuk selenoid kata beres aman-aman aja.


    Namun, setelah overhoul, ganti kampas kopling dan ganti oli matic hasilnya tetap sama aja.


    setelah 1 bulan saya merasa mungkin kalau saya coba ganti transmisi mungkin bisa selesai masalahnya, akhirnya saya coba beli yang barang second punya ex Singapura. Saya juga belinya bisa di bilang bengkel langganan. Dan setelah di pasang hasilnya juga sama aja. Dan transmisi saya ini di pasang bekas kepala bengkel Honda di salah satu dealer di kota saya.


    Mungkin ada temen-temen di sini yang punya pengalaman yang sama dan sudah menemukan masalahnya boleh di bantu ya hehe, Terimakasih🙏🏻😁