Start mesin keadaan dingin di pagi hari bunyi krek-krek di sekitaran rumah filter udara & Throtle Body

  • Pagi para Suhu,


    Sesuai judul ada nggak yang pernah ngalamin? kejadian ini muncul hanya pada saat mesin start dalam keadaan dingin di pagi hari (setelah istirahat semaleman). Muncul bunyi krek-krek tersebut juga tidak lama +/- 1 menit setelah itu bunyi hilang. Jika mesin dalam keadaan sudah panas, start mesin lagi udah ga muncul bunyi tersebut. Normalkah hal tersebut mengingat di Brio ini sudah menganut Throtle by wire dimana valve kupu-kupu di dalam Throtle Body (TB) sudah sistem elektrik (pakai motor) alias tidak menggunakan kabel gas manual lagi. :/:/


    Mohon pencerahannya Suhu... :):)


    Oh iya Brio saya Type Satya E Manual 2017

  • Brio saya juga gitu om, Brio Satya Type S 2017.

    Nunggu pencerahan juga ^^

  • sama brio e 2017 sy juga begitu, bunyi krak krak begitu...

    Brio saya juga gitu om, Brio Satya Type S 2017.

    Nunggu pencerahan juga ^^

    Solved Om, ternyata setelah saya komplainkan ke Beres katanya hal tersebut memang normal. DIperkuat dengan compare Honda Brio lainnya yang ada disitu juga sama. Jadi analisanya adalah karena TB (Throttle Body) udah elektrik, jadi itu semacam pergerakan motor pada TB untuk melakukan adjustment/inisialisasi atau apa lah namanya :D , yang jelas bunyi krek-krek akan muncul jika saat start mesin pagi hari (kondisi dingin) atau kalau saat mesin stasioner kita gas > 2.000 rpm trus kita lepas (diblayer), maka saat rpm decrease akan muncul bunyi krek-krek tersebut.

  • Solved Om, ternyata setelah saya komplainkan ke Beres katanya hal tersebut memang normal. DIperkuat dengan compare Honda Brio lainnya yang ada disitu juga sama. Jadi analisanya adalah karena TB (Throttle Body) udah elektrik, jadi itu semacam pergerakan motor pada TB untuk melakukan adjustment/inisialisasi atau apa lah namanya :D , yang jelas bunyi krek-krek akan muncul jika saat start mesin pagi hari (kondisi dingin) atau kalau saat mesin stasioner kita gas > 2.000 rpm trus kita lepas (diblayer), maka saat rpm decrease akan muncul bunyi krek-krek tersebut.

    ada yg pernah share kalo itu dari kopling om ... dan emang bener, kalo diinjek koplingnya pas cold start, bunyinya hilang, kalo dilepas, bunyi lagi.