Plat Logam apakah ini?

  • Semenjak service terakhir di beres, saya mendengar ada getaran aneh sewaktu mesin Brio hidup, paling terdengar ketika berada dalam kondisi stasioner.

    Kemarin pas iseng cek cairan mesin, ternyata ada plat logam yang menggantung di bagian depan-bawah. Untuk sementara ini, mobil masih di garasi, rencana akhir minggu mau tak cuciin hidrolis sekalian tak benerin dah.


    Sementara ini, ada beberapa pertanyaan yang muncul nih, siapa tahu ada yang bisa menjawabnya :)

    1. Sebenarnya, itu plat apa sih? Fungsinya buat apa? Apakah untuk menyekat panas knalpot supaya tidak masuk (soalnya letaknya membatasi antara body bawah dengan knalpot)

    2. Bagaimana cara memperbaikinya? Soalnya sepertinya ada lekukan sebagai tempat kaitan di pinggirnya, akan tetapi kok tidak ada tempat untuk mengaitkan (perkiraan, baru dilihat dari atas doang sih).

    3. Benarkah itu letaknya di situ? Atau ini berasal dari daerah lain (bag. atas misalnya), yang kemudian jatuh dan nyangkut di situ.

    4. Ada yang punya ide, kenapa bisa sampe lepas kayak gitu?


    Makasih buat perhatiannya ya teman-teman :)


    Begini detailnya (gambar jarak jauh, sedang dan zoom pada bagian yang error), untuk gambar yg lebih besar, mari diklik saja.




  • Iya om, bisa dilihat di sini:

    11399-img-20170204-105432-jpg




    Bagian yang dilingkari merah itu akan bergetar ketika mesin nyala. Lebih parah getarannya kalo sekitar 1000rpm, jadi pas jalan mundur agak menanjak (kan pelan2 tuh) akan terdengar banget getarannya.

  • Kalau di tempat om Zikri Irfandi , pas mesin stationer, getar dan bunyi gak om?

    Soale habis service ke3 (setahun) baru keluar gejala getarnya nih. Jadi iseng aja cek under bonnet, dan ternyata sumbernya dari plat tersebut. Dulu2 sebelum diservice beres perasaan gak pernah denger bunyi yg kayak gini dah.