DIY Pasang Klakson Brio

  • Berikut tutorial cara mengganti klakson standar Brio yang bunyinya mirip klakson Honda Beat :


    sebelumnya disarankan dikasih masking tape dibagian tepi bumper agar tidak tergores saat pemasangan bumper



    1.Lepas bumper brio (thanks to tutorial om opa yogo ) dengan cara mencopot/mencongkel klip cover radiator,



    kemudian buka sekrup di spakbor yang berjumlah 2 dengan obeng kembang



    dan terakhir copot dudukan plat nomor dimana dibaliknya terdapat 2 baut 10mm



    2.Tarik keluar bumper samping sambil sedikit diangkat (jangan khawatir dengan bunyi plastik yang mengintimidasi ) dan ulangi untuk sisi sebelahnya


    3.Setelah bumper samping terbuka seluruhnya maka tinggal tarik bumper ke arah luar dan jangan lupa diberi alas untuk bagian bawahnya agar tidak terlalu menggantung karena klip bagian bawah tidak di copot


    4.Lepas klakson bawaan dengan kunci 12mm berikut soketnya (ada di bawah headlamp bagian penumpang)


    5.Mulailah merangkai kabel set untuk klakson bisa beli jadi (lebih mudah tinggal plug n play tetapi terbatas pada manajemen kabel) atau membuat sendiri dengan skema berikut ini :

    Relay kaki 4 seperti ini





    ‌Kaki 30 = ke aki positif + dan jangan lupa dipasang sekring, saya menggunakan 15A
    ‌Kaki 87 = ke klakson yang baru dan diparalel untuk kedua klakson
    ‌Kaki 85 = ke kabel klakson standar (bisa langsung di jumper atau kalau
    tidak mau merusak kabel bisa menggunakan terminal male seperti ini
    (ukuran kecil)

    ‌Kaki 86 = ke ground, bisa dipasang di aki negatif, dudukan klakson standar atau bagian body mobil lainnya

    Tips : agar kelihatan rapi dan seperti bawaan wiring pabrik, kabelnya diberikan selang fleksibel seperti ini



    6. Urut kabel set ke lokasi pemasangan klakson yang diinginkan, dalam hal ini saya menggunakan dudukan klakson standar dan di dekat radiator.


    7. Pasang klakson ke tempat yang diinginkan, disini dibutuhkan sedikit kreatifitas untuk memodif braket klakson





    8. Terakhir hubungkan kabel set sesuai skema pada nomor 5 dan sekarang klakson brio sudah sama seperti mobil jerman


    Untuk pemasangan kembali bumpernya kebalikan dari proses diatas yaitu mulailah mengangkat bumper dan untuk mudahnya intip lubang baut dibalik plat nomor kemudian di pas kan dengan dudukannya kemudian di dorong ke depan


    Setelah itu tinggal paskan posisi spakbor bumper samping dan kemudian tinggal di pukul bagian sampingnya agar mengunci kembali, sisanya tinggal pasang sekrup di spakbor, baut di balik plat nomor dan klip cover radiator



    Semoga dapat membantu rekan-rekan HBC yang telah banyak memberikan ilmu mengenai honda brio dan punten kalau tutorialnya berantakan dan kurang jelas


    Berikut hasil pemasangan klakson brio barusan, terlihat seperti bawaan pabrik, kabel tidak seliweran dan posisi relay dan sekring mudah dijangkau apabila ada masalah





  • mantab om, terimakasih DIY nya. mau tanya, terminal male seperti apa ya? untuk pemilihan fuse 15 A, pertimbangannya apa ya?


    Terimal kuningan seperti ini gan tapi yang kecil seperti yang di soket klakson bawaan


    Pertimbangan pake fuse 15A karena klakson yang saya pakai yaitu merek Fer kira kira membutuhkan 8-9A, karena kalau 10A itu sepertinya terlalu mepet kecuali untuk klakson keong denso yang tidak membutuhkan banyak daya bisa pake 10A

  • oh, jadi 8-9A untuk dua klakson ya?


    btw, keterangan kaki-kaki relay:


    Quote


    ‌Kaki 85 = ke kabel klakson standar (bisa langsung di jumper atau kalau tidak mau merusak kabel bisa menggunakan terminal male seperti ini (ukuran kecil)
    ‌Kaki 86 = ke ground, bisa dipasang di aki negatif, dudukan klakson standar atau bagian body mobil lainnya



    Nggak kebalik ya om?