Biang Masalah Fan Radiator Gak Mau Muter


  • Hi mas eko, kebetulan saya mengalami gejala yang sama, kayanya harus siap mental untuk buka dinamo radiator, fan radiator ga muter dan harus dibantu oleh ac serta tangan untuk memutarnya, lampu indikator selalu kedap kedip dan akhirnya menyala. Yang saya inginn tanyakan, bagian manakah yang di amplas pada karbon brush ? 1. apakah samping carbonnya2. bolehkah sehabis di amplas di seprotkan WD pada carbon brushnya Terima kasih


  • Itu seret dan gak mau keluar, karena ukuran carbonnya yang mepet sama rumahnya kah om @"Eko Kurniawans"? Berarti yang diamplas sedikit itu carbonnya ya, buat ngecilin ukuran gitu?


  • Hi mas eko, kebetulan saya mengalami gejala yang sama, kayanya harus siap mental untuk buka dinamo radiator, fan radiator ga muter dan harus dibantu oleh ac serta tangan untuk memutarnya, lampu indikator selalu kedap kedip dan akhirnya menyala. Yang saya inginn tanyakan, bagian manakah yang di amplas pada karbon brush ? 1. apakah samping carbonnya2. bolehkah sehabis di amplas di seprotkan WD pada carbon brushnya Terima kasih.


    @"nadwy" kemungkinan besar iya, diamplas di samping karbonnya, biar gerakan karbon tidak seret ketika bergesekan dengan rumahnya.
    Untuk WD40, boleh disemprotkan di mechanical-electric part kayak gini untuk membersihkan oily/carbon dirt. Tapi pastikan kering sebelum memasang, karena WD40 juga bisa menghantarkan listrik, jadi biar gak konslet. Atau, lebih bagus pake semprotan Contact Cleaner, itu lebih sulit menghantarkan listrik.
    Tapi kalau tujuannya buat melumasi bagian bergerak, saran saya gak usah, karena bakalan berpotensi untuk korsleting (cmiiw).

  • kayaknya masih garansi kan om? kalo iya, balik lagi minta diganti fannya om.


    Saya tinggal di cibubur om, beres di cibubur asli kurang memuaskan, dulu waktu kasus serupa kipas lemah di servis disana skalian servis rutin sebelum buat mudik...eh waktu dibuat mudik ke solo baru sampe jagorawi nyala lagi indikator over heat...payahh..


    Trus ke beres yg ada di solo ketemu masalahnya, akhirnya diganti motor kipas..


    Kejadian yang kedua kemaren, indikator nyala lagi..males bawa ke beres cibubur, kebetulan bengkel libur juga tahun baru. Saya bawa ke tukang servis radiator, soalnya ngeri klo lepas kipas sendiri dirumah.


    Dan sesuai penyakitnya, carbon brush seret 1 biji, dan diamplas lah semua 4 biji biar ga seret lagi..


    Uda kenceng lagi akhirnya tu kipas..


    Biayanya sih 125rb, lumayan ribet lah soalnya buat buka tu kipas buat orang awam kaya saya..


    Jadi kalo om2 yg lain punya kasus serupa dan ga ktemu beres honda, coba ke bengkel radiator pinggir jalan aja, bilang kipas radiatornya seret, carbon brush nya seret, biar ga kliatan bego2 banget lah..hehe, biar ga dimahalin juga.. cm diamplas doank soalnya buat benerinnya. Tapi ya itu bongkarnya aga ribet.

  • waduuuhhh nice infoh ni om, beres honda cibubur kurang memuaskan yah ... thx banget ini

  • Wah, baru dapat giliran nih... Satya E MT 2014 ngebul dari tangki radiator cadangan. Setelah ke Beres (Senin 13/2/17), dicek, ternyata kipas radiator lemah. Alhamdulillah masih garansi tapi harus nunggu indent seminggu.


    Nah sambil nunggu, kemarin saya coba kontak sodara yang kerja di HPM Karawang (tempat Brio Satya dilahirkan), dia sarankan untuk minta cek semua mesin (ngeri banget ;(). Apakah memang harus seperti itu ya Om?

    Trus saya cerita kalo emang banyak kasus macet fan di Satya 2014 (dari grup ini), lalu dia nyaranin agar minta klaim market agar bisa dapet ganti rugi. Nah tentang klaim market ini, apakah om2 ada yang tau apa dan bagaimana? Soalnya temen saya cuma nyuruh klaim market ke CS di Beres (gitu doang).

  • adwiono memang overheat bisa buat mesin rusak om, terutama dinding boring mesin, bisa baret. kalo mau cek harus turun mesin om.


    klaim market ane nggak tau om, baru denger juga. Tapi harusnya dg banyaknya kasus ini, HPM wajib sudah recall Brio. tapi nyatanya sampai sekarang belum ada kbrnya.

  • Lazada Indonesia
    loading...