Biang Masalah Fan Radiator Gak Mau Muter

  • Akhir nya ganti do beres, karena bingung mau beli online takut salah atau kw. Mau pasang diluar jg belum ada bengkel langganan. Do beres ongkos pasang nya mahal banget. 540rb buat pasang nya. Dan 875rb. Sudah lancar lg, ac sudah dingin lg. Jd ngerti kenapa kapan hr sempat ac nya gak berasa dingin. Ternyata tanda2 fan udah lemah

  • Mau share om, libur pemilu kemaren pergi ke jogja dari semarang sekalian nyobain tol colomadu, keluar dari tol kena overheat, dan ternyata kipas nya mati. Karena buru2 terpaksa dapet montir yg lepas fan dari atas tapi jadinya ngebuang air radiator dan akhirnya beli coolant baru dengan tipe yg beda. Yang ane tanyain ganti air radiator ada efek ga om sebelum 10 tahun?soalnya di manual book bisa diganti setelah 10 tahun kayaknya.

  • brio punya saya kena masalah sama di motor radiator. pas kemaren2 udah sempet di bongkar dan dibersihin tapi ternyata 3 bln kumat lagi.

    tadi sempet tanya di bares kalo ganti sparepart aja 962rb. dan org bares blg kalo jarang dipake bakalan bisa seperti itu lagi.


    kira2 ada mending beli ori ato merk lain aja? soalnya emg mobil jarang dipake paling sabtu minggu aja.

    trus ada tips biar nggak rusak meski jarang dipake?

  • brio punya saya kena masalah sama di motor radiator. pas kemaren2 udah sempet di bongkar dan dibersihin tapi ternyata 3 bln kumat lagi.

    tadi sempet tanya di bares kalo ganti sparepart aja 962rb. dan org bares blg kalo jarang dipake bakalan bisa seperti itu lagi.


    kira2 ada mending beli ori ato merk lain aja? soalnya emg mobil jarang dipake paling sabtu minggu aja.

    trus ada tips biar nggak rusak meski jarang dipake?

    Kalau ori atau merk lain, tetap ori itu yang paling pas.

    Kemudian untuk tipsnya meski jarang dipakai, selain tips dari om Zikri Irfandi di atas, sewaktu pemasangan, dapat diaplikasikan:

    1. Pada bearing as kipasnya, tetesin minyak singer beberapa tetes (jangan sampai tumpah kemana2) untuk melumasi bagian dalam dari bearing, kemudian lumasi dengan gemuk/vaseline di bagian luar bearing agar minyak singer awet berada di dalam bearing. Ini akan memperlancar perputaran kipas itu sendiri.

    2. Pada bagian carbon brush, kasih gemuk/vaseline pada bagian per dan samping brush (tipis2 saja, karena gemuk akan mengikat debu juga kalau kebanyakan). Ini akan memperlancar gerakan carbon brush maju, ketika bagian depan mulai terkikis, sehingga kontak antar elemen dapat terjaga dengan baik.

  • Kalo ada duit lebih beri ori lebih aman.



    rajin dipanasin setiap hari, plus hidupin AC ya, supaya fannya nyala.

    oke siap

    Kalau ori atau merk lain, tetap ori itu yang paling pas.

    Kemudian untuk tipsnya meski jarang dipakai, selain tips dari om Zikri Irfandi di atas, sewaktu pemasangan, dapat diaplikasikan:

    1. Pada bearing as kipasnya, tetesin minyak singer beberapa tetes (jangan sampai tumpah kemana2) untuk melumasi bagian dalam dari bearing, kemudian lumasi dengan gemuk/vaseline di bagian luar bearing agar minyak singer awet berada di dalam bearing. Ini akan memperlancar perputaran kipas itu sendiri.

    2. Pada bagian carbon brush, kasih gemuk/vaseline pada bagian per dan samping brush (tipis2 saja, karena gemuk akan mengikat debu juga kalau kebanyakan). Ini akan memperlancar gerakan carbon brush maju, ketika bagian depan mulai terkikis, sehingga kontak antar elemen dapat terjaga dengan baik.

    makasih tipsnya bang

  • halo teman2 pengguna brio..


    brio satya saya keluaran 2014. biasanya dari awal make bunyi fan kenceng kalo nyala tapi kok semalem baru ngeh kalo bunyi fannya gak kenceng kaya biasanya. ini tanda2 fannya mau rusak ato gimana ya? masih bisa di benerin ato harus di ganti?

  • halo teman2 pengguna brio..


    brio satya saya keluaran 2014. biasanya dari awal make bunyi fan kenceng kalo nyala tapi kok semalem baru ngeh kalo bunyi fannya gak kenceng kaya biasanya. ini tanda2 fannya mau rusak ato gimana ya? masih bisa di benerin ato harus di ganti?

    bunyi kenceng atau tidak, itu tergantung sama:

    1. TIngkat pelumasan. Kalau kurang pelumas lebih berisik. Sepertinya bukan karena ini.

    2. Kendornya baut pengikat, semakin kendor semakin berisik. Kasusnya kayake jg bukan ini.

    3. Bilah kipas kotor, semakin kotor semakin gak berisik karena angin juga gak terlalu kencang. Coba cek ini juga.

    4. RPM aktual kipas menurun, tanda kalau kipas sudah mulai melemah. Harus dicek dulu penyebabnya, baca2 postingan sebelumnya bisa membantu.