Detailing Untuk Pemula

  • Saya mau coba share apa aja sih langkah2 umum dalam men-detail mobil.

    Listnya:
    1. wash
    2. clay
    3. polish
    4. wax


    4 langkah di atas adalah yang paling umum dilakukan. tergantung kondisi mobilnya, 4 langkah tersebut udah bikin mobil kita stand out dan terawat dibanding mobil lain.


    1. Wash
    Mencuci banyak cara. Kalo saya selalu mulai dari bagian yang paling kotor. Velg, ban dan wheel arches adalah yang bersentuhan langsung dengan jalan ---> paling kotor.


    peralatan:
    a. wheel cleaner atau all purpose cleaner
    b. sikat (gigi, sepatu, dll)
    c. sponge
    d. kuas



    Click here to view the original image.


    setelah velg, ban dan wheel arches bersih, baru mulai cuci body. Cuci body juga mulai dari atas lalu ke bawah supaya washmitt/sponge yang dipakai gak kotor duluan kena bagian bawah. Boleh mulai dengan bilas mobil supaya debu2 rontok, lalu foam dulu dan diikuti dengan cuci pake washmitt dan dua ember. two buckets method ini tujuannya supaya washmitt yang kotor dibilas di ember air bersih lalu masukin ke air sabun. tujuannya supaya ga bawa2 kotoran yang bisa nimbulin baret.


    Peralatan:
    a. sabun mobil
    b. 2 ember
    c. selang air
    d. air bersih
    e. washmitt/sponge
    f. chamois/microfiber/waffleweave drying towel
    g. blower



    Click here to view the original image.


    Bilas dan keringkan deh! Cara pengeringan juga gausah kayak keringin panci, santai aja pelan2 dan no pressure supaya ga timbul baret2 halus. Lanjut step 2!


    2. Clay
    tujuan clay apa sih? clay itu untuk angkat kotoran yang nempel di permukaan yang ga terangkat pas cuci pake sabun. Apa aja yang clay bisa angkat? paint overspray, kotoran burung, tar, aspal, semen kering, paint transfer, brake dust, kerak air, dll. caranya gimana? basahin bagian mobil yang mau dikerjakan dengan air/air sabun. bisa juga pake quick detailer/clay lubricant. tergantung budget aja. lalu start claying lah people. pelan2 jangan pake pressure, biarin claynya glide angkat kotorannya. setelah proses dekontaminasi selesai, raba permukaan. kalo udah halus berarti clayingnya udah bener. keringkan permukaan dengan microfiber towel. Claying umumnya 3-6 bulan sekali. Tergantung pemakaian mobilnya seberapa hardcore :p


    Peralatan:
    a. claybar/claytowel
    b. quick detailer/air sabun/clay lubricant
    c. microfiber towel



    3. Polish
    setelah catnya bebas kotoran, saatnya polish untuk menghilangkan swirlmarks, scratches, oksidasi dan mengembalikan gloss. Polish bisa pake tangan atau mesin. umumnya pake tangan capek banget, jadi untuk pemula/hobbyist boleh beli mesin DA. mesin DA bener2 aman untuk pemula. easy to learn, use and affordable. Caranya gimana: pake tangan ---> pake hand buffing pad, kasi 3-4 tetes obat polish lalu mulai gosok2 permukaan sampe swirlsnya hilang/berkurang, lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. pake DA ---> boleh tanya master2 disini. biasanya pake polishing pad lalu speed 4-5, doing 2-3 section pass lalu lap pake microfiber towel sampe permukaan bersih. jangan lupa untuk cek pake lampu LED apa swirlsnya sudah hilang/berkurang! penting nih. Polish direkomendasi 2x per tahun (maximal 3x). Karena polish akan mengikis clear coat. kalo keseringan polish, akan bikin botak.


    Peralatan:
    a. polish
    b. hand buffing pad
    c. DA machine + polishing pad
    d. microfiber towel



    Click here to view the original image.

    Click here to view the original image.


    4. Wax/Sealant
    ini nih yang paling disukai sama semua orang. waxing! tujuannya adalah memberikan lapisan tipis pada mobil supaya terlindung dari debu, air, kotoran, dll. selain itu beda wax akan memberikan finishing look yang beda pada tiap mobil. faktornya banyak banget! warna cat, karakter wax, curing time, dll dll. caranya: pake applicator pad, lalu tuang 2-3 tetes wax/sealant (kalo liquid) lalu mulai apply di permukaan secara merata. caranya mau muter2, bolak balik, selang-seling ga masalah asal ga diteken supaya ga timbul swirls. setelah itu tunggu/langsung hapus (tergantung instruksi dari masing2 wax/sealant) pake microfiber towel. Hasil wax/sealant itu biasanya antara wet look, deep look, glassy atau warm. Tergantung karakter catnya lagi (solid, metallic, xyrallic atau pearlescent). Sealant itu biasanya punya durability lebih tinggi daripada wax karena sifatnya yang all chemical. kalo wax itu mengandung bahan organik, seperti carnauba. Bayangin kehantem polusi, macet, ujan, dll. Penting banget utk wax mobil kita!


    Peralatan:
    a. wax/sealant
    b. applicator pad
    c. DA machine (optional)
    d. microfiber towel




    Click here to view the original image.


    Additional steps:
    5. Tyre dressin/semir ban.
    tujuannya adalah mencegah ban dari browning effect/men'coklat'. sekaligus bikin image mobil keliatan bersih dan terawat.


    Peralatan:
    a. tyre dressing
    b. applicator pad




    Click here to view the original image.


    Selesai deh 4 tahap detailing untuk pemula/hobbyist. Kalo udah begini, tinggal maintenance aja habis cuci pake spray wax atau quick detailer. it is called maintaining the finish


    Remember, paint is like human's skin. It deserves the softest and best treatment possible. The more you care for and put layers of protection on it, the easier to maintain and the better it will look through time.


    Happy Detailing!


  • Tipsnya keren om..lanjutkan sharingnya ya.... :67:*& :67:*&



    Terimakasih sharingnya


    jadi inget dah lama nggak nyuci mobil :( Dan kalo nyuci cuma wash dan wax aja, belum pernah pakai clay atau polish.


    WAjib dicoba om Zik...tapi pegel juga sih ngeclay sebody..Tp body brio imut ini om...heheheh
    Kalo clay gapunya, pakai sanpoly aja om...bisa juga kok..caranya cuma dipoles di panel dengan gerakan memutar. kotoran yang nempel di body, termasuk aspal yg belum terlalu mengeras bisa hilang.
    Setelah itu bisa di wax


  • Sanpoly seperti ini om Dendy ? aman ya buat cat?


    yes om @"Zikri Irfandi" aman kok...saya masih pakai di motor dan mobil...kalo poteksinya cuma pakai wax, setelah dipoles makai sunpoly ini, langsung timpa wax bisa.
    Tapi kalau mau aplikasi sealant, setelah poles sunpoly, musti di wipedown pakai isophropyl alcohol (IPA) atau cuci air campur sedikit sunlight spt panel tidak terlalu berminyak. Setelah itu aman untuk aplikasi sealant. Tujuannya supaya lapisan sealant bisa bonding/nempel sempurna di panel.

    The post was edited 1 time, last by Dendy ().