Modus Pencurian Mobil dengan Koin

  • Barusan dapat pesan whatsapp nih, dan setelah browsing2, nemu link ini.


    Ada modus baru untuk pencurian mobil yang baru baru ini hangat dibicarakan adalah seorang pencuri mengganjal gagang pintu mobil dengan menggunakan uang logam. Dengan trik ini maling bisa dengan mudah membuka pintu saat pemilik nya sedang tidak ada dan mobil nya terparkir di tempat umum.



    Koin yang diganjal


    Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa trik ini memang mungkin berhasil membuat pintu tidak terkunci sebagaimana mestinya. Seperti hanya mengganjal mekanisme Door lock di pintu tersebut.


    Meski demikian, memang tidak semua kendaraan bisa digagalkan mekanisme pengunciannya dengan koin. salah satu user menceritakan Toyota Inova tidak mempan sabotase semacam ini. Rasanya hal ini juga tergantung dari model dan mekanisme penguncian pintu mobilnya.


    Meski mengaku belum mengujinya langsung, Dadi menyakini jika ada maling selalu mencari cara untuk membobol mobil. Ia mencontohkan, saat ini telah ada beberapa kasus dimana maling bisa memecahkan kaca mobil tanpa membuat alarm mobil nya berbunyi dengan hanya menggunakan busi.


    Dadi mengingatkan, sebaik apapun sistem pengaman dimobil, maling akan selalu cari cara untuk membobol mobil orang orang yang sedang parkir.


    Kalau di Brio gimana nih? Ada yang pernah mencoba kah?


    Setelah diganjal koin, apakah lampu notifikasi door open mati dan central lock mau diaktifkan? Setelah central lock aktif, apakah pintu yang diganjal mau dibuka?

  • Untuk brio, sensor pintu tertutup/terbuka modelnya seperti switch/tombol, jadi kalo tombol itu tertekan, indikator pintu nggak akan nyala.


    Yang diganjal pintu bagian mana ya om? Kalo pintu driver pasti ketahuan kan?


    Masih bingung dengan skenario si maling, jadi begini kah?


    1. Mobil parkir
    2. Maling ganjal koin di gagang pintu
    3. Pemilik mobil buka pintu, masuk mobil, tutup lagi.
    4. Mobil jalan, maling membuntuti mobil
    5. Mobil parkir, pemilik lock pintu, tapi karena ada koin pintu nggak terkunci
    6. Maling beraksi


    Apakah seperti itu?