Diskusi Merk Ban Tapak 175mm untuk Brio

  • Bagi pemilik Honda Brio mungkin ada yang sudah saatnya ganti ban, bisa karena sudah aus, atau ada yang bocor dan harus diganti.


    Berikut kita bahas beberapa merk ban untuk Brio dengan profil 175/65 R14, ban asli untuk Brio (kecuali Brio RS).


    1. MICHELIN ENERGY XM2



    MICHELIN ENERGY XM2 adalah ban yang dipakai pada Brio 1300cc, beberapa keypoint untuk ban ini (berdasarkan webnya) adalah sebagai berikut:



    - Ban MICHELIN ENERGY XM2 20% lebih awet
    - Harga Rp 916.000 per ban
    - Hambatan gulir lebih rendah 8% sehingga lebih hemat bahan bakar
    - Jarak pengereman lebih pendek 1,2 meter dari rata-rata kompetitor
    - Garansi Standard Terbatas selama 6 tahun dari tanggal pembelian


    Spesifikasi lengkap MICHELIN ENERGY XM2 adalah 175/65R14 82H, yang artinya: lebar tapak 175mm, tebal ban 65%x175mm, diameter velg 14inch, load index 82 yang artinya masing2 ban mampu menahan 475 kg dalam keadaam top speed H (210 km/jam).


    Pengalaman pribadi pakai ban ini:


    Saya rasa grip MICHELIN ENERGY XM2 cukup baik, tidak pernah ada kejadian sliding, baik dalam keadaan jalan kering maupun hujan. Digunakan untuk menerjang genangan air pun, Brio ane tetap pede. Dalam tiga tahun pemakaian, dengan rata2 digunakan 25km per hari, keausan ban bervariasi antara 2mm - 3 mm (ketebalan alur ban baru adalah 7mm). Dengan keausan seperti itu, estimasi penggantian ban adalah sekitar lima - enam tahun dari baru.


    Yang jadi concern saya saat ini adalah chipping (cuil-cuil) pada ban, hal ini sepertinya karena permukaan ban yang dilalui kasar banyak kerikil.


    2. GOODYEAR ASSURANCE DURAPLUS


    Setelah ngubek-ngubek web goodyear, salah satu jenis ban goodyear yang cocok untuk velg Brio OEM, yaitu GOODYEAR ASSURANCE DURAPLUS, dan ban inilah yang direkomendasikan Goodyear untuk Brio. Berdasarkan webnya, berikut keunggulan ini:


    TredLife Technology™ meningkatkan umur ban untuk jarak tempuh yang lebih jauh. Assurance DuraPlus menggunakan kompon telapak berbahan karbon yang lebih mutakhir dibanding pendahulunya, hingga mampu meningkatkan daya tahan dan dapat melaju hingga 100.000 km. Penggunaan lapisan DuPont™ Kevlar® pada ban Assurance DuraPlus juga meningkatkan daya tahan. Setiap pembelian minimal 2 ban ini, akan mendapatkan program worry free assurance.



    Harga: Rp. 720.000
    Spesifikasi: 175/65 TR14


    3. GOODYEAR EAGLE NCT 5


    Fitur: Alur tengah ban yang ekstra besar dan pola blade diagonal untuk mengoptimalkan traksi dan penyebaran air di kondisi jalan basah. Elemen bahu blade radial meningkatkan daya cengkeram dan stabilitas lateral lebih baik. Keistimewaan ini memberikan keseimbangan yang sempurna akan performa dan kenyamanan dalam mengemudi.



    Harga: Rp 764.000
    Spesifikasi: 175/65 HR14

  • Om sekalian, udah ada yang ganti ban kah?

    Info dong, kira-kira ban apa yang cocok buat brio, terutama buat yang pemakaiannya standar aja.

    Soalnya ngeliat merek dan tipe ban kok banyak bener ya, jadi bingung.

  • Om sekalian, udah ada yang ganti ban kah?

    Info dong, kira-kira ban apa yang cocok buat brio, terutama buat yang pemakaiannya standar aja.

    Soalnya ngeliat merek dan tipe ban kok banyak bener ya, jadi bingung.

    Bridgestone potenza om :thumbup:bisa ngurangi suara ban yang masuk kabin. IMHO