Ganti Ban Baru SATU unit saja, Amankah?

  • Ban cadangan Brio masih kaleng, makanya ane tukar dengan velg aluminium ori Brio (Belinya sudah lama, baru sempat tukar velg).


    Kenapa ane pakainya velg aluminium untuk ban cadangan? Tujuannya supaya ban cadangan bisa ikut di-rotasi sehingga tingkat keausan rata, antar kelima ban.



    Ternyata velg asli ban cadangan brio yang terbuat dari besi sangatlah berat, bahkan lebih berat dari velg aluminium + ban.


    Masalahnya sekarang adalah, brio ane sudah berumur tiga tahun, alhasil keempat ban sudah mengalami keausan yang siginifikan. Apakah ban cadangan yang masih "baru" ini bisa dipasang di Brio? Apakah tidak pincang dengan ketiga ban yang sudah aus?


    Ane ukur kedalaman alur ban (thread).



    Ban cadangan yang masih baru, kedalaman alur nya 7mm.



    Ketiga Ban yang sudah dipakai memiliki kedalaman alur bervariasi antara 4-5mm.


    Memang sudah banyak ya selisihnya. Ane tanya ke bengkel ban juga katanya bisa pincang, kalo ban cadangan ini dipakaikan di Brio. Seperti pakai sepatu tinggi sebelah katanya.


    Tapi setelah ane googling, toleransi perbedaan kedalaman alur ban adalah 1/8 inch atau 3.175 mm. Sebenarnya masih masuk kan?


    Nah, adakah teman-teman di sini yang mengalami hal serupa? Pernah ganti ban baru dan dicampur ke ban yang sudah cukup aus? Tolong share pendapatnya..


    =====================


    NB: Karena ane khawatir velg aluminium lecet di dalam kompartemen ban di bagasi, maka bagian bawah ane lapis dengan kain bekas.



  • hati2 om, takutnya slip sebelah pas jalan licin.. krn daya grip ban pasti beda..
    kebetulan kemaren ini sempet nemenin temen ke toko velg & toko ban (2 toko berbeda), mereka sangat tidak menyarankan ganti ban cuma 1 ban, setidaknya 2 ban (depan kanan kiri atau belakang kanan kiri)..


    well, CMIIW..


  • hati2 om, takutnya slip sebelah pas jalan licin.. krn daya grip ban pasti beda..
    kebetulan kemaren ini sempet nemenin temen ke toko velg & toko ban (2 toko berbeda), mereka sangat tidak menyarankan ganti ban cuma 1 ban, setidaknya 2 ban (depan kanan kiri atau belakang kanan kiri)..


    well, CMIIW..


    iya om, Michelin di sini agak susah. jadi nggak bisa cari pasangannya.


    Tapi seperti yang ane tulis di post pertama, bahwa toleransi perbedaan kedalaman alur ban adalah 1/8 inch atau 3.175 mm, setelah diukur perbedaannya bervariasi antara 2mm-3mm, jadi ane asumsikan masih bisa dipasang, dan alhamdulillah, nggak ada gejala slip baik dipakai di kondisi jalan hujan atau kering -- sampai saat ini.

  • menurut ane sich aman2 az n nggak terLaLu berpengaruh ke handLing, secara perbedaan ketebaLan nggak terLaLu jauhh ...
    ohh ... omzik maseh setia pakai veLg oem yaaa ??! kirain udh diganti veLg aftermarket/ veLg oem yg Lain ??! ??
    ane maseh bingung nich .. mau minta pendapat jg ... brio ane kn udh ganti veLg oem honda city, kira2 veLg oem brio sy juaL nggak yaaa ??!
    dan yg Lebih parahNya Lagi .. pasaran harga juaL veLg+ ban oem brio di jakarta n sekitarNy murah bgt .. kisaran 1,5-1,8jt .. nggak bisa nyentuh sampe 2jt ... MURAHH BANGETT .... INI YG BIKIN ANE BIMBANG ...
    ane berpikir knp sy berani juaL veLg oem brio krena ane udh dapet veLg oem honda city (BUKAN veLg repLika) ..


  • Masih om, rencana ane mau habisin bannya dulu, baru nanti lihat mood mau ganti atau nggak ke velg yang lebih lebar. :)


    Untuk velg Brionya om, Kalo cuma dapat harga segitu, keep aja dulu seandainya Brio-nya mau dijual lagi. Nanti saat dijual lagi, balikin ke ban dan velg asli, velg City nya dipakai ke mobil selanjutnya atau dijual (asumsi nilai jual lebih tinggi dari velg brio).

  • Lazada Indonesia
    loading...