Busi Honda Brio 1300

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password
  • Honda Brio 1300 mempunyai dua alternatif busi, yaitu NGK IZFR6K13 dan DENSO SKJ20DR-M13, dilihat dari speknya dua busi ini adalah busi dengan ujung electroda iridium. Seandainya ingin upgrade busi, adakah busi dengan spek lebih tinggi dari ini?


    Dari sumber ini disebutkan bahwa untuk mesin L13A (Brio 1300) dilengkapi New Dual Electrode Spark Plug. Ujung electroda di body busi terbuat dari iridium, sedangkan electoda di lengan busi terbuat dari platinum, efeknya adalah pembakaran dan efisiensi lebih tinggi.



    Tapi, setelah ane searching kemana-mana, dua busi NGK IZFR6K13 dan DENSO SKJ20DR-M13, tampaknya bukan busi berjenis dual electrode.


    NGK IZFR6K13


    DENSO SKJ20DR-M13


  • mahal juga ya Busi untuk Brio ?


    ada berapa Busi yg ada di mesin Brio ?

  • Gak lah gak 1jt deh seinget ane. Anyway, udah ada yang ganti busi belom dan bisa kasih review? Kata temen ane mobil k*j*ng setelah diganti businya dengan yang lebih bagus tarikannya jadi naik, bener gak ya?

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • Nah itu dia om, busi dari Honda kan sudah iridium, apa ada yang lebih bagus lagi?

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *

  • sebulan yg lalu pernah ngetes ganti busi biasa standart (NGK zfr6k-11).... karena denger2 dari orang bengkel kalo pake bensin premium harus pake busi standar jangan iridium, supaya irit (mereka sudah pernah dicoba di freed, dan jadi lebih irit, walaupun performa agak berkurang)


    tapi ternyata hasilnya di brio saya..... sama aja. FC gak berubah...
    so... saya balikin lagi ke busi iridium bawaan honda...


  • sebulan yg lalu pernah ngetes ganti busi biasa standart (NGK zfr6k-11).... karena denger2 dari orang bengkel kalo pake bensin premium harus pake busi standar jangan iridium, supaya irit (mereka sudah pernah dicoba di freed, dan jadi lebih irit, walaupun performa agak berkurang)


    tapi ternyata hasilnya di brio saya..... sama aja. FC gak berubah...
    so... saya balikin lagi ke busi iridium bawaan honda...


    hmmm... mungkin di freed itu cuma kebetulan aja.. hehehe.. tp waktu ganti busi biasa performa meman turun om Igor?

  • Ganti busi mah gak void warranty deh setau ane.

    Salam,


    Chris
    HBC-JKT-000


    My Brio
    * Unichip | Port and Polish | Multi Angle Valve | Increase Compression | Full Exhaust | J's Racing Titanium Muffler | SSR Type F Ori | Enkei Sport RC Nut Ori | Projie FXR 3.0 | Crescendo 7 | JL Audio 12W3V3 | Genesis Profile Four Ultra | Zapco Reference 1000.1D | VS JoGenk |KNN Replacement Filter *


  • percikan api busi sangat berpengaruh trhpd pembakaran.. Kalo bagus, makin optimal pembakaran & otomatis performa naik..


    Tapi.. Ada yang lebih bagus kah dari busi iridium?



    Nah itu dia om, busi dari Honda kan sudah iridium, apa ada yang lebih bagus lagi?


    jenis busi iridium kan ada tingkatannya, biasa dan super.
    mungkin yg buat brio jenis yg iridium biasa, beda kalo buat racing bisa diganti jenis iridium super.

  • Contoh merk nya om adjie? ane pernah baca, katanya kalo mesin biasa diberi busi luar biasa malah nggak bagus pembakarannya..


    klo merk saya rasa samalah denso, NGK, TDR cuman beda di speknya.
    nah klo dr baca2 sih bisa naikin performa sampe 20% cuman gak tau efek jangka panjangnya..
    krn brio kan dipake hari2, nah klo yg racing kan pake buat balapan..

  • sekedar pendapat saja
    penggantian busi dari standar ke iridium banyak yang bilang meningkatkan performa, menurut saya tidak, selama faktor lain tidak dibenerin, khususnya bahan bakar dan suplai udara...busi iridium hanya memperpanjang umur penggantian busi saja karena busi iridium pasti lebih awet, tapi apa signifikan mengganti busi biasa dengan busi iridium kalo cuma tujuannya biar awek, karena harga busi iridum 4-5x lipat harga busi biasa...? tergantung masing-masing orang...


    nah sedangkan di brio yang standardnya sudah menggunakan iridium, menurut saya juga cukup aneh, karena mesin 'cuma' 1.2 / 1.3 tapi menggunakan busi iridium yang standardnya jazz dengan mesin 1.5, tapi saya belum tau alasannya, nanti saat service akan saya tanyakan....


    kalau masalah garansi, modifikasi sekecil apapun pasti menggugurkan garansi, bahkan jika kita mengganti klakson standard dengan aftermarket macam hella dsb, garansi kelistrikan yang terkait dengan klakson tersebut pasti hangus, ganti velg after market, garansi terkait kaki2 pasti hangus, dan seterusnya....tapi konsumen harus smart, jangan mau kalo misalnya kita komplennya mesin jebol, tapi ditolak karena mereka bilang garansi hangus karena ganti klakson...ngga ada hubungannya...hehehe

    BrioKustik |
    Clarion | Ground Zero | LM Audio | Stinger | Real Cable | Harmonic Harmony | Automat | Jacaranda | STP
    Mundu Tiga Audio | RawaManGun |


  • sekedar pendapat saja
    penggantian busi dari standar ke iridium banyak yang bilang meningkatkan performa, menurut saya tidak, selama faktor lain tidak dibenerin, khususnya bahan bakar dan suplai udara...busi iridium hanya memperpanjang umur penggantian busi saja karena busi iridium pasti lebih awet, tapi apa signifikan mengganti busi biasa dengan busi iridium kalo cuma tujuannya biar awek, karena harga busi iridum 4-5x lipat harga busi biasa...? tergantung masing-masing orang...


    nah sedangkan di brio yang standardnya sudah menggunakan iridium, menurut saya juga cukup aneh, karena mesin 'cuma' 1.2 / 1.3 tapi menggunakan busi iridium yang standardnya jazz dengan mesin 1.5, tapi saya belum tau alasannya, nanti saat service akan saya tanyakan....


    kalau masalah garansi, modifikasi sekecil apapun pasti menggugurkan garansi, bahkan jika kita mengganti klakson standard dengan aftermarket macam hella dsb, garansi kelistrikan yang terkait dengan klakson tersebut pasti hangus, ganti velg after market, garansi terkait kaki2 pasti hangus, dan seterusnya....tapi konsumen harus smart, jangan mau kalo misalnya kita komplennya mesin jebol, tapi ditolak karena mereka bilang garansi hangus karena ganti klakson...ngga ada hubungannya...hehehe


    ditunggu penjelasan dari mekaniknya... :D


  • 4 buah, kalo nggak salah 260 ribu di web HPM.. Itu per satuan atau 4 ya?


    itu 4 (empat) buah om.. BTW saya lihat di situs resmi ngk indonesia ( http://www.ngkbusi.com/index.php/pfsp/4w ) tersedia juga busi versi iridium selain versi standarnya tentu saja..


    Tampilan Situs


    saya sudah coba googling dan ketemu macam2 review yang ujung2nya malah bikin bingung karena memberikan kesimpulan yang berbeda2 mengenai kelebihan dan kekurangan busi iridium..


    mohon pencerahan om @"Zikri Irfandi" dan suhu2 yang lain..