problem transmisi dan kopling

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password
  • mau tanya om2 mungkin ada yg ngalami hal yg sama bisa berbagi solusi
    brio satya e saya bawa service rutin 10000km di beres skalian saya tanya ada bunyi seperti suara ngorok gitu saat gigi 2 atau 3 dlm kondisi jalan pelan gas dan kopling dilepas saja dlm kondisi ac hidup. Jika ac dimatiin bunyi tdk muncul.
    Analisa beres masalah di kopling dan transmisi. Akhirnya disarankan mobil ditinggal utk dicek.besoknya dihubungi uda slesai. Yg dikerjakan katanya bagian koplingnya dilumasi. Emang koplingnya jd ringan banget tp bunyi masi ada sdikit. Beres blg masalah di transmisi dan akan diganti transmisinya tp tunggu sparepartnya datang.
    Seminggu kemudian transmisi datang dan diganti. Hasilnya bunyi hilang. Tp tuas transmisi jd lebih berat dr biasanya ketika digerakkan. Saya pikir mungkin krn baru ya gpp.
    kemaren muncul suara baru dibagian kiri mesin. Tp ketika kopling diinjak suaranya hilang. Lebih jelas terdengar ketika mobil dlm keadaan berhenti.
    Akhirnya bawa ke beres lg. Setelah dicek katanya masalah di klahar/bearing kopling. Tetapi setelah diganti bearing kopling suaranya tetap masi ada. Beres sarankan utk nginap lg :( tp krn uda janji dgn keluarga utk weekend maka rencana selasa depan baru dibawa ke beres lg
    Menurut om2 itu suara krn masalah dimana ya? Saya tanya temen yg ngerti mesin katanya kemungkinan ada 2: klahar/bearing kopling atau matahari (gak ngerti kalo istilah mekanisnya apa katanya bagian dari transmisi)

  • koplingnya gak berat om, malah jd ringan banget trus tuas transmisi jg ringan banget digerakkannya, ya cuma itu suara saat mesin hidup disebelah kiri dan hilang saat diinjak kopling. Saya ada rekam suaranya