bunyi tek... dengan nggiiingg saat mematikan mesin/posisi mesin sudah mati.


  • Kayaknya bukan fuel pump dah om @"Zikri Irfandi", ini kejadiannya setelah mesin dimatikan. Jadi ada suara "ngiiiinnggg" lemah banget, musti dalam kondisi yang sunyi baru bisa terdengar.
    Aku juga ngalami, akan tetapi karena suaranya terlalu lemah, tidak dapat tak pastikan sumbernya dah. Suaranya muncul selama ~30detik (gak pernah ngitung pastinya). Dan sekalipun sudah dilock alarm, suara ini juga masih bisa kedengaran koq. Sampai sekarang masih penasaran sama bunyi ini.


    Mari yang lain juga bisa mencoba utk mengeceknya, siapa tahu sama juga nih kita :)


    Wah kalau brio saya... lumayan terdengar keras mas... posisi mesin mati kunci di cabut ttp bunyi... kalau kap mesin dibuka kebih jelas kayanya bunyinya. Hemmm ngeri juga....

  • Heee,, iya mas, kata beres juga normal aja,, maklum dulu waktu pake avan*** ndak pernah ngalami bunyi-bunyian... terimakasih mas @"Zikri Irfandi" ... oh ia..pesanan saya sdh sampe, dan sdh terpasang semua,, cuma sillplate kmrn pemasangannya agak ribet di bengkel biasa,, ujung2nya ongkos pasangnya kena 150rb... hedehhh. bikin dompet berteriak.


  • Saya rasa ini normal om.. punya saya juga begitu


    Boleh saya bantu jawab.
    Dari sisi tekhnis bunyi itu normal. Beberapa detik bunyi "ngik" akan muncul saat kunci kontak diputar pada posisi on dan beberapa detik setelah kunci kontak off. Bunyi berasal dari Thortle valve, karena Honda sudah menggunakan DBW ( Drive by wire ) atau sederhananya pedal gas tanpa kabel :) Beberapa detik sebelum kunci kontak on, Thortle plate akan membuka sepersekian derajat agar mesin bisa hidup walaupun anda tidak menginjak pedal gas. Ketika posisi kunci kontak off atau setelah mesin dimatikan thortle plate akan tetap terbuka beberapa detik sampai menutup rapat kembali. sehingga akan terdengar suara 'ngik" saat mesin dimatikan karena ada gerakan buka tutup thortle plate. Kenapa harus beberpa detik baru menutup ? agar proses matinya mesin lebih lembut ( gak mati mendadak ) yang dapat mempengaruhi program ECU dan program kelistrikan lainnya ( proses shutdown ) . Semoga bermanfaat



  • Ya, lebih bagus kunci kontak pada posisi on terlebih dahulu beberapa detik. pertama membuat tekanan bahan bakar untuk injeksi , kedua Adaptasi sensor TPS ( proses buka tutup thortle plate) karena sensor TPS akan membaca terlebih dahulu perintah ECU, berdasarkan temperatur udara, mesin, coolant dan tekanan bahan bakar, ( karena itulah kita sering dapati RPM mesin akan berbeda ketika mesin dingin dan panas ). Ada beberapa pengguna yg langsung memutar kunci stater langsung dari lock ke acg / start (walaupun sangat jarang ) kerugiannya tentu adatasi sistem tidak dapat dilakukan, sehingga kemungkinan bahan bakar boros bisa saja terjadi. Tapi biasanya cover kunci mudah rusak karena terlalu cepat memutar kunci dari posisi lock langsung ke start.