bunyi tek... dengan nggiiingg saat mematikan mesin/posisi mesin sudah mati.

  • Dear Om Om HBC..


    Mohon bantuan info-nya apa di honda brio om om selalu bunyi "tek" pada saat posisi kunci mobil di masukan ke arah II (hanya sekali aja pas kunci di posisi II), dan berbunyi ngiinnngg di awal saja (-+ 10 detikan) atau biasanya berbarengan dengan bunyi beep seat belt. (bunyi beep seat belt mati, bunyi ngiiinnng nya juga mati). Ketika mesin hidup hal tersebut tidak terjadi. Dan ketika mesin dimatikan (dari posisi III ke posisi II, bunyi "tek" terdengar sekali jg)...


    Di cek ke kap mesin posisi bunyi di sekitar area yang ada pada gambar / ditandai warna merah.


    mohon infonya suhu, kalau sempet apa brio suhu mengalami hal yang sama.


    Brio ane brio satya E 2015. baru masuk 900KM.


    Mau dibawa ke BeRes, tapi nyari info dulu mengenai mesin brio.


    terimakasih suhu-suhu sekalian...

  • Selamat pagi... mas/mbak/om/tante semua yang sudah master... mohon bantuannya saya baru 6 bulan pake Brio Satya Tipe E ... beberapa wktu yang lalu baru memperhatikan dan mendengarkan, kalau brio saya di matikan baik dari posisi jalan tau cuma dipanaskan setelah mesin mati, terakhir pasti terdengar bunyi ngingggg seperti dengungan di bagian tengah mesin.... sekitar ± 10 detik.... mohon bantuannya.. 2 hari kedepan baru bisa ke provinsi sekalian ganti olie ke beres.... dan ancang2 ngambil beberapa pesanan dari mas zikri...heee. Maklum posisi saat ini ada di kabupaten dipedalaman lagi... Mohon bantunnya. Terimakasih ... salam dari kalimantan tengah.

  • Kayaknya bukan fuel pump dah om @"Zikri Irfandi", ini kejadiannya setelah mesin dimatikan. Jadi ada suara "ngiiiinnggg" lemah banget, musti dalam kondisi yang sunyi baru bisa terdengar.
    Aku juga ngalami, akan tetapi karena suaranya terlalu lemah, tidak dapat tak pastikan sumbernya dah. Suaranya muncul selama ~30detik (gak pernah ngitung pastinya). Dan sekalipun sudah dilock alarm, suara ini juga masih bisa kedengaran koq. Sampai sekarang masih penasaran sama bunyi ini.


    Mari yang lain juga bisa mencoba utk mengeceknya, siapa tahu sama juga nih kita :)

  • Mas @zikri irfandi... iya mas soalnya pada saat posisi mesin mati masih bunyi nginggiiinggg gitu, untuk suara lebih jelas saya buka kap mesinnya setekah itu saya nyalakan mesin dan matikan mesin kemudian kunci di cabut atau tetap terpasang maka terdengar bunyi ngingginggg gitu walaupun mesin sudah mati tetapi sekitar ± 10 detik...