Jangan Lakukan Ini Kalau Tidak Ingin Si Brio Tewas

  • Banyak para pemilik Brio Satya yg gelisah ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan mobil LCGC wajib menggunakan bahan bakar non subsidi. Sedangkan ATPM sdh mengeluarkan warning bhwa bahan bakar Brio Satya minimal RON 91.



    Bbrpa pemilik Brio Satya berusaha memutar otak bgaimana caranya masih dapat menggunakan bhan bakar premium nmun tenaga msh dpat didongkrak setara oktan 91. Salah satunya dengan menambah zat aditif penambah nilai oktan atau octan booster. nmun syang nya banyak para pengguna tdk menyadari bahaya yang tersimpan dengan menambahkan zat aditif tsb kedalam tangki bahan bakar. Oktan booster tertentu ygberedar dipasaran banyak yang mengandung unsur logam berat yang mengakibatkan korosif, kerak, karat yg dpt merusak saringan bensin sampai fuel pump yg kena serangan jantung krna sdh tdk mampu memompa bahan bakar naik keruang bakar.
    Tentunya efek yg dihasilkan dapt mengancam kesehatan Brio Anda. Bisa dibayangkan jika mobil Anda dibawa bepergian jauh misalnya mudik lebaran, Mobil anda tiba-tiba tewas mendadak, sedangkan tempat yg anda lewati sepi, gelap atau sinyal seluler SOS dijamin anda akn menggaruk kepala sampai botak.
     
    dibawah ini adalah penampakan kondisi fuel pump mati , karena kotoran yang menumpuk di saringannya membuat pekerjaannya sangat berat. kasian ya ? padahal umur si Brio baru 12.000 baru beli bulan November 2015 lalu.




    Kondisi fuel pump mengenaskan..



    Bahan bakar berwarna hitam


     


    Lalu akhirnya siapa yang dirugikan ?
    Semoga bermanfaat.


  • Terimakasih infonya om Taufik.


    Sekarang harga Pertamax juga sudah nggak jauh beda dai premium.


    Untuk operasi memperbaiki fuel pump ini di kisaran harga berapa om?



    Harga fuel pump modul ( include strainer) + Meter Assy bisa ditebus di Beres Rp. 2.500.000
    Masalah nya bukan itu saja, Garansi mobil terancam dibanned permanent oleh pihak ATPM. Sesuai ketentuan pengecualian garansi pada Buku Garansi Honda.


  • Ini contoh jahat nya zat adiktif yaaa om????


    Betul, untuk octan booster yang memiliki kadar logam berat yang tinggi juga akan mempengaruhi kondisi catalyst dan oksigen sensor serta mempengaruhi kadar timbal. Padahal mobil ini sudah dirancang untuk green car , sehingga penggunaan BBM yang ramah lingkungan diwajibkan.

  • Betul, untuk octan booster yang memiliki kadar logam berat yang tinggi juga akan mempengaruhi kondisi catalyst dan oksigen sensor serta mempengaruhi kadar timbal. Padahal mobil ini sudah dirancang untuk green car , sehingga penggunaan BBM yang ramah lingkungan diwajibkan.


    Lebih baik pake premium doank tanpa di tambah zat adiktif...karena klo dalam keadaan darurat tdk ada jual pertamax atau pertalite saya sering juga pakai premium....saat ini usia brio satya saya sudah setahun satu bulan odometer sekitar 12ribuan


  • Alamak, 2,5juta.


    Itu sludge yang nempel di fuel pump adalah karat yang timbul ya om? Berarti ada logam yang terkorosi ya om? Fuel tank bisa karatan juga karena ini?


    Betul om, itu sludge kayaknya cairan aditif yang mengental dan tidak tercampur baik dengan bbm, kalau soal korosi jangan tanya, arm dari meter tangki udah kayak besi tua,