Perbedaan Honda Brio RS, Brio Satya per Tipe

  • Jadi tahun 2016 ini Honda Brio dibagi menjadi dua model saja, yaitu Honda Brio Satya dan Brio RS. Setiap model dibagi lagi menjadi beberapa tipe, yaitu:


    Honda Brio Satya
    Ada dua tipe untuk Brio Satya keluaran tahun 2016, yaitu:
    - Satya Tipe S Manual Transmission (Rp. 129,6 juta)
    - Satya Tipe E Manual Transmission (Rp. 134,6 juta) dan CVT (Rp. 149,6 juta)


    Selisih antara Brio Satya S dengan E MT adalah lima juta rupiah, dengan lima juta rupiah apakah perbedaannya signifikan? Fitur yang paling mencolok adalah adanya rear wiper, foglamp, dan auto door lock, double DIN HU, tilt steering switch pada Brio Satya E, sedangkan pada Brio Satya S fitur itu tidak ada semua.


    Jadi apakah worth it, penambahan lima juta untuk fitur-fitur tersebut pada Brio Satya E? IMHO YES!!! rear wiper penting untuk visibiltas ke belakang saat Brio terguyur hujan, foglamp cahayanya lebih baik untuk menembus kabut, auto door lock safety feature yang kita tunggu-tunggu sejak zamannya Brio CBU, dan tilt steering kerasa banget penting saat kita ingin mengubah posisi kenyamanan saat driving. Jadi saran ane, kalo mau beli Brio Satya, lupakan Brio Satya S dan langsung ambil Brio Satya E. Cuma lima juta!!!


    Kalo untuk Brio Satya E MT atau CVT, itu semua tergantung kebutuhan rekan, jika ingin kontrol performa yang lebih, pilihlah Brio Satya E manual transmission. Tapi kalo ingin kemudahan, terutama jika rekan tinggal di kota macet, pilih Brio Satya E dengan transmisi CVT. Asli, pegel mainin kopling di jalanan yang macet. Harga naik Rp. 15 juta untuk menebus transmisi anti repot ini + sistem rem ABS dan EBD.


    Update: Ternyata Brio Satya E MT atau CVT memiliki perbedaan untuk extra fan, Brio Satya E MT hanya memiliki satu buah extra fan, dan Brio Satya E CVT memiliki dua buah extra fan.



    Honda Brio RS
    Ada dua tipe untuk Honda Brio RS keluaran tahun 2016


    - Brio RS Manual transmission (Rp. 159,7 juta)
    - Brio RS CVT (Rp. 174,7 juta)


    Semua fitur yang ada pada Brio Satya, ada pada Brio RS ditambah dengan beberapa fitur sebagai berikut:


    Headlamp
    Brio RS sudah menggunakan lampu proyektor plus DRL LED. Seperti kita tahu bahwa, lampu proyektor menghasilkan cahaya yang lebih fokus, tapi CMIIW proyektor pada headlamp Brio RS belumlah menggunakan bohlamp jenis HID, melainkan jenis bulb biasa (halogen). DRL (day running light) akan selalu menyala otomatis baik siang dan malam, sehingga memberikan visibilitas ekstra pada Brio RS.



    Velg dan Ban
    Brio RS dilengkapi dengan velg berukuran 15 inci, dengan ban Bridgestone Potenza 185/55, sedangkan Brio Satya menggunakan velg 14 inci dilingkari karet bundar bermerk Dunlop Ensave 175/55. Velg dan ban yang lebih besar akan memberikan kesan lebih gagah pada Brio RS, dan juga tapak ban 185 lebih memberikan kemantaban saat melibas aspal.



    Side under spoiler / Side skirt
    Pada Honda Brio RS terdapat tambahan body kit pada bagian samping di bawah pintu yang lebih dikenal sebagai Side under spoiler / Side skirt.



    Spion
    Honda Brio RS dilengkapi dengan spion retractable, yang bisa ditekuk secara elektrik, jadi tinggal pencet tombol, spion otomatis melipat. Fitur ini berguna saat parkir dan berpapasan di jalan yang sempit, sehingga spion terhindar dari lecet terserempet kendaraan lain.



    Selain itu spion Brio RS terintegrasi dengan side turn lamp. Sein samping yang pada Brio Satya terdapat di dekat fender, pada Brio RS menempel di spion.


    Ducktail / Rear garnish
    Pada Honda Brio RS terdapat V ducktail yang menempel pada kaca belakang, sehingga kesan fragile pada kaca Brio versi sebelumnya hilang dengan adanya V Ducktail ini.



    Interior
    Di bagian interior, Honda Brio RS mengedepankan tema hitam, semua serba hitam, berbeda dengan Brio Satya yang memiliki unsur warna ivory (krem) pada beberapa bagian. Bisa dilihat pada foto ini:



    Warna jok juga demikian, Brio RS lebih sporty dengan paduan jok hitam dan jahitan benang jingga. Sayangnya jok Brio RS belum berlapis sarung jok kulit/sintetis, karena biasanya pemilik Brio akan melapis jok Brio nya dengan sarung jok agar tidak mudah kotor.



    Audio
    Di sektor hiburan, Honda Brio RS sudah memanjakan penumpang dengan headunit touch screen 6,2 inch. Sama seperti Brio Satya, Brio RS dilengkapi empat speaker pada ke empat pintu, namun plus dua buah tweeter pada pilar pintu depan.



    Suspensi



    Pada intinya suspensi Brio RS dan Satya adalah sama, keduanya menggunakan jenis MacPherson Strut pada bagian depan dan H-shape torsion beam di belakang. Namun pada RS, caster angle pada kaki depan diubah agar mendapatkan tambahan kestabilan - lebih kaku. Efeknya Brio RS lebih lincah dalam bermanuver dan mengurangi body roll. Body roll adalah transfer beban ke arah luar tikungan, jadi jika body roll dikurangi, maka kemungkinan ban (bagian dalam tikungan) terangkat lebih kecil.


    Nah, kalo rekan HBC pilih yang mana? kemukakan alasannya juga.


  • Brio yang baru kan tenaga nya jadi 90 HP,
    ini mesin nya berbeda sama yang lama atau cuman dari settingan ECU saja ya ?


    trus, selisih 2 HP tuh sebenarnya ada kerasa gak sih?
    dari akselerasi nya mungkin ?


    Klo motor kerasa banget, tp klo brio kynya ga berasa, soale tenaga puncak didapat klo rpm udah mendekati redline, sedangkan pemakaian harian di rpm 1k-3,5k
    Mungkin lebih terasa klo torsi yg dinaikkan



    Sent from my W8470 using Tapatalk

  • Salam Kenal om semua yang ada disini


    Saya lagi inden nih buat brio RS CVT, yang katanya tanggal 15 mei ini bakal launching di daerah saya, dan si brio bisa di gotong ke garasi perkiraan bulan juni pertengahan, karena memang banyak banget antre an si brio baru ini hehe.


    mau tanya nih om, katanya belum di lengkapin sensor parking yah untuk brio ini?
    kira kira berapa yaah buat pemasangan sensor parking atau sensor parkir kamera, soalnya saya newbie banget buat masalah ini


    Mohon info infonya ya om semua, makasiih :cool:


  • Sensor parkir yang bunyi aja, hampir useless kalo pengalaman ane, dan rentan rusak, terutama karena sering terkena air.


    Yang kamera sepertinya lebih baik.

  • Sensor parkir yang bunyi aja, hampir useless kalo pengalaman ane, dan rentan rusak, terutama karena sering terkena air.


    Yang kamera sepertinya lebih baik.


    Minta yang gratisan ajah mas, lumayan guna lho.


    Ane soalnya ngga terlalu percaya sama spion dalem mobil karena terlalu dekat.


    Tapi liatnya spion kanan kiri sajah, kalau mau mundur bisa dilihat ada benda" aneh seperti tiang atau tidak.


    Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk


  • Klo brio mah, tinggal nengok dikit, langsung keliatan buntutnya.


  • mau tanya nih om, katanya belum di lengkapin sensor parking yah untuk brio ini?
    kira kira berapa yaah buat pemasangan sensor parking atau sensor parkir kamera, soalnya saya newbie banget buat masalah ini


    Mohon info infonya ya om semua, makasiih :cool:


    belum dapet om, paling nambah lagi nanti. bisa pasang di dealer atau di bengkel modifikasi lain, cuma hati-hati kalo pemasangan di bengkel luar selain dealer, warranty bisa void. biaya pemasangan sekitar 1jt kemaren gue udah nanya. sebenernya gak terlalu perlu sensor parkir sih karena mobilnya juga kan kecil, parkirnya gampang kok. cuma berasa lebih pede aja kalo bisa lihat sudut yang nggak bisa dipantau dari kaca spion.


    btw mau share sedikit soal Brio RS CVT, (kebetulan unit gue udah dianter jadi bisa test drive kemaren :D) suspensinya ENAAAK. setirnya jauh lebih ringan dari brio sebelumnya, respon pedal gas lebih greget. yang paling berasa ubahannya memang tampilan di dashboard sih, panel instrumen lebih mudah dibaca, pengoperasian audio steering switch dan kontrol ac juga jadi lebih simple. salah satu fitur yang canggih juga di Brio RS ini adalah spion bisa dilipat dari dalam (horeee~), pintu terkunci otomatis saat melaju dengan kecepatan diatas 15 km/h, lalu kunci pintu terbuka otomatis pada saat kita berhenti penuh (menekan pedal rem dan menggeser tuas transmisi dari posisi [D] atau [R] ke posisi [P] ).


    happy driver is happy. :miao: