Tanya Tentang Easy Clutch

Khusus member forum yang sudah register dengan facebook dan twitter, dan tidak bisa login, silahkan lakukan reset password
  • Dear members,


    Salam kenal, nama saya Riki.


    sedikit mau tanya, ada teman yang bilang pakai Easy Clutch seakan akan transmisi manual dirubah menjadi transmisi otomatis. apakah benar? apa keuntungan dan kelebihanya?
    Saya sudah coba browsing tapi susah untuk mendapat reviewnya.


    mungkin diantara member-member disini ada punya informasi atau justru pernah mengaplikasikan di mobil Brio nya. mohon share informasinya sebelum saya memutuskan untuk memasang juga.


    Brio saya rencana mau dipakai kakak perempuan saya. kasihan kalau macet2 an dijakarta pakai manual transmision.


    Terima kasih.


  • ada reviewnya di profesor google, tp takut pasang link di sini, nanti ditendang sm Admin :D


    Plus-minusnya pasti ada, tp kalau menurut saya berisiko untuk dipasang, rawan rusak. Soalnya sblm pakai brio satya, sy pernah pakai Honda City IDSI triptonik, kalau mau awet, aturannya banyak; tidak boleh memanaskan mesin di posisi P, tidak boleh memindahkan tuas ke P kalau rem tangan tidak terpasang, tidak boleh memindahkan tuas dari R ke D atau sebaliknya sebelum mobil benar2 berhenti, harus ganti oli transmisi tiap 6 bulan, harus pake oli tranmisi CVT asli honda, harus ini... harus itu... matic yang seharusnya enak malah jadi enggak enak dan selalu was-was pakenya. Soalnya beberapa teman sdh mengalami kerusakan transmisi dan menguras biaya yang tidak sedikit.


    Nah, yang didesain untuk transmisi matic saja masih rawan untuk rusak jika kita kurang perawatan dan pemakaian asal2an. Apalagi memodifikasi transmisi manual ke matic yang memang didesain untuk penggunaan manual.

  • ada reviewnya di profesor google, tp takut pasang link di sini, nanti ditendang sm Admin :D


    Plus-minusnya pasti ada, tp kalau menurut saya berisiko untuk dipasang, rawan rusak. Soalnya sblm pakai brio satya, sy pernah pakai Honda City IDSI triptonik, kalau mau awet, aturannya banyak; tidak boleh memanaskan mesin di posisi P, tidak boleh memindahkan tuas ke P kalau rem tangan tidak terpasang, tidak boleh memindahkan tuas dari R ke D atau sebaliknya sebelum mobil benar2 berhenti, harus ganti oli transmisi tiap 6 bulan, harus pake oli tranmisi CVT asli honda, harus ini... harus itu... matic yang seharusnya enak malah jadi enggak enak dan selalu was-was pakenya. Soalnya beberapa teman sdh mengalami kerusakan transmisi dan menguras biaya yang tidak sedikit.


    Nah, yang didesain untuk transmisi matic saja masih rawan untuk rusak jika kita kurang perawatan dan pemakaian asal2an. Apalagi memodifikasi transmisi manual ke matic yang memang didesain untuk penggunaan manual.


    Thanks bro Bachtiar,
    Ini saya juga lagi cari referensi lagi, kalau dari beberapa review sih justru akan menghemat kampas kopling, irit bahan bakar dll. tapi ini review dari pihak seler nya. hehe, :D


    Di beberapa forum ada yang pernah bahas. ada pro dan kontra, ada yang udah pernah coba dan 3 taun sudah pasang gak ada masalah, ada yang bermasalah di selang hydroulic kopling nya. dll dll. cuman saya belum ketemu review untuk yang diapplikasikan ke Brio. jadi belum yakin hehehe..


    Kalo dilihat2 dari cara kerjanya juga masih binggung.
    mesin masih pakai manual, cara kerja nya pun masih sama masih oper-oper gigi juga. cuman dengan teknologi ini menghilangkan fungsi kopling injak. diganti dengan swich di gear knob / perseneling nya.


    Karena harganya yang lumayan mahal, jadi butuh pertimbangan yang panjang. sapa tau di sini udah pernah ada yang pasang. mau nyobain kalo boleh.. hehe :D


    But, thanks bro.

  • Tadi sempat baca-baca, ternyata sudah lama ya Easy clutch ini, sudah dari tahun 2007... Harusnya teknologi nya sudah mapan.


    Kopling sebenarnya masih dipakai, hanya saja yang menggerakkan bukan kaki kita lagi, tapi sudah pakai sistem elektrik, mungkin menggunakan selenoid untuk "injak" koplingnya.